SOLOPOS.COM - Para pemain Persis Solo Junior (Jr) merayakan gol ke gawang Nusa Ina Maluku Jr. dalam laga semifi nal Piala Suratin 2014 di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, November 2014 silam. (JIBI/Solopos/Dok)

Piala Soeratin 2017 diwarnai dengan Persis Jr yang gagal lolos dari babak 12 besar.

Solopos.com, SOLO — Perayaan kelolosan Persis Solo Junior (Jr) seketika berubah menjadi uraian air mata saat pemain pengganti PSCS Cilacap Jr, Faisal Safatulloh, mencetak gol pada menit ke-92. Keunggulan dua gol yang dicetak Johan Febriananta dan Gunawan Satria dengan susah payah akhirnya menjadi sia-sia.

Promosi Gonta Ganti Pelatih Timnas Bukan Solusi, PSSI!

Persis Jr memang meraih kemenangan dengan skor 2-1 saat menjamu PSCS Jr di Stadion Sriwedari, Solo, Minggu (21/5/2017). Namun, Gunawan Satria dan kawan-kawan tidak mampu memuncaki klasemen akhir Grup G Babak 12 Besra Piala Soeratin 2017.

Hal itu dikarenakan perolehan poin yang sama di antar ketiga tim, sehingga sesuai regulasi Asprov PSSI Jawa Tengah, PSCS Jr dinobatkan sebagai penggenggam tiket ke semifinal. Berkat keunggulan gol tandang saat dijamu Persis Jr maupun PSIS Jr.

Sejak peluit kick-off dibunyikan, Persis Jr menguasai pertandingan banyak peluang. Namun dewi fortuna tampaknya tak memihak Laskar Sambernyawa Muda, julukan Persis Jr. Sebanyak tiga kali, peluang emas yang dimiliki Persis Jr digagalkan tiang dan mistar gawang.

Dimulai dari tendangan bebas Tekad Saputro yang membentur tiang gawang pada menit ke-22. Satu menit kemudian, giliran sundulan keras Gunawan Satria yang membentur mistar gawang. Sedangkan, satu peluang lain berasal dari lemparan jauh Rygio Adi ke dalam kotak penalti yang berbuah kemelut dan bola liar meluncur ke gawang PSCS Jr, namun bola itu membentur tiang gawang.

Gol berharga Persis Jr berhasil dicetak striker Gunawan Satria pada menit ke-85 setelah menyambut bola tendangan bebas Tekad Saputro. Sebelumnya, Johan Febriananta berhasil membawa Persis Jr unggul 1-0 pada menit ke-35 saat terjadi kemelut di mulut gawang lawan.

Andaikan mengakhiri pertandingan dengan kemenangan 2-0, skuat Laskar Sambernyawa Muda berhak mewakili Grup G melaju ke babak semifinal. Namun gol lawan beberapa detik sebelum pertandingan membuyarkan tiket semifinal yang sudah di depan mata.

“Kami punya banyak peluang, bisa mencetak gol, dan tampil bagus tetapi kami kecolongan di menit akhir,” kata Pelatih Persis Jr, Muhammad Nurhadi Elhamid seusai pertandingan.

Pelatih yang akrab disapa Memet itu mengaku puas dengan permainan anak-anak asuhannya. Namun, dia menyoroti kelengahan lini belakang mengantisipasi serangan balik lawan.

“Seharusnya para pemain bisa menghentikan dia [pemain lawan], apalagi tinggal beberapa detik lagi pertandingan berakhir. Kelemahan mengantisipasi serangan balik ini yang saya khawatirkan sejak awal,” imbuhnya.

Sementara Pelatih PSCS Jr, Heru Santoso, mengaku sudah putus asa saat memasuki injury time (2 menit). Secara mengejutkan, Faisal Safatulloh, berhasil mencetak gol setelah melewati tiga pemain di sektor kiri gawang Persis Jr.

“Kami ke sini dengan beban berat karena kami melawan Persis Solo yang sudah punya nama besar dan sejarah panjang. Tetapi anak-anak bisa menjalankan skema yang saya inginkan sehingga lolos dari babak 12 besar,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya