SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

timnas indonesia, jelang liverpool, antara

Timnas Indonesia berlatih menjelang laga melawan Liverpool di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (18/7). JIBI/SOLOPOS/Antara/Rosa Panggabean

Solopos.com, JAKARTA—Tim nasional Indonesia bertekad tak akan menjadi lumbung gol dalam dua pertandingan beruntun.  Namun, Liverpool bukan lawan sembarangan yang mudah diredam.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Liverpool sudah menegaskan tidak akan setengah-setengah saat beruji coba menghadapi timnas yang akan mengusung nama Indonesia XI di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Sabtu (20/7) malam. Keseriusan The Reds ini ditanggapi positif oleh pelatih Indonesia, Jacksen F. Tiago.

Jacksen mengaku tidak gentar dengan nama besar The Reds, julukan Liverpool. Pasalnya, Jacksen sudah memberikan menu latihan yang dinilai bisa mengimbangi Steven Gerrard cs. Pria yang juga melatih Persipura Jayapura itu mengaku sudah belajar banyak dari kekalahan telak 0-7 kontra Arsenal, Minggu (14/7).

“Kami sudah berlatih untuk memperkuat lini pertahanan dan tengah. Pada pertandingan nanti, saya berharap M. Roby, Victor Igbonefo, dan Raphael Maitimo, bisa mengadang serangan lawan. Terutama, menghalau umpan-umpan silang lawan,” kata Jacksen, ketika ditemui, Jumat (19/7).

Sedangkan pemain tengah seperti Ahmad Bustomi, Bayu Gatra, Vendri Mofu, dan Ahmad Jufriyanto, diposisikan untuk berduel dengan pemain-pemain Liverpool yang memiliki postur lebih besar. “Kami berharap, evaluasi pertandingan lawan Arsenal bisa diterapkan. Sehingga, pemain tidak lagi terkejut dengan gaya permainan klub Inggris. Apalagi, proses gol yang terjadi, sebenarnya hampir sama seperti di kompetisi nasional,” imbuhnya.

Pertandingan versus The Reds juga bisa dikatakan sebagai ajang pertaruhan serta pembuktian bagi penyerang Indonesia. Apalagi dalam dua pertandingan uji coba internasional, melawan Timnas Belanda dan Arsenal, timnas belum mampu menciptakan gol. Saat melawan De Oranje, Skuat Merah Putih takluk 0-3, kemudian dipermak Arsenal tujuh gol tanpa balas. “Kalau diberi kepercayaan, saya siap memberikan yang terbaik. Terus terang saya bersyukur bisa kembali memperkuat timnas,” kata Ferdinand Sinaga di Jakarta, Jumat.

Dengan bergabung striker Persisam Samarinda ini, lini depan timnas dinilai akan semakin bertaji. Apalagi sebelumnya sudah ada dua striker yang sudah tidak bisa diragukan lagi ketajamanannya yaitu Sergio van Dijk dan Boaz Solossa.

Pemain legendaris Liverpool, Ian Rush, menilai The Reds akan bermain serius saat menghadapi Indonesia XI dalam laga uji coba di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Sabtu (20/7/2013). Liverpool, kata dia, ingin mencetak banyak gol untuk memberikan hiburan kepada Liverpudlian di Jakarta.

Di sisi lain, Steven Gerrard cs tampaknya ingin mengikuti jejak Arsenal yang berhasil berpesta gol ke  gawang Indonesia. Tekad membombardir jala Skuat Garuda diutarakan legenda Liverpool yang ikut dalam rombongan tur pramusim ke Jakarta, Ian Rush.

“Liverpool memang ingin memberikan hiburan kepada penggemarnya di sini [Indonesia] dan mereka ingin mencetak banyak gol di pertandingan nanti,” ujar Rush.

Sebelumnya, manajer Liverpool, Branden Rodgers mengaku sudah mengantongi kekuatan anak asuh Jacksen. Salah satu celah yang disorotinya adalah buruknya stamina pemain Indonesia, terutama di babak kedua.  (Antara/Detik)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya