SOLOPOS.COM - Pelatih tim basket Dewa United, Santiago Daniel (kanan), memberikan keterangan kepada awak media seusai pertandingan melawan RANS PIK di Sritex Arena Solo, Jumat (30/6/2023). (Ichsan Kholif Rahman)

Solopos.com, SOLO – RANS PIK Basketball berhasil unggul saat bertemu Dewa United Basketball game 1 di babak playoff 2023 di Sritex Arena Solo pada Jumat (30/6/2023) malam. Skuad RANS berhasil unggul 67-57 sekaligus menempatkan satu kaki di babak semifinal.

Akeem Garfield Ellis tampil memikat setelah mengemas 10 poin dan 7 rebound untuk membawa RANS PIK Basketball mengambil Game 1 di babak playoffs.

Promosi Pemimpin Negarawan yang Bikin Rakyat Tertawan

Sedangkan Dewa United, dua pemain asingnya, Yeison Colome mencetak 18 poin dan Anthhony Johnson dengan 15 poin, gagal mempersembahkan kemenangan.

Setelah laga, pelatih RANS PIK Basketball, Bambang Asdianto Pribadi mengungkapkan kunci kemenangan sangat disyukurinya karena berhasil mengambil Game 1. Padahal, di akhir kuarter dua, RANS tertinggal satu poin.

“Kami tahu lawan yang dihadapi tim kuat. Di babak regular, dalam dua pertemuan RANS selalu kalah dengan margin yang sangat besar,” kata Bambang.

Dia menambahkan menjelang babak playoffs, RANS PIK sudah sangat siap menghadapi Dewa United.

“Pemain bermain kolektif. Hari ini good game, good win, dan kami bersiap untuk game kedua,” tuturnya.

Akeem Garfield Ellis mengaku senang bisa mengantarkan RANS PIK meraih kemenangan di Game 1. Ellis menjadi on fire di kuarter ketiga dengan permainan tembakan tiga poin di garis perimeter.

“Kemenangan yang tak mudah. Saya dipercaya pelatih dan bermain bagus untuk memberikan poin demi poin. Kami bersiap di game kedua, dan ingin menyelesaikan babak playoff ke semifinal,” tuturnya

Pertandingan RANS PIK Basketball vs Dewa United berjalan ketat sejak menit awal kuarter pertama. RANS menang tipis 14-10 dengan Valentino Wuwungan menjadi bintang setelah mengemas 5 poin. Sementara pada kuarter ini, Anthony Johnson menyumbang 5 poin.

Memasuki kuarter kedua, Dewa United sempat tertinggal cukup jauh 25-18 saat waktu menunjukkan di bawah tiga menit. Dewa United tampil lebih tenang melalui kontrol Xaverius Prawiro.

Bintang pertandingan kuarter kedua disematkan center Dewa United, Anthony Johnson yang memberi kenyamanan di area pertahanan. Johnson menambah empat poin di kuarter kedua.

Kaleb Ramot menambah enam poin, Yeison Colome juga menambah tiga poin Dewa United. Kaleb menciptakan buzzer beater di detik-detik akhir kuarter kedua saat kedudukan 25-23 bagi RANS PIK.

Tembakan perimeter Kaleb tersebut mulus untuk menambah tiga poin bagi Dewa United. Sebelum turun minum, Dewa United unggul 26-25.

Di kuarter ketiga, Akeem Garfield Ellis tampil menggila. Ellis sulit terbendung. Selain Ellis, Akeem W Scott juga membantu serangan melalui drive yang sulit dibendung.

Kuarter ketiga RANS PIK semakin menjauh, bahkan sempat marjin 19 poin. Di kuarter ini, RANS unggul 51-34.

Memasuki kuarter keempat, Dewa United masih kesulitan menembus pertahanan RANS PIK. Kehadiran Johnson tidak sepenuhnya membantu. Johnson mendapatkan double tem melalui Wuwungan dan Agus Salim.

Strategi pelatih Dewa United, Santiago Daniel yang menerapkan full court press dalam tiga menit terakhir tak mengubah skor terlalu banyak. Menutup kuarter keempat, RANS PIK unggul 67-57.

“Kami harus menyiapkan strategi menghentikan mereka (RANS PIK) di game kedua, karena satu kaki mereka sudah di semifinal. Kesalahan hari ini akan kami perbaiki di game kedua,” kata Santiago.

Sementara kapten Dewa United, Kaleb Ramot mengakui timnya bermain jelek, terutama di kuarter ketiga dan keempat yang gagal mengejar ketertinggalan.

“Ada big moment di kuarter keempat untuk mengejar ketertinggalan, tapi kami gagal memanfaatkannya. Kami masih memiliki peluang di game kedua,” ucap Kaleb yang hanya menyumbang 8 poin dari 37 menit di lapangan.

Sementara itu, Game 2 babak playoff Dewa United vs RANS PIK Basketball kembali akan tersaji di Sritex Arena Solo, Minggu (2/7/2023) sore.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya