SOLOPOS.COM - Athletico Bilbao berpeluang lolos ke fase grup Liga Champions saat lawan Napoli. Ist/bleacherreport.

Solopos.com, BILBAO— Athletico Bilbao memiliki peluang emas memastikan diri lolos ke fase grup Liga Champions untuk kali pertama sejak 1998/1999 ketika menjamu Napoli pada leg kedua playoff di San Mames, Bilbao, Kamis (28/8/2014) pukul 01.45 WIB.

Pada leg pertama di San Paolo, medio pekan lalu, Bilbao sukses menahan imbang Napoli dengan skor 1-1. Bekal gol tandang itu, tim berjuluk Los Leones tersebut hanya perlu menaham imbang Napoli tanpa gol pada leg kedua di markas kebesarannya nanti, untuk memastikan diri lolos ke fase grup.

Promosi Jaga Jaringan, Telkom Punya Squad Khusus dan Tools Jenius

Bilbao merupakan tim yang jarang bisa tampil di Liga Champions. Satu-satunya penampilan mereka di fase grup liga paling glamour di Eropa terjadi pada musim 1998/1999 alias sekitar 16 tahun silam. Kesempatan emas itu untuk membawa Los Leones tampil untuk kali kedua di fase grup Liga Champions tentu tak akan disia-siakan pasukan Enesto Valverde.

“Kami akan bertarung sampai mati,” jelas gelandang Bilbao, Ander Iturraspe, seperti dilansir Football Italia, Selasa (26/8).

“Saya pikir Napoli akan bermain menyerang karena gol tandang kami. Namun bayangkan, ini akan seperti leg pertama. Laga mereka berbasis serangan balik, jadi kami akan mewaspadai itu. Bagaimana pun, kami tidak akan mengubah cara bermain kami.  Napoli punya banyak pemain hebat, namun kami yakin bisa mewujudkannya [lolos ke fase grup],” sambung dia.

Bilbao pernah bertemu dengan tim-tim Italia selama 14 kali di berbagai kompetisi milik UEFA, dengan rekor tujuh kali menang, tiga kali imbang, dan empat kali kalah. Enam dari tujuh kemenangan yang mereka peroleh dari tim Italia pun diukir Bilbao di San Mames.
Sementara rekor Partenopei, julukan Napoli, melawan tim-tim Spanyol juga tidak begitu buruk. Mereka mencatat empat kali menang, tiga kali imbang, serta dua kali menelan kekalahan. Dua dari empat kemenangan tim asal Naples itu dicetak di Spanyol.

Semangat menggebu mencuri kemenangan di San Mames diutarakan gelandang baru Napoli, Jonathan de Guzman. Gelandang asal Belandang tersebut merasa yakin timnya masih memiliki kesempatan untuk mewujudkan harapan lolos ke fase grup Liga Champions.

“Target kami? Kami bertekad bermain sebaik mungkin di semua kompetisi, ambisi kami bermain di Liga Champions,” jelas De Guzman, seperti dilansir goal.com.

Pada leg pertama di San Paolo lalu, pasukan Rafael Benitez tertinggal lebih dahulu lewat gol pemain Bilbao, Muniain pada menit ke-41. Namun, striker Partenopei, Gonzalo Higuain, membatalkan kemenangan Bilbao lewat golnya pada menit ke-68. Bilbao tentu bukan musuh asing bagi pria asal Argentina itu. Sebab dia pernah merumput di Spanyol bersama Real Madrid pada 2006-2013 silam. (Hanifah Kusumastuti/JIBI/Solopos)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya