SOLOPOS.COM - Ekspresi kegembiraan tiga pemain Timnas Indonesia (dari kiri ke kanan) Asnawi Mangkualam, Eggy Maulana Vikri, dan Witan Sulaiman seusai mengalahkan Tinmas Singapura pada pertandingan Semi Final Leg 2 Piala AFF 2020 di National Stadium, Singapura, Sabtu (25/12/2021). (Twitter @PSSI)

Solopos.com, SINGAPURA – Pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong menekankan pentingnya memiliki mental yang kuat saat menghadapi laga final leg pertama Piala AFF 2020 kontra Thailand di Stadion Nasional, Singapura, Rabu (29/12/2021). Indonesia dan Thailand sama-sama tidak diperkuat pilar andalan masing-masing.

Juru taktik asal Korea Selatan itu mengatakan memiliki benteng kukuh secara psikologis dapat melindungi pemain dari tekanan yang datang menerjang. Indonesia yang belum pernah juara Piala AFF meski lima kali menembus final, wajib memberikan gelar kampiun Piala AFF pertama sepanjang sejarah pada tahun ini.

Promosi Ada BDSM di Kasus Pembunuhan Sadis Mahasiswa UMY

“Kami harus masuk ke lapangan dengan mental yang kuat. Saya selalu menekankan ini ke pemain bahkan sejak awal turnamen,” kata Shin dalam konferensi pers virtual sebelum pertandingan dilansir Suara, Selasa (28/12/2021).

Baca Juga: Terungkap! Ini Kunci Sukses Nadeo Argawinata Tepis Penalti Singapura

Menurutnya euforia masyarakat begitu terasa di dunia nyata maupun maya. Hal tersebut dapat mempengaruhi performa skuat Garuda. Sebagai pelatih berpengalaman, Shin Tae-yong menyadari betul hal itu. Pelatih timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu pun mencoba memberikan ketenangan dengan jam terbang yang dia punya.

“Sebagai pemain dan pelatih, saya sudah meraih lebih dari 20 gelar juara. Jadi saya mempunyai pengalaman untuk pertandingan seperti ini. Saya mau juara, tetapi gelar juara tidak bisa dicapai hanya karena ingin. Harus ada kerja keras. Kami akan menyusun strategi dan mencoba untuk menjadi yang terbaik di turnamen,” kata Shin.

Pertemuan Indonesia dengan Thailand di final Piala AFF 2020 merupakan ulangan final Piala AFF 2000, 2002 dan 2016 yang semuanya dimenangkan Thailand. Bagi skuad Garuda, laga itu menjadi final keenam sepanjang keikutsertaan di Piala AFF setelah sebelumnya mencatatkan pencapaian serupa pada tahun 2000, 2002, 2004, 2010, dan 2016.

Pemain Absen

Thailand tidak akan diperkuat oleh dua pemain andalannya saat berhadapan dengan Timnas Indonesia di final leg pertama. Thailand dipastikan tanpa diperkuat fullback kiri Theerathon Bunmathan dan kiper utama Thailand, Chatchai Budtporm juga diprediksi absen karena cedera yang didapat saat melawan Vietnam di semifinal.

Selain itu Sementara Timnas Indonesia tidak akan diperkuat oleh Pratama Arhan. Bek sayap kiri andalan Shin Tae-yong ini harus absen karena akumulasi kartu kuning.

“Secara psikologis tim Thailand tidak baik karena fullback kiri dan kiper absen. Tapi begitu juga kami Pratama Arhan tidak bisa main karena akumulasi kartu kuning. Jadi sebenarnya posisi kami sama karena tidak bisa memberikan permainan yang kami inginkan,” kata Shin.

Baca Juga: Keroyok Wasit, 6 Pemain PS Nene Mallomo Sidrap Resmi Jadi Tersangka

Shin Tae-yong percaya absennya dua pemain tersebut tidak menjadi hambatan berarti bagi Thailand. Pelatih Alexandre Polking pasti punya strategi khusus. Gelandang serang tim nasional Indonesia, Egy Maulana Vikri, sepakat dengan Shin Tae-yong bahwa mental bisa menentukan hasil final. Egy pun meyakinkan masyarakat Indonesia bahwa dia dan rekan-rekannya siap untuk bertempur sampai titik darah penghabisan.

“Semua pemain memiliki mental yang kuat dan termotivasi. Kami tak merasa tertekan. Kami siap dan sangat berharap menjadi juara kali ini,” kata pemain Liga Slovakia, FK Senica itu.

Prediksi Susunan Pemain

Indonesia (5-4-1): Nadeo Argawinata; Irfan Jaya, Fachruddin Aryanto, Rizky Ridho, Alfeandra Dewangga, Asnawi Mangkualam; Rachmat Irianto, Ricky Kambuaya, Witan Sulaeman, Ramai Rumakiek; Ezra Walian.

Pelatih: Shin Tae-yong

Thailand (4-3-1-2): Tedsungnoen; Narubadin Weerawatnodom, Manuel Bihr, Kritsada Kaman, Thantatemee; Sarach Yooyen, Thanawat Suengchitthawon, Phitiwat Sukjitthammakul; Chanathip Songkrasin; Supachok Sarachat, Teerasil Dangda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya