SOLOPOS.COM - Pelatih Manchester United (MU), David Moyes. dok. (JIBI/Solopos/Reuters)

Solopos.com, MANCHESTER—Tepat 158 hari sejak resmi menjadi manajer Manchester United, David Moyes, bakal menghadapi mantan klubnya Everton untuk kali pertama di Old Trafford, Manchester, Kamis (5/12/2013) dini hari WIB.

Bentrok di pekan ke-14 Liga Premier 2013/2014 akan menjadi momentum yang sangat menguras emosi pria asal Skotlandia tersebut. Wajar kebersamaan Moyes terhadap Everton bukan seumur jagung. Ia membesut klub berjuluk The Toffees selama 11 tahun, sebelum pindah ke United karena permintaan langsung dari koleganya, Sir Alex Ferguson, yang pensiun dari kursi pelatih Setan Merah akhir musim lalu.

Promosi Liga 1 2023/2024 Dekati Akhir, Krisis Striker Lokal Sampai Kapan?

Tekanan yang dialami Moyes di Old Trafford sangatlah hebat. Manajer berusia 50 tahun tersebut dituntut meneruskan kejayaan Ferguson bersama Setan Merah. Namun faktanya, start Moyes sebagai pelatih United pada musim ini cukup pahit. Moyes hanya memetik tiga kemenangan di lima laga pertamanya di Liga Premier musim ini.

Tapi sekitar dua bulan belakangan, mantan pemain Celtic tersebut mulai membuktikan tangan dinginnya dengan membawa United tak terkalahkan dalam 12 laga di berbagai kompetisi. Meski demikian, bukan berarti tuntutan pendukung Manchester Merah terhadap Moyes mereda. Sebab kenyatannya, Nemanja Vidic dkk. masih sulit menembus Zona Big Four dan terjerembab di peringkat kedelapan klasemen sementara.

Hasil imbang yang diperoleh Setan Merah di kandang Tottenham Hotspur di Stadion White Hart Lane, London, Sabtu (30/11), jauh dari kata memuaskan. Anak didik Moyes bermain di bawah standar. Beruntung, Rooney yang sedang on fire, mampu membawa timnya bangkit dua kali untuk menahan imbang Spurs 2-2.

Rooney bisa menjadi ancaman besar bagi Everton di Old Trafford nanti. Pemain jebolan The Toffees tersebut memborong 10 gol dalam 16 laga untuk klubnya musim ini. Absennya bomber Robin van Persie yang cedera, bahkan sedikit tertutupi dengan kehadiran Wazza, julukan Rooney, yang gagah berani memimpin rekan-rekannya di lapangan.

Moyes berharap besar bisa menambah koleksi poin United, meski caranya harus menundukkan klub yang pernah dicintainya itu. Sebab dengan mengalahkan Everton, Setan Merah bisa terus menjaga asa untuk mengejar rival-rival yang bertengger di atas mereka.

“Kami harus memenangi semua laga kami. Saya pikir kami terlalu jauh seperti yang diharapkan [United tertinggal sembilan poin dari pemuncak klasemen Arsenal], namun musim ini masih panjang dan semoga kami bisa berada di sana,” jelas Moyes kepada MUTV, dilansir Soccerway.

Sementara itu, Roberto Martinez yang menggantikan posisi Moyes di Everton,  menantang Gareth Barry dkk. mematahkan kutukan The Toffees yang tak pernah menang di Old Trafford sejak Agustus 1992. Reputasi Everton di marks tim-tim besar memang sangat buruk. Mereka juga gagal memenangi laga tandang di markas Arsenal, Liverpool atau Chelsea sejak 1999.

Untuk memuluskan rencana itu, Martinez bisa mengandalkan Romelu Lukaku. Striker pinjaman dari Chelsea itu, telah menggelontorkan delapan gol, menyamai koleksi gol pribadi Rooney di Liga Premier musim ini. Gol terakhir Lukaku disumbangkan ketika Everton membantai Stoke City 4-0 di Goodison Park, akhir pekan lalu.

Apalagi posisi The Toffees saat ini lebih baik dibandingkan United. Everton menempati peringkat kelima di klasemen sementara, unggul dua poin dari Setan Merah yang berada di posisi kedelapan.

“Kami harus kreatif dalam bersaing melawan klub-klub berbudget besar di liga. Ada enam klub dengan budget luar biasa. Meski punya pengalaman di lapangan, Anda tidak akan pernah bisa mengalahkan tim-tim dengan budget besar. Kami harus percaya diri dan tampil bagus,” terang Martinez, dilansir Daily Mail.

Perkiraan Formasi
Manchester United (4-4-2) Pelatih David Moyes
De Gea; Rafael, Evans, Vidic, Evra; Nani, Giggs, Fellaini, Valencia; Rooney, Hernandez
Cadangan: Evans, Smalling, Jones, Cleverley, Kagawa, Welbeck, Young, Rafael, Anderson, Lindegaard
Absen/Diragukan: Van Persie, Carrick, Fletcher

Everton (4-5-1) Pelatih Roberto Martinez
Howard; Oviedo, Jageilka, Distin, Coleman; Pienaar, Barry, McCarthy, Osman, Barkley; Lukaku
Cadangan: Gerard Deulofeu, Stones, McCarthy, Jelavic, Mirallas, Robles, Hibbert, Heitinga, Barkley
Absen/Diragukan: Baines, Kone, Gibson

Tiga Pertemuan Terakhir
10/02/2013    Liga Premier    Manchester United    2 – 0    Everton
21/08/2012    Liga Premier    Everton    1 – 0    Manchester United
22/04/2012    Liga Premier    Manchester United    4 – 4    Everton

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya