SOLOPOS.COM - Pemain Timnas Indonesia, Rachmat Irianto (kedua kiri), berselebrasi dengan rekan-rekannya seusai membobol gawang Timnas kuwait dalam laga perdana Grup A kualifikasi Piala Asia 2023 di Stadion Internasional Jaber Al Ahmad, Kuwait, Rabu (8/6/2022). Timnas Indonesia akan menghadapi Nepal pada laga terakhir penyisihan Grup A, Rabu (15/6/2022) dini hari nanti. (Antara/Humas PSSI)

Solopos.com, KUWAIT CITY – Upaya Timnas Indonesia mengakhiri mimpi selama 15 tahun untuk kembali ke putaran final Piala Asia AFC kali pertama sejak menjadi tuan rumah bersama kompetisi pada tahun 2007 akan ditentukan saat mereka menghadapi Nepal. Indonesia vs Nepal pada laga terakhir penyisihan Grup A kualifikasi Piala Asia 2023 tersebut akan berlangsung pada Rabu (15/6/2022) dini hari pukul 02.15 WIB nanti.

Kemenangan pada laga pembukaan mereka melawan tuan rumah grup Kuwait mungkin terbukti penting untuk mengapungkan asa jika kedua tim finis dengan poin yang sama. Namun, kekalahan melawan Nepal jelas dapat mengakhiri harapan Timnas Indonesia untuk mencapai Piala Asia 2023 karena pasukan Shin Tae-yong akan tergusur dari peringkat kedua dan kehilangan tempat di putaran final.

Promosi Sejarah KA: Dibangun Belanda, Dibongkar Jepang, Nyaman di Era Ignasius Jonan

Saat ini Timnas Indonesia masih menempati posisi kedua di grup dengan koleksi tiga poin. Kans Timnas Indonesia untuk lolos masih tetap ada lewat jalur lima tim runner up terbaik.

Untuk bisa memperbesar kans sebagai predikat sebagai lima runner-up terbaik itu, Timnas Indonesia wajib menang melawan Nepal. Dengan tambahan tiga poin maka hampir pasti Timnas Indonesia lolos ke putaran final Piala Asia 2023.

Namun demikian, hal itu masih harus dengan embel-embel pada laga lainnya Kuwait ditekuk atau imbang dengan Yordania, kemudian Malaysia serta Filipina bermain imbang atau kalah di laga terakhir mereka.

Baca Juga: Piala Asia 2023: Timnas Indonesia Cetak Sejarah Kalahkan Kuwait

Jika skenario terburuk didapat Indonesia dengan hasil seri melawan Nepal, peluang Timnas Indonesia lolos tetap ada. Namun demikian, Timnas haya bisa berharap Kuwait bermain imbang atau kalah, sedangkan Malaysia kalah pada pertandingan terakhir.

Di atas kertas Indonesia seharusnya bisa mengatasi perlawanan Nepal karena tim ini masih berada di dasar klasemen sementara Grup A dengan nol poin. Nepal telah kalah dua kali yaitu dari Yordania 0-2 dan Kuwait 1-4.

Berikut ini prediksi susunan pemain Timnas Indonesia vs Nepal :

TIMNAS INDONESIA (4-3-3)
Nadeo Argawinata; Asnawi Mangkualam Bahar, Fachrudin Aryanto, Rizky Ridho, Pratama Arhan; Alfeandra Dewangga, Marc Klok, Ricky Kambuaya; Irfan Jaya, Saddil Ramdani, Stefano Lilipaly.

Jadwal siaran langsung Indonesia vs Nepal

Stadion Jaber Al-Ahmad International, Kuwait
Rabu (15/6/2022) pukul 02.15 dini hari WIB
Siaran langsung Indosiar
Catatan: jadwal siaran langsung pertandingan Indonesia vs Nepal bisa berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan pengelola stasiun televisi bersangkutan.

Klasemen sementara Grup A kualifikasi Piala Asia 2023 :

1 Yordania (6)
2 Indonesia (3)
3 Kuwait (3)
4 Nepal (0)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya