SOLOPOS.COM - Paskibra membawa bendera provinsi pada pembukaan Porseni Nahdlatul Ulama (NU) di Gor Sritex Arena, Solo, Senin (16/1/2023). (Solopos/Putut Hartanto)

Solopos.com, SOLO—Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) Nahdlatul Ulama (NU) 2023 resmi dibuka di Sritex Arena, Solo, Senin (16/1/2023) malam. Porseni NU 2023 menjadi ajang yang kali pertama dilaksanakan sejak satu abad Nahdlatul Ulama berdiri.

Porseni 2023 dibuka oleh Menteri BUMN Erick Thohir, Kiai Miftachul Akhyar, Ganjar Pranowo, Yenny Wahid, dan Nusron Wahid secara simbolis membunyikan terompet sebagai pertanda pembuka resmi Porseni NU 2023.

Promosi Liga 1 2023/2024 Dekati Akhir, Krisis Striker Lokal Sampai Kapan?

Menteri BUMN yang juga Ketua Steering Commitee Satu Abad Nahdlatul Ulama, Erick Tohir saat dijumpai wartawan berharap agar Porseni NU bisa digelar tiap tiga tahun sekali. Porseni NU merupakan fondasi kebangsaan dan fondasi anak muda ke depan.

“Gus Nusron tadi mempertanyakan apakah Porseni diselenggarakan tiap satu abad? Setuju? Tidak. Karena itu izin, saya berharap kegiatan Porseni NU ini bisa dilakukan setiap tiga tahun sekali,” kata Erick dalam sambutannya.

Erick mengatakan penting bagi para pemimpin NU ke depan untuk memastikan acara ini terus berjalan. Siapa saja pemimpinnya baik di pusat dan daerah wajib mendukung Porseni diselenggarakan tiap tiga tahun.

Porseni NU dijadwalkan berlangsung pada 13-22 Januari 2023. Dalam ajang ini, sebanyak 3.643 putra putri madrasah dari tiap pengurus wilayah NU (PWNU) akan berkompetisi menjadi yang terbaik.

Para putra-putri NU yang berkompetisi terdiri dari usia 18-23 tahun atau jenjang SMA sederajat hingga perguruan tinggi.

Ketua Panitia Pelaksana Porseni NU 2023, Nusron Wahid, mengatakan kegiatan ini mempertemukan solidaritas tiga unsur penting NU, yaitu santri, pelajar dan mahasiswa.

Nusron menambahkan total akan ada 1.200 dewan juri dan perangkat pertandinan lainnya. Dia menyebut tema Porseni tahun ini yakni Merawat Raga, Memperkuat Bangsa untuk Peradaban Dunia.

“Porseni ini sinyal untuk menyehatkan akal budi dan mensehatkan masyarakat Indonesia,” kata Nusron.

Nusron pun berterima kasih kepada seluruh pihak yang sudah membantu terselenggaranya Porseni.

 

Berikut olahraga dan seni yang dipertandingkan dalam Porseni NU 2023:

Cabang olahraga :

  1. Sepak Bola
  2. Bulu Tangkis
  3. Bola Voli
  4. Pencak Silat

 

Seni:

  1. Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ),
  2. Musabaqah Hifdzil Qur’an (MHQ),
  3. Hifdzul alfiyah (lomba menghafal Kitab Alfiyah)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya