SOLOPOS.COM - Persis Jr. ke Sriwedari Naik Werkudara, Rabu (3/12/2014). (Sunaryo Haryo Bayu/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SOLO — Kegagalan meraih juara pertama Piala Suratin 2014 berpotensi besar diperbaiki oleh Persis Solo Junior. Hal ini menyusul masih bisa dipertahankannya sebagian besar pemain Persis musim ini yang sukses menyandang predikat runner up di ajang Piala Suratin tahun depan.

Asisten pelatih Persis Jr., Guntoro “Iplik” Tri Prasetyo, mengaku sebagian besar pemainnya saat ini rata-rata masih berusia 17 tahun. Dengan kata lain, musim depan mayoritas pemainnya masih memenuhi persyaratan batas usia Piala Suratin, yakni 18 tahun.

Promosi Mendamba Ketenangan, Lansia di Indonesia Justru Paling Rentan Tak Bahagia

“Sebagian besar masih berusia 17 tahun, seperti Ucil [Fredyan Wahyu], Nico [Pasura] dan Ricky [Junian]. Jika Piala Suratin tahun depan digulirkan lagi, mungkin mereka masih bisa diandalkan,” ujar Iplik saat berbincang dengan Solopos.com, beberapa waktu lalu.

Dengan masih bisa dimainkannya sebagian pemain, praktis chemistry para pemain pun sudah terbentuk. Hal ini akan mempermudah tim pelatih Persis Jr. mempersiapkan pemainnya jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

Terpisah, penasihat Persis Solo sekaligus koordinator manajemen tim junior, Teddy Agoeng Soelistyo, sependapat dengan Iplik. Meski demikian, akademisi dari Universitas Tunas Pembangunan (UTP) Solo ini menilai untuk lebih mematangkan skuatnya, Persis Jr. perlu melakukan persiapan lebih intensif.

“Tidak selalu instan. Jika persiapannya instan, mustahil Persis bisa mencapai prestasi yang maksimal. Makanya, perlu dipersiapkan lebih matang, biar prestasinya lebih bagus,” ujar Teddy saat dihubungi Solopos.com, Minggu (7/12/2014).

Untuk melakukan persiapan, pertama-tama Teddy mengaku perlu lebih dilakukan Musyawarah Cabang (Muscab) Persis lebih dulu. Dalam Muscab itu, akan dibicarakan tentang program-program bagi tim Persis, baik junior maupun senior. “Setelah Muscab akan ditentukan program-program untuk tim junior. Kalau bisa kan enggak cuma untuk Suratin, tapi event yang lain juga,” imbuh Teddy.

Dalam Piala Suratin 2014, Persis Jr. meraih trofi juara kedua. Tim yang diarsiteki Agus Pratikno itu kalah dari tim Jember United dalam laga final di Stadion Gelora Sidoarjo, Selasa (2/12/2014) lalu. Tim Jember United Jr. sudah dipersiapkan sejak setahun sebelumnya.

Meski gagal, Persis Jr. berpeluang memperbaiki prestasinya musim depan. Apalagi PSSI melalui Direktur Kompetisi, Tommy Welly, mengaku kompetisi yang mempertemukan para pemain usia di bawah 18 tahun itu akan kembali digulirkan musim depan. “Dari PSSI punya effort terhadap kompetisi ini, karenanya kami berjanji akan kembali menggelarnya musim depan,” terang Tommy.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya