SOLOPOS.COM - Lin Dan (Twitter)

Piala Sudirman 2017 diwarnai dengan kemenangan Tiongkok atas Hong Kong.

Solopos.com, MELBOURNE —Tiongkok langsung membuktikan diri sebagai favorit juara Piala Sudirman 2017 setelah menghantam Hong Kong 4-1 dalam laga pembuka Grup 1A di Gold Coast, Minggu (21/5/2017). Kemenangan itu menjadi awal manis bagi pelatih anyar Tiongkok, Xia Xuanze.

Promosi Pemilu 1955 Dianggap Paling Demokratis, Tentara dan Polisi Punya Partai Politik

Xia menjadi jenderal tim menggantikan “paduka” Li Yongbo yang sudah menukangi timnas bulu tangkis Tiongkok selama 24 tahun. Legenda tunggal putra Tiongkok itu bisa dibilang cukup berhasil dalam laga perdananya setelah timnya membungkam Hong Kong.

Negeri Tirai Bambu hanya kehilangan angka di sektor ganda campuran. Pasangan kuat Chen Qincheng/Zheng Siwei di luar dugaan takluk dari ganda Hong Kong Chun Man/Tse Ying Suet 21-10, 16-21, 18-21. Namun kekalahan tersebut sebenarnya tidak mengubah apa-apa karena Tiongkok sebelumnya sudah unggul 3-0.

Ganda putra Fu Haifeng/Zhang Nan, tunggal putri Sun Yu dan tunggal putra Lin Dan berurutan memberi kemenangan bagi Negeri Tirai Bambu. Mereka sama-sama menang mudah melalui dua game. Kemenangan terakhir Tiongkok disumbangkan ganda putri Bao Yixin/Tan Jinhua yang mengalahkan Ng Tsz Yau/Yeu Nga Ting 21-11, 21-13.

Tahun ini, Tiongkok tergabung dalam grup yang relatif enteng bersama Thailand dan Hong Kong. Lin Dan dkk. jelas menjadi yang terfavorit untuk lolos dari grup tersebut. Namun target Tiongkok jelas bukan hanya lolos dari babak penyisihan. Mereka berambisi meraih titel ke-11 di Piala Sudirman atau ketujuh secara beruntun.

Dari 14 kali penyelenggaraan Piala Sudirman, Tiongkok hanya kehilangan empat kali gelar juara dari Korea Selatan (tiga kali) dan Indonesia (sekali). Namun fakta Tiongkok sebagai tim terkuat di Piala Sudirman tak membuat Xia jemawa. “Ada banyak tim tangguh di kompetisi ini dan kami takkan lengah,” ujarnya dilansir BWF Badminton.

Tiongkok akan menjalani laga kedua penyisihan grup melawan Thailand, Senin (22/5/2017). Sementara itu, Tim Indonesia bakal bertarung perdana di Piala Sudirman melawan India, Selasa (23/5/2017).  Indonesia wajib meraih poin di laga ini sebelum menantang tim kuat Denmark sehari setelahnya. Pemain ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad, siap all out untuk meraih hasil terbaik di Gold Coast.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya