SOLOPOS.COM - Duel Basel versus Tottenham Hotspur pada perempat final kedua di Stadion White Hart Lane, London, tengah pekan lalu. dokJIBI/SOLOPOS/Reuters

Duel Basel versus Tottenham Hotspur pada perempat final kedua di Stadion White Hart Lane, London, tengah pekan lalu. dokJIBI/SOLOPOS/Reuters

SOLO – Tottenham Hotspur akan melakoni misi berat saat melawat ke markas FC Basel pada perempat final kedua di St Jakob Park, Jumat (15/4/2013) dini hari WIB.

Promosi Pemimpin Negarawan yang Bikin Rakyat Tertawan

Hasil seri 2-2 melawan Basel pada leg pertama di White Hart Lane, London, tengah pekan lalu, jelas tak menguntungkan Spurs. Skuat besutan Andre Villas Boas wajib meraih kemenangan untuk memuluskan jalannya ke empat besar.

Namun, untuk meraih kemenangan jelas tak semudah membalikkan tangan bagi Spurs. Terlebih, The Lily Whites, julukan lain Spurs, tampil minus dengan tiga pilarnya, yakni William Gallas (bek), Aaron Lennon dan Gareth Bale (winger), yang mengalami cedera.

Bagi Spurs, absennya Bale jelas sebuah kerugian. Maklum, selama ini klub London utara itu sangat tergantung dengan sosok Bale. Sejak tahun baru, Spurs bahkan belum pernah meraih hasil fantastis andai penyerang asal Wales itu absen.

Namun, Villas Boas tampaknya tak ingin terlalu menggantungkan nasibnya pada seorang Bale. Tanpa hadirnya Bale, eks manajer Chelsea dan FC Porto itu tetap optimistis.

Villas Boas mengaku akan menaruh harapannya pada Emmanuel Adebayor. Striker Togo ini tampaknya mulai memperlihatkan ketajamannya kembali. Ia bersama Gylfi Sigurdsson selalu mencetak gol dalam dua laga terakhir, baik saat melawan Basel maupun Everton di kancah domestic, akhir pekan lalu.

“Adebayor telah mendapatkan kembali golnya dalam beberapa laga terakhir dan dia telah menunjukkan betapa berpengaruhnya dia,” tutur Villas Boas.

“Dia adalah pemain yang sangat menikmati sepak bola, dia membuat gol terakhirnya dan performa terakhirnya dengan sangat baik.”

“Menemukannya kembali ke dalam permainan dengan lebih percaya diri dan saya selalu berpikir bahwa itu merupakan kepercayaan diri dari pemain itu sendiri, dibanding hal lainnya, akan membantu mereka berkembang,” imbuh pria yang pernah membawa Porto juara Liga Europa musim 2011 lalu itu.

Di sisi lain, Basel lebih sedikit di atas angin. Wakil Swiss ini tinggal membutuhkan hasil seri tanpa kebobolan untuk memastikan tempatnya ke semifinal.

Namun, Basel sebenarnya juga tak sedang dalam performa terbaiknya. Basel hanya mencatat dua kemenangan dalam lima laga terakhir.

Kini, mereka akan memanfaatkan lagi Marco Streller, Valentin Stocker, dan Mohamad Salah untuk menggedor lini belakang Spurs.

Dengan kondisi yang dialami kedua tim tak salah apabila Soccerway.com, memprediksi laga yang sekiranya akan disiarkan secara langsung SCTV, Jumat dini hari pukul 02.00 WIB itu, akan berakhir seri.

Head to head Basel Vs Tottenham Hotspur

05 April 2013: Tottenhan Hotspur 2-2 Basel

5 pertandingan terakhir Basel :

07 Apr 2013 : St. Gallen 1-1 Basel
05 Apr 2013 : Tottenham Hotspur 2-2 Basel
01 Apr 2013 : Luzern 0-4 Basel
17 Mar 2013 : Basel 1-0 Thun
15 Mar 2013 : Zenit St. Petersburg 1-0 Basel

5 pertandingan terakhir Tottenham :

07 Apr 2013 : Tottenham Hotspur 2-2 Everton
05 Apr 2013 : Tottenham Hotspur 2-2 Basel
30 Mar 2013 : Swansea City 1-2 Tottenham Hotspur
17 Mar 2013 : Tottenham Hotspur 0-1 Fulham
15 Mar 2013 : Inter Milan 3-0 Tottenham Hotspur

Prakiraan Susunan Formasi

Basel (4-4-2): Sommer; Steinhofer, Voser, Dragovic, Schar; Salah, Cabral, F Frei, Stocker; Strellar, A Frei

Tottenham Hotspur (4-2-3-1): Friedel; Walker, Dawson, Vertonghen, Assou-Ekotto; Sigurdsson, Parker, Dembele, Holtby, Dempsey; Adebayor

Simak berita terkait: http://digital.solopos.com/file/12042013/

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya