SOLOPOS.COM - Komite Eksekutif, PSSI, Muhammad menyalami wasit, dalam pembukaan Putaran Nasional Piala Soeratin U-15 resmi dibuka di Stadion Sriwedari, Solo, Senin (22/1/2024). (Solopos.com/Gigih Windar Pratama)

Solopos.com, SOLO — Putaran Nasional Piala Soeratin U-15 resmi dibuka di Stadion Kottabarat, Solo, Jawa Tengah, Senin (22/1/2024).

Kota Solo bersama dengan Jogja ditunjuk menjadi tuan rumah untuk kompetisi pembinaan usia dini ini.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Peserta Piala Soeratin merupakan wakil dari Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI yang ada di seluruh Indonesia.

Ada delapan stadion yang digunakan untuk Piala Soeratin U-15 yaitu Lapangan YIS, Dwi Windu Bantul, UNY Wates, Stadion Sultan Agung Bantul, Stadion Sriwedari, Lapangan Banyuanyar, Lapangan UNS, dan Lapangan Kottabarat.

Ada 30 perwakilan Asprov se-Indonesia yang mengikuti Piala Soeratin U-15 ini.

Selain itu, Babak Fase grup U-15 dimulai 22-26 Januari 2024, 16 Besar 29 Januari 2024, Babak Delapan Besar 31 Januari 2024, Semifinal 2 Februari 2024, dan Final pada 5 Februari 2024.

Piala Soeratin U-15 ini dibuka oleh Komite Eksekutif, PSSI, Muhammad dan Wakil Asprov Jateng, Purwidyastanto, sebelum laga di Grup A, antara Jawa Tengah melawan Jawa Timur.

Muhammad mengatakan, Piala Soeratin U-15 adalah kanal untuk persiapan membentuk Timnas Indonesia U-16 menuju Piala AFF U-16.

“Sebentar lagi kan ada Piala AFF U-16, proyeksinya nanti ke arah sana. Di samping kami punya Elite Pro Academy (EPA), kami harus mencari pemain yang tidak terpantau, karena EPA timnya kan terbatas hanya 18 tim. Apalagi yang ikut Soeratin Nasional ini kan dari Sabang sampai Merauke, cari pemain itu kolamnya harus sebesar-besarnya,” kata Muhammad saat ditemui wartawan setelah pembukaan, Senin (22/1/2024).

Ia menjelaskan alasan pemilihan dua kota untuk menjadi tuan rumah Piala Soeratin U-15.

Laga final Piala Soeratin U-15 akan diadakan di Stadion Sriwedari, Solo.

“Solo dan Jogja dipilih karena butuh delapan lapangan yang standar. Kalau hanya Solo enggak cukup, makanya ada Jogja juga. Pertandingannya setiap hari, untuk Putaran Nasional Piala Soeratin U-15 nanti finalnya akan diadakan di Stadion Sriwedari,” lanjutnya.

 

Hasil Pengundian Piala Soeratin U-15:

Grup A

Jawa Tengah

Sumatra Utara

Sulawesi Tenggara

Jawa Timur

Grup B

Maluku

Bengkulu

Aceh

Sulawesi Utara

Grup C

Nusa Tenggara Barat

Sulawesi Selatan

DKI Jakarta

Lampung

Grup D

Kalimantan Timur

Riau

Kalimantan Tengah

 

Grup E

D.I Yogyakarta

Banten

Bali

Sumatra Barat



 

Grup F

Bangka Belitung

Papua

Jambi

Sulawesi Tengah

 

Grup G

Kalimantan Selatan

Sulawesi Barat

Papua Barat



Nusa Tenggara Timur

 

Grup H

Maluku Utara

Jawa Barat

Gorontalo





Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya