SOLOPOS.COM - Para pemain Arsenal melakukan selebrasi seusai menjebol gawang Liverpool pada lanjutan laga Liga Premier di Etihad Stadium, Minggu (3/11/2013) dini hari WIB. JIBI/Solopos/Reuters

Solopos.com, LONDON—Keperkasaan Arsenal di puncak klasemen sementara Liga Premier bakal kembali diuji ketika menjamu Everton di Stadion Emirates, London, Minggu (8/12) malam WIB.

Pasukan Arsene Wenger meraup 11 kemenangan, sekali imbang dan baru menelan dua kali kekalahan, plus memproduksi 29 gol dalam 14 laga di Liga Premier musim ini. Hal itu membuat Arsenal berdiri tegap di puncak dengan keunggulan empat poin dari Chelsea.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Namun, rekor impresif The Gunners, julukan Arsenal, tersebut tidak bisa menjadi jaminan bagi Olivier Giroud dkk. memetik poin penuh di Emirates, Minggu ini. Everton bisa sangat menyulitkan tuan rumah, mengingat kepercayaan diri mereka sedang melambung ke angkasa.

Tim Merseyside itu melibas Manchester United dengan skor 1-0, Kamis (5/12) dini hari WIB, yang membuat mereka mengakhiri kutukan tak pernah menang di Old Trafford selama 21 tahun lebih.Kesuksesan itu, seolah menjadi sinyal bagi Arsenal untuk tidak bersikap santai di Emirates nanti.

“Kami beruntung dapat peringatan besar dengan kemenangan mereka [Everton] di Manchester United. Kemenangan itu tentu akan memberi mereka kepercayaan diri. Ini menjaga kami tetap membumi dan bagi kami itu duel besar,” jelas Wenger, dilansir Daily Star, Sabtu (7/12).

Keyakinan penggawa Everton boleh saja membumbung tinggi sebelum menginjakkan kaki di markas Arsenal. Tapi The Gunners juga tak kalah percaya diri setelah memenangi empat laga di berbagai kompetisi secara beruntun, sejak ditaklukkan United 0-1 di Old Trafford, November lalu.

“Kami lapar, kami ingin menang dan bersama hasil yang kami peroleh, itu membuat kami lebih ambisius. Ini pekan besar bagi kami,” tutur Wenger.

Tuan rumah masih tidak akan diperkuat Bacary Sagna yang mengalami cedera hamstring. Sederet pemain yang lebih dahulu menghuni ruang perawatan The Gunners, seperti Lukas Podolski, Oxlade-Chamberlain dan Abou Diaby, juga dipastikan belum bisa comeback ke lapangan.

Sementara itu, The Toffees, mendapat keuntungan besar dengan kondisi bek tenganya, Antolin Alcaraz, yang sudah fit setelah dibebat cedera hamstring. Hanya, tim polesan Roberto Martinez belum bisa menurunkan Leighton Baines, Arouna Kone dan Darron Gibson.

Dalam sejarah pertemuan kedua tim, Everton mencatat rapor merah ketika turun di markas Arsenal, dengan hasil 17 laga tak pernah menang. Sebaliknya, Arsenal memenangi 14 laga dan tiga kali imbang di pertemuan sebelumnya.

Tapi kans bagi Romelu Lukaku dkk. untuk mencuri poin di Emirates terbuka lebar. Setidaknya, hal itu tercermin dari ketangguhan The Toffees ketika bermain di markas lawan pada Liga Premier musim ini.

Mereka hanya kalah sekali di laga tandang musim ini dan menjaga tiga kali clean sheet secara beruntun dalam laga tandang, untuk kali pertamanya sejak Agustus 1995.  Maka tak salah apabila Everton disebut-sebut sebagai tim jago tandang. Apakah anak didik Martinez yakin bisa meredam markas Meriam London, julukan Arsenal, Minggu ini?

“Arsenal sebagai tim menyerang yang bagus. Itu salah satu tim yang sedang dalam performa terbaik. Kami siap dengan ujian dan tantangan itu. Kami antusias dengan menantang tim terbaik di liga,” tandas Martinez, dilansir Soccerway.

Perkiraan Formasi
Arsenal (4-2-3-1)

Pelatih Arsene Wenger
Szczesny; Jenkinson, Koscielny, Mertesacker, Gibbs; Ramsey, Arteta, Wilshere, Ozil, Cazorla; Giroud
Cadangan: Flamini, Rosicky, Nacho Monreal, Bendtner, Walcott, Vermaelen, Fabianski
Abse/Diragukan: Miyaichi, Diaby, Sagna, Podolski, Oxlade-Chamberlain, Sanogo

Everton (4-2-3-1)

Pelatih Roberto Martinez
Howard; Oviedo, Distin, Jagielka, Coleman; Barry, McCarthy; Pienaar, Barkley, Mirallas; Lukaku
Cadangan: Gerard Deulofeu, Osman, Naismith, Joel Robles, Heitinga, Jelavic, Stones
Abse/Diragukan: Miyaichi, Diaby, Sagna, Podolski, Oxlade-Chamberlain, Sanogo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya