SOLOPOS.COM - Ilustrasi Manchester United versus Aston Villa. dokJIBI/SOLOPOS

Ilustrasi Manchester United versus Aston Villa. dokJIBI/SOLOPOS

MANCHESTER—Manchester United tinggal sejengkal lagi mengamankan gelar juara Liga Premier ke-20. United bisa mengakselerasi pencapaian itu ketika menjamu Aston Villa di Old Trafford, Selasa (23/4) dini hari WIB.

Promosi Ijazah Tak Laku, Sarjana Setengah Mati Mencari Kerja

Kekalahan Manchester City dari Tottenham Hotspur, Minggu (21/4), membuat United di ambang juara jika menaklukkan Villa. Pasalnya, secara matematis perolehan poin United tidak akan terkejar oleh City.

Dengan hanya menyisakan lima pertandingan di musim ini, United bisa memperlebar jarak dengan City menjadi 16 poin jika meraup kemenangan atas Villa. Sementara perolehan poin maksimal City di sisa pertandingan musim ini hanya 15 poin. “Poin yang kami dapatkan menggambarkan segalanya dan saya menikmati menonton tim ini,” ujar manajer United, Alex Ferguson, dilansir Daily Mail, Minggu (21/4) WIB.

“Kami memiliki sekelompok pemain yang memiliki tekad dan komitmen. Ada kebahagiaan kolektif mengenai permainan mereka. Seseorang seperti Robin van Persie belum pernah memenangi liga dan dia sangat tak sabar untuk mendapatkannya. Saya pikir dia membaui garis finis yang sudah sangat dekat,” imbuh Ferguson.

Secara hitungan matematis, United juga berpeluang memecahkan rekor perolehan poin terbanyak dalam semusim yang sebelumnya dipegang Chelsea dengan koleksi 95 poin. Saat ini United mengantongi 81 poin dari 33 pertandingan.

Jika The Red Devils, julukan United, memenangi lima pertandingan tersisa berarti mereka akan mengumpulkan 96 poin. Konsistensi United memetik kemenangan di liga musim ini memang impresif meski sudah menelan empat kekalahan. Sebagai perbandingannya, Arsenal yang melalui musim 2003/2004 tanpa terkalahkan, memenangi liga dengan koleksi 90 poin.

Dalam laga ini United juga menatap peluang merayakan gelar juara di hadapan publik sendiri. “Tiga bulan lalu, jika Anda bertanya kepada saya di mana saya akan lebih senang memenangi liga, saya mengatakan di mana saja. Apakah dengan gol di menit-menit terakhir di mana kami ahli melakukan itu, hal-hal itu tidak masalah bagi saya,” ujar Ferguson.

Namun United seharusnya tak boleh terlena menatap prospek mendatangkan gelar juara lebih cepat. Jika tak ekstra waspada, Villa bisa menjadi batu sandungan yang memperlambat langkah United menjuarai liga seperti yang dilakukan West Ham United di tengah pekan lalu.

Pasukan Old Trafford nyaris kalah sebelum akhirnya menyamakan kedudukan menjadi 2-2 saat menghadapi West Ham. Ferguson mengatakan sangat wajar menghadapi rintangan saat menuju garis finis.

“Kami mendapatkan beberapa rintangan dan pemain yang cedera dari pertandingan Rabu [lawan West Ham]. Ketika Anda mendekati garis finis memang sering terbentur rintangan. Saya memiliki skuat yang sama untuk laga Senin [lawan Villa] dan semoga kami memilih tim yang tepat,” kata Ferguson dilansir Yahoosports.

Sementara Aston Villa yang kini hanya unggul tiga poin atas peringkat 18, Wigan Athletic, menyadari lawatan ke Old Trafford menjadi tantangan terberat untuk menghindari kekalahan di lima pertandingan tersisa di musim ini. Jika memenangi pertandingan ini sangat sulit, tambahan satu poin dari United rasa-rasanya sudah cukup melegakan Villa.

Manajer Aston Villa, Paul Lambert, mengatakan kapten Stiliyan Petrov yang berjuang melawan penyakit leukemia masih menjadi inspirasi klub untuk bertahan di Liga Premier. Saat ini Petrov masih menjalani kemoterapi setelah didiagnosis terserang leukemia pada Maret tahun lalu.

Meski Petrov tidak bisa bermain, dalam beberapa waktu terakhir dia hadir di Villa Park dan di pusat latihan klub untuk menyemangati rekan-rekan setimnya. “Apakah dia akan hadir dalam pertandingan itu [lawan United] atau tidak, hal terpenting adalah dia masih berada di sini,” kata Lambert dilansir Foxsportsasia.

Simak berita terkait : http://digital.solopos.com/file/22042013/

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya