SOLOPOS.COM - Erick Thohir Temui Jokowi Bahas Turnamen Piala Presiden 2015 (Dok/JIBI/Antara)

Piala Presiden 2015 akan digelar 30 Agustus mendatang. Pemilik Inter Milan sekaligus promotor Piala Presiden, Erick Thohir, menemui Jokowi membahas turnamen tersebut.

Solopos.com, JAKARTA — Turnamen Piala Presiden 2015 akan bergulir 30 Agustus mendatang. Presiden Joko Widodo dijadwalkan membuka langsung turnamen sepak bola itu di Bali. Untuk memastikan turnamen itu digelar, Erick Thohir selaku promotor turnamen bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Promosi Pembunuhan Satu Keluarga, Kisah Dante dan Indikasi Psikopat

Dikutip dari Detik, Jumat (7/8/2015), kepastian bergulirnya Piala Presiden 2015 diungkapkan oleh Erick Thohir, di Istana Negara, Jakarta, Jumat siang WIB, setelah melakukan pertemuan dengan Presiden Jokowi. Erick datang dalam kapasitasnya sebagai ketua operator turnamen, Mahaka Group.

“Presiden Jokowi menginginkan sepak bola yang terus bergulir di masyarakat. Terutama ini hiburan di masyarakat yang sangat ditunggu-tunggu dan kami di sini sebagai yang menjalankan tentu berterima kasih kepada semua pihak yang mendukung karena tidak mungkin Piala Presiden 2015 bisa berjalan apabila tidak didukung oleh semua orang,” ucap Erick.

Piala Presiden 2015 akan diikuti oleh 16 klub, 13 klub merupakan klub ISL dan tiga lainnya dari Divisi Utama. Selain Bali ada tiga kota lain yang menjadi tuan rumah yakni Bandung, Makassar dan Malang. Turnamen tersebut akan menghelat pertandingan final  Oktober mendatang.

Pada awal perencanaan, turnamen ini akan digelar Mahaka dengan nama Piala Presiden. Namun karena Tim Transisi memakai nama yang sama untuk turnamen yang mereka gelar, Mahaka kemudian mengubahnya menjadi Piala Indonesia Satu. Tapi beberapa hari lalu mereka kembali mengubahnya menjadi Piala Presiden 2015.

“Tentu ini sesuatu yang luar biasa. Kita tahu turnamen ini adalah sesuatu yang diharapkan dan Alhamdulillah, tentu dengan dukungan Presiden Jokowi, turnamen ini bisa berjalan dan akan bergulir. Ini tentu yang terpenting,” lanjut pengusaha yang kini menjabat sebagai Presiden Inter Milan itu.

Dikutip dari Liputan6.com, Jumat, semua pemain Pusamania Borneo FC (PBFC) telah tiba di Samarinda, Kamis (6/8/2015) kemarin. Mereka bakal melakukan persiapan untuk menghadapi turnamen Piala Presiden 2015 atau sebelumnya dikenal dengan Piala Indonesia Satu.

PBFC telah mengumumkan daftar pemain yang akan berlaga di Piala Presiden 2015. Namun, pemain-pemain yang berasal dari Kalimantan Timur terbilang minim. Dari daftar pemain PBFC, hanya Hendra Susilo, Fandi Ahmad, Aldair Makatindu yang memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) domisili Kaltim. Sisanya, para pemain PBFC berasal dari luar daerah Kalimantan Timur.

Terkait hal ini, Presiden PBFC, Nabil Husein Said Amin, menuturkan bahwa klubnya tetap mengupayakan kehadiran pemain lokal. Dia mengaku sudah memanggil sejumlah pemain berpotensi dari Kalimantan Timur untuk bersaing dengan pemain yang ada di Piala Presiden 2015.

“Saya juga bingung, ada beberapa pemain putra daerah yang dipanggil tapi menolak, karena katanya mau fokus ikut klub di Liga Nusantara. Ya tidak masalah, itu hak mereka. Tapi kan, ini juga kesempatan mereka untuk bermain di kasta tinggi nasional,” terang Nabil Husein.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya