SOLOPOS.COM - Ilustrasi Brazil kontra Uruguay di semifinal Piala Konfederasi 2013. (Facebook.com)

Ilustrasi Brazil kontra Uruguay di semifinal Piala Konfederasi 2013. (Facebook.com)

SOLO – Derby Amerika Latin akan mewarnai semifinal pertama Piala Konfederasi 2013. Tuan rumah, Brazil, akan ditantang seteru abadinya Uruguay di Estadio Mineirao, Belo Horizonte, Kamis (27/6/2013) dini hari WIB.

Di antara tim-tim Amerika Selatan, hanya ada tiga negara yang pernah merasakan trofi Piala Dunia, yakni Argentina, Brazil dan Uruguay. Di antara ketiganya Uruguay tercatat yang paling lama sudah tak pernah merasakan gelar Piala Dunia, yakni 1950 silam. Sementara, Brazil terakhir kali menggenggam gelar terbaik dunia adalah pada 2002.

Kendati cukup lama pamornya meredup, Uruguay sedikit demi sedikit mulai bangkit. Pada Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan, La Celeste, julukan Uruguay mampu melaju ke semifinal dan setahun berikutnya merebut gelar Copa Amerika.

Di sisi lain, Brazil justru mulai menunjukkan penurunan dalam beberapa tahun terakhir hingga peringkatnya turun drastis ke posisi 22 dunia.

Kendati demikian, dalam Piala Konfederasi 2013 ini Brazil menunjukkan grafik berbeda. Penampilan di depan publiknya sendiri membuat Brazil tampil garang. Jepang dilibas 3-0, Meksiko ditekuk 2-0 dan runner up Piala Eropa 2012, Italia, dikalahkan dengan skor 4-2. Brazil pun melaju ke semifinal dengan status sebagai juara Grup A.

Karenanya wajar seandainya dalam duel klasik Amerika Latin ini Brazil lebih diunggulkan. Prediksi Goal.com maupun Soccerway.com, sama-sama menjagokan Brazil akan menang dengan skor 3-1 dengan peluang sebesar 23,12% dan 25,81%. Sementara sebanyak 16,82% dan 15,68% menjagokan Brazil menang tipis 2-1. Sedang, yang menjagokan Uruguay menang tipis 1-2 hanya kurang dari 10%.

Kendati diunggulkan Brazil tak ingin jemawa.

“Ini adalah Brazil-Uruguay dan ini adalah derby. Beberapa orang mengatakan ini lebih buruk dari Brazil dan Argentina. Mereka penuh percaya diri setelah memenangi Copa America dan dengan Brazil mendapatkan hasil lebih baik dalam beberapa pertemuan terakhirnya, mereka ingin mengubahnya. Mereka akan melawan A Selecao untuk menemukan dirinya dan memainkan sepak bola yang hebat. Saya berharap Brazil berada di jalurnya lagi tapi tak ada yang favorit dalam pertandingan,” ujar kiper Brazil, Julio Cesar.

Di sisi lain, pelatih Uruguay, Oscar Tabarez, mengakui bahwa melawan Brazil adalah pertandingan yang sulit. Selain tampil di depan pendukungnya, Brazil memiliki pemain-pemain bertalenta hebat, seperti Neymar, Fred, Oscar dan Hulk. Kendati demikian, Tabarez tetap percaya diri mampu mengatasi lawannya itu.

“Ini akan menjadi sulit. Brazil adalah sisi yang hebat dan mereka bermain di rumah. Sangat menarik untuk mengambil mereka karena kualitas mereka dan merasa memiliki pertandingan ini. Ini suatu kebanggaan untuk melawan tim yang memenangi Piala Dunia lebih dari negara manapun. Mari lihat apa yang akan terjadi.”

Head to Head

7 Juni 2009          Pra-Piala Dunia Uruguay               0-4          Brazil

22 November 2007          Pra-Piala Dunia Brazil 2-1              Uruguay

11 Juli 2007          Copa America    Uruguay               6-7          Brazil

Lima Pertandingan Terakhir

Brazil

23 Jun 2013         Italia 2 – Brazil 4FCC

20 Jun 2013         Brazil 2 – Meksiko 0          FCC

16 Jun 2013         Brazil 3 – Jepang 0             FCC



10 Jun 2013         Brazil 3 – Prancis 0             UJI

3 Jun 2013           Brazil 2 – Inggris 2              UJI

Uruguay

24 Jun 2013         Uruguay 8 – Tahiti 0         FCC

21 Jun 2013         Nigeria 1 – Uruguay 2      FCC

17 Jun 2013         Spanyol 2 – Uruguay 1    FCC

12 Jun 2013         Venezuela 0 – Uruguay 1               WCQ

6 Jun 2013           Uruguay 1 – Prancis 0      UJI

Prakiraan Susunan Pemain

Brazil

Cesar, Alves, Thiago Silva, David Luiz, Marcelo, Fernando, Paulinho, Neymar, Oscar, Moura, Fred.

Uruguay

Muslera, M. Pereira, Lugano, Godin, Caceres, Gargano, Arevalo, Lodeiro, Suarez, Rodriguez, Cavani.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya