SOLOPOS.COM - Para pemain Timnas Indonesia U-19 bersama pelatih Indra Sjafri (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)

Piala AFF U-18 diikuti oleh Timnas Indonesia.

Solopos.com, JAKARTA – Timnas Indonesia punya peluang untuk mengulangi kejayaan saat meraih Piala AFF U-19 pada 2013. Pada saat itu, Timnas U-19 yang diisi Evan Dimas dkk. berhasil mengalahkan Vietnam di babak final lewat drama adu penalti. Itu adalah trofi pertama Indonesia di ajang Piala AFF U-19.

Promosi Iwan Fals, Cuaca Panas dan Konsistensi Menanam Sejuta Pohon

Dalam turnamen yang sama pada 2014 dan 2016, Indonesia gagal melaju dari fase grup. Pada 2015, Timnas Indonesia tak bisa tampil karena sanksi FIFA. Prestasi yang diraih pada 2013 diharapkan bisa terulang saat Timnas Indonesia U-19 tampil di Piala AFF U-18 di Myanmar.

Timnas Indonesia akan menghadapi tuan rumah Myanmar di laga perdana di Thuwunna Stadium, Selasa (5/9/2017) pukul 18.30 WIB. Timnas Indonesia yang kembali dilatih Indra Sjafri tergabung di Grup B bersama tuan rumah Myanmar, Filipina, Brunei Darussalam dan Vietnam.

Grup tersebut terbilang cukup berat mengingat ada tuan rumah Myanmar dan Vietnam yang kerap menjadi batu sandungan timnas meraih juara. Sedangkan Grup A diisi Thailand, Malaysia, Timor Leste, Laos, Kamboja dan Singapura.

Harapan tinggi disematkan pada tim yang diperkuat nama-nama seperti Rifad Marasabessy, Rahmat Irianto, Egy Maulana Vikri, plus dua pemain yang tampil di SEA Games 2017 kemarin, Saddil Ramdani serta Asnawi Mangkualam. Sosok Indra Sjafri diharapkan bisa mengulang prestasi juara empat tahun lalu.

“Kami siap melawan Myanmar. Kami akan bermain seperti biasa dengan gaya kami.Saya rasa tidak ada masalah, laga pertama melawan tuan rumah. Kami sudah pelajari permainan mereka,” kata Indra seperti dilansir Liputan6, Senin (4/9/2017).

Menghadapi Piala AFF U-19, timnas Indonesia U-19 sebelumnya telah melakukan pelatnas di dua lokasi berbeda. Pelatnas pertama dilakukan di Yogyakarta, sementara pelatnas kedua berlangsung di Karawaci, Tangerang, Banten.

Sementara itu, sebagai tuan rumah, Myanmar cukup percaya diri membidik target juara di ajang tahunan ini. Mereka juga siap menghadapi Timnas U-19 di laga pertama Grup B. Pelatih Myanmar, Rabah Benlariji, mengaku sudah mengantongi kekuatan Timnas U-19.

“Saya melihat lawan pertama kami Indonesia sebelumnya bermain di Toulon Tournament di Prancis. Jadi kami tahu bagaimana tim yang akan kami hadapi. Kami mempersiapkan diri untuk laga pembuka melawan Timnas Indonesia U-19. Kami sudah benar-benar siap dan target utama adalah menjadi juara. Seluruh pemain sudah siap,” ujar Benlariji seperti yang dilansir situs resmi AFF.

Sebelum tampil di Piala AFF U-18, Timnas Myanmar U-19 sendiri telah menjalani latihan terpadu selama satu setengah bulan. Di sela latihan pelatnas mereka melakoni empat laga uji coba berkelas menghadapi Inter Milan dua kali dan juga raja sepak bola Asia Tenggara, Thailand.

Saat melawan Inter Milan U-18, Myanmar takluk 2-4 pada 11 Agustus. Selanjutnya mereka bermain imbang 2-2 di pertemuan kedua pada 13 Agustus. Kala berjumpa Thailand di Samut Prakan, Thailand, Myanmar menang 2-1.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya