SOLOPOS.COM - Dua penggawa Bayern Munich (kiri dan kanan) tertunduk lesu saat dikalahkan Manchester City, tengah pekan lalu. DokJIBI/Solopos/Reuters

Solopos.com, MUNICH—Bayern Munich bakal menjadikan pertarungan kontra Hamburg di lanjutan Bundesliga, Sabtu (14/12) malam, sebagai panggung pelampiasan setelah kekalahan dari Manchester City.

Pasukan Josep “Pep” Guardiola tumbang dengan skor 2-3 ketika menjamu City di laga terakhir penyisihan Grup D Liga Champions, Rabu (11/12) dini hari WIB. Kekalahan itu memang tidak terlalu memberi pengaruh besar bagi mereka. Toh Philipp Lahm dkk. tetap lolos ke babak 16 besar sebagai juara grup.

Promosi Piala Dunia 2026 dan Memori Indah Hindia Belanda

Namun, kalah di hadapan pendukung sendiri, plus lewat cara menyakitkan yakni setelah unggul dua gol, sangat mencoreng reputasi tim peraih treble winner tersebut. Oleh karenanya, Die Roten, julukan Bayern, bertekad untuk move on.

Bayern memiliki rekor fantastis sepanjang 2013. Kekalahan dari City adalah kegagalan meraih poin untuk kali ketiga bagi Die Roten pada setahun kalender. Sebelumnya, dua gelintir kekalahan Bayern lainnya di 2013, diterima ketika mereka tumbang dihadapan Arsenal pada Liga Champions, Maret dan Borussia Dortmund di Piala Super Jerman, Juli silam.

Meski kekalahan merupakan hasil langka, akan tetapi penggawa Die Roten tidak lantas meresponsnya secara dramatis. Striker Bayern, Thomas Muller, mengaku hasil buruk ketika menjamu City menunjukkan Bayern bukan tim yang tak tersentuh.

“Itu sangat normal atas semua yang sudah kami hadapi. Kami membuat start hebat namun membiarkan mereka bangkit. Kami perlu mempertahankan semangat kami untuk menang,” jelas Muller, dilansir Soccerway, Jumat (13/12).

Pertarungan melawan Hamburg pun bisa menjadi momentum tepat bagi Bayern untuk bangkit. Bayern memegang rekor apik ketika menghadapi Die Rothosen, julukan Hamburg. Tim yang berkandang di Allianz Arena tersebut selalu menang dalam tiga pertemuan terakhir, termasuk kesuksesan mereka membantai Hamburg dengan skor 9-2 di ajang Bundesliga pada Maret lalu. Sebaliknya, Hamburg tidak pernah mampu menaklukkan Bayern dalam duel tandang sejak April 2007.

Di sisi lain, performa Die Rothosen di Bundesliga musim ini belum mengalami perubahan besar. Sejak menggantikan posisi Thorsten Fink di kursi pelatih Hamburg pada September lalu, Bert van Marwijk baru mempersembahkan empat kemenangan dalam 10 laga. Mantan pelatih Timnas Belanda itu pun hanya mampu  mengerek Hamburg dari peringkat ke-15 naik ke posisi ke-13 di tabel sementara.

“Bayern mengikuti konsep yang jelas dan akan melakukan hal sama ketika melawan kami. Kami semua harus bermain hingga batas terakhir dan semua orang dalam tim harus bertahan dengan baik,” jelas bek Hamburg yang pernah membela Bayern, Marcell Jansen.

Sayang, kiper utama Hamburg, Rene Adler, diragukan tampil setelah mengalami cedera engkel pekan ini. Begitu juga dengan Ivo Ilicevic yang bakal absen karena alasan pribadi. Sedangkan kapten Rafael van der Vaart terlihat mulai bergabung dengan latihan tim setelah mengalami cedera engkel.

Di kubu tuan rumah, Bayern masih tetap tidak akan diperkuat Arjen Robben, Holger Badstuber dan Bastian Schweinsteiger. Namun Xherdan Shaqiri dan Claudio Pizarro disebut-sebut sudah bisa kembali ke lapangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya