SOLOPOS.COM - Penyerang Fiorentina Giuseppe Rossi berselebrasi setelah ciptakan gol. JIBI/detiksport

Solopos.com, FIRENZE– Fiorentina mengakhiri tahun 2013 dengan dua kemenangan beruntun di Seri-A. Saat kompetisi kembali dimulai setelah jeda libur Natal, skuat La Viola berharap memulai tahun 2014 dengan melanjutkan tren kemenangan ketika menghadapi Livorno di Stadion Artemio Franchi, Senin (6/1) dini hari WIB.

Dua kemenangan beruntun di akhir tahun lalu dibukukan Fiorentina atas Bologna dan Sassuolo. Tambahan enam poin itu menaikkan posisi Fiorentina ke peringkat empat tabel Seri-A dengan keunggulan dua poin atas peringkat lima, Inter Milan, namun masih tertinggal tiga poin dari peringkat tiga, Napoli.

Promosi Ayo Mudik, Saatnya Uang Mengalir sampai Jauh

Di laga ini pasukan besutan Vincenzo Montella menatap kans besar untuk menyamai langkah Napoli. Kemenangan difavoritkan menjadi milik La Viola, julukan Fiorentina. Catatan laga kandang impresif di liga musim ini bisa dijadikan bekal Fiorentina membuat keder sang lawan saat tampil di Artemio Franchi.

Dari delapan laga kandang di Seri-A sepanjang musim ini, Fiorentina hanya sekali menelan kekalahan dan itu terjadi ketika ditekuk Napoli 1-2 pada akhir Oktober lalu. Selepas kekalahan itu Fiorentina selalu menang dalam tiga pertandingan kandang beruntun di liga.

Di lain pihak Livorno mengantongi catatan jeblok di laga tandang musim ini. Pasukan besutan Davide Nicola hanya meraup empat poin dari 32 poin yang tersedia dalam delapan pertandingan tandang yang telah mereka jalani. Lebih parahnya lagi, Livorno selalu menelan kekalahan dalam enam lawatan terakhir, di mana dalam lima kekalahan tandang terakhir mereka hampa mencetak gol.

Semua fakta itu jelas bukan modal mentereng bagi Livorno menyambangi markas Fiorentina. Pertahanan Livorno harus ekstra waspada menghadapi lini serang agresif Fiorentina. Meski striker Mario Gomez diprediksi belum bisa kembali ke skuat, Fiorentina masih memiliki striker haus gol seperti Giuseppe Rossi yang menjadi top scorer Seri-A dengan koleksi 14 gol dalam 17 penampilan.

“Giuseppe Rossi adalah pesepak bola jenius dan seorang laki-laki yang baik. Bagi saya kehadirannya seperti oase di tim ini,” kata pelatih Fiorentina, Vincenzo Montella, kepada Sport Mediaset seperti dilansir Sportsmole, baru-baru ini.

Namun Montella mengaku skuatnya saat ini masih perlu memperbaiki banyak hal untuk melanjutkan hasil positif di musim ini. “Fiorentina belum komplet, masih banyak ruang untuk berkembang. Saya rasa kami bisa mendapatkannya di level berikutnya,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya