SOLOPOS.COM - Ini dia timnas Ghana yang akan berhadapan dengan Pantai Gading di final Piala Afrika. Ist/dok

Piala Afrika 2015 akhirnya mempertemukan Ghana melawan Pantai Gading di final.

Solopos.com, MALABO — Ghana akan berjumpa dengan Pantai Gading di final Piala Afrika 2015. Di babak semifinal, Black Stars menyisihkan tuan rumah Guinea Ekuatorial dengan skor telak 3-0.

Promosi Sejarah KA: Dibangun Belanda, Dibongkar Jepang, Nyaman di Era Ignasius Jonan

Pada laga di Nuevo Estadio de Malabo, Malabo, Jumat (6/2/2015) dinihari WIB, Ghana membuka keunggulannya pada menit ke-42.

Mereka mendapatkan penalti setelah Kwesi Appiah dilanggar oleh kiper Felipe Ovono. Jordan Ayew dipercaya menjadi eksekutor dan sukses membawa timnya memimpin 1-0.

Seperti dilansir detiksport, di injury time babak pertama, Ghana menggandakan keunggulannya menjadi 2-0. Dalam sebuah serangan balik, Wakaso Mubarak yang menerima operan dari Christian Atsu menjebol gawang Guinea Ekuatorial.

Ghana mencetak gol ketiganya ketika laga memasuki menit ke-75. Tembakan Andre Ayew meneruskan umpan dari Appiah tak bisa diantisipasi oleh Ovono.

Ketinggalan 0-3 rupanya membuat suporter tim tuan rumah marah. Saat waktu normal tersisa delapan menit, laga terpaksa dihentikan sementara karena para suporter Ghana berlarian ke lapangan. Mereka terpaksa meninggalkan tribune lantaran dilempari botol minuman dan kaleng oleh suporter Guinea Ekuatorial.

Untuk menenangkan suporter Guinea Ekuatorial, pihak penyelenggara menerbangkan sebuah helikopter ke atas stadion. Tapi, para suporter yang marah itu terus melemparkan berbagai benda ke lapangan.

Sementara itu, para pemain dan wasit tetap berada di lapangan menunggu situasi kembali tertib. Kapten Guinea Ekuatorial, Emilio Nsue, juga berusaha membantu mendinginkan suasana dengan berbicara kepada suporter timnya lewat mikrofon.

Setelah terhenti sementara waktu, laga akhirnya bisa dilanjutkan. Namun, hingga wasit meniup peluit panjang, skor 3-0 untuk kemenangan Ghana tak berubah.

Di pertandingan final yang digelar pada Minggu (8/2/2015) mendatang, Ghana akan berduel dengan Pantai Gading. Pantai Gading lebih dulu lolos seusai mengalahkan Republik Demokratik Kongo 3-1. (JIBI/SOLOPOS)

Susunan Pemain
Ghana:
Brimah; Afful, Boye, Mensah, Baba; Acquah, Mubarak (Badu 76′); Atsu, Jordan Ayew, Andre Ayew (Acheampong 82′); Appiah

Guinea Ekuatorial: Ovono; Evuy (Raul Fabiani 58′), Mbele, Rui, Belima; Seno, Zarandona, Doualla, Balboa; Iban Edu (Sipo 74′), Nsue

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya