SOLOPOS.COM - Sejumlah pembalap junior beradu kecepatan pada pembukaan Supertrack Kasal Cup 2023 di Circuit Jaharun, Kabupaten Deli Serdang, Sumatra Utara, Sabtu (14/10/2023). ANTARA FOTO/Yudi/hp.

Solopos.com, JAKARTA — Pengurus Pusat Ikatan Motor Indonesia (PP IMI) menyebut sedang mengupayakan membawa kejuaraan dunia otomotif lain ke Indonesia.

Yang sudah pasti, Indonesia akan menjadi tuan rumah ajang motocross MXGP 2024 sebanyak dua kali pada Juni dan Juli 2024.

Promosi Mudik: Traveling Massal sejak Era Majapahit, Ekonomi & Polusi Meningkat Tajam

“Makanya saya bilang ini akan ada lagi kejuaraan-kejuaraan yang IMI bawa dan saya sedang bernegosiasi dengan promotor yang memegang haknya. Jadi ini IMI langsung yang bernegosiasi, nanti promotornya kalau sudah ada, kami kasih ke mereka,” kata Ketua Bidang Hubungan Antar Lembaga IMI Pusat, Erwin Indrianto saat menghadiri konferensi pers MXGP 2024 di Jakarta, Rabu (28/2/2024).

Erwin menyebut Ketua Umum PP IMI Bambang Soesatyo sangat memberi perhatian terhadap keberlanjutan olahraga balap prestasi di Indonesia.

Bahkan dukungan IMI tidak terbatas kepada dua jenis balapan yang sangat populer, yakni sepeda motor dan mobil namun juga menjangkau jenis-jenis balap kendaraan bermesin lainnya.

“Tidak hanya motor dan mobil, kemarin ada F1 boat dan kejuaraan jetski. Kami juga mendukung. Walaupun itu hal yang baru bagi IMI, yakni dunia balap di air, tapi kami juga belajar cara untuk menyelenggarakannya,” tambah Erwin seperti dikutip Solopos.com dari Antara.

Di sisi lain, sebagai regulator, IMI juga tidak bisa campur tangan langsung dalam penyelenggaraan berbagai jenis balap.

Namun dengan caranya sendiri, IMI memberikan dukungan seperti pemeriksaan sirkuit atau penyediaan marshall balapan yang tersertifikasi.

Untuk 2024, Indonesia dipastikan tidak lagi menjadi tuan rumah World Superbike (WSBK) namun Indonesia, dalam hal ini Sirkuit Mandalika, tetap akan menjadi tuan rumah untuk MotoGP pada September.

Indonesia juga dipastikan akan menjadi tuan rumah untuk dua seri balap motocross dunia MXGP, yakni di Sirkuit Samota, Nusa Tenggara Barat, pada 30 Juni, dan di Sirkuit Selaparang, Lombok, NTB, pada 7 Juli.

Danau Toba di Sumatra Utara juga kembali mendapat kepercayaan untuk menjadi tuan rumah F1 Powerboat 2024 yang akan berlangsung pada 2 dan 3 Maret.

Indonesia kembali dipercaya menjadi tuan rumah ajang balap motocross dunia, MXGP yang akan berlangsung pada Juni dan Juli 2024 mendatang.

Indonesia akan menjadi tuan rumah untuk dua seri MXGP 2024, yakni di Sumbawa pada 30 Juni dilanjutkan seri di Lombok pada 7 Juli.

Pada musim 2024, hanya Indonesia dan Italia yang mendapat kepercayaan untuk menggelar balap motocross MXGP sebanyak dua kali secara beruntun.

Kedua seri di Indonesia yang akan berlangsung di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) adalah seri 10 di Sirkuit Samota, Sumbawa, dan seri 11 di Sirkuit Selaparang, Lombok.

Chairman of MXGP Indonesia, Zulkifliemansyah mengatakan pemilihan Sirkuit Samota sebagai tempat berlangsungnya ajang balap motocross telah mendongkrak perekonomian di wilayah tersebut.

“Jadi menurut kami, sebelumnya tidak ada apa-apa di Samota, dengan adanya MXGP sekarang investasi ada kepastian. Nah ini spirit yang ingin kami sampaikan ke berbagai daerah di seluruh Indonesia. Kalau Sumbawa dengan segala keterbatasan mampu menyelenggarakan global event, semestinya Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, dan sebagainya bisa menghadirkan ajang besar di daerahnya masing-masing,” kata Zulkifliemansyah pada konferensi pers di Jakarta, Rabu (28/2/2024), seperti dikutip Solopos.com dari Antara.

Nama Samota merupakan akronim dari tiga wilayah, yakni Teluk Saleh, Pulau Moyo, dan Gunung Tambora.

Nusa Tenggara Barat (NTB) dengan Sirkuit Mandalika yang mereka miliki memang telah beberapa kali menjadi tuan rumah untuk ajang balap sepeda motor kelas dunia, yakni MotoGP dan World Superbike.

Sedangkan untuk penyelenggaraan MXGP, 2024 merupakan tahun ketiga provinsi itu mendapat kepercayaan menjadi tuan rumah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya