SOLOPOS.COM - Logo Piala Eropa U-21. uefa.com

Logo Piala Eropa U-21. uefa.com

TEL AVIV –Italia U-21 memang sudah memastikan langkahnya ke babak semifinal Piala Eropa U-21. Meski demikian, hal ini tak akan membuat Gli Azzuri muda, julukan Italia U-21, bermain setengah hati saat menghadapai Norwegia U-21 pada laga terakhir babak penyisihan Grup A di Stadion Bloomfield, Tel Aviv, Selasa (11/6/2013) tengah malam WIB.

Marco Veratti cs kemungkinan akan tetap tampil ngotot saat menghadapi Norwegia. Kemenangan tak hanya akan menyempurnakan rekor Italia, yang tak pernah terkalahkan di ajang Euro U-21, namun juga akan membuat anak asuh Devis Mangia, tampil sebagai juara Grup A.

Lolos sebagai jawara grup akan membuat langkah Italia ke final kian mudah. Pasalnya, di babak semifinal juara Grup A akan menghadapi runner up dari Grup B, yang baru akan ditentukan dalam laga yang mempertemukan juara bertahan, Spanyol U-21, kontra Belanda U-21, Rabu (12/6/2013) tengah malam.

Karenanya tak salah jika banyak prediksi yang lebih menjagokan Italia tampil sebagai pemenang atas Norwegia. Bahkan sebanyak 21,43 persen pembaca Soccerway, mengunggulkan Italia menang 3-0. Sementara, 17,86 persen menjagokan Italia menang tipis 2-1 dan 10,71 persen lainnya, mengunggulkan Gli Azzuri muda menang 2-0.

Meski demikian, prediksi itu bukan jaminan Italia bakal menang mudah. Norwegia dipastikan akan tampil habis-habisan untuk mengamankan langkahnya ke babak empat besar. Norwegia saat ini berada di urutan kedua klasemen Grup A, dengan torehan empat poin, hasil sekali seri dan sekali menang.

Norwegia tinggal membutuhkan tambahan satu poin untuk mengamankan langkahnya ke fase selanjutnya. Namun, seandainya kalah dan di tempat lain, Israel menang telak atas satu-satunya wakil Grup A yang sudah pasti tersingkir, Inggris, maka tiket semifinal yang sudah di depan mata bagi Norwegia bakal melayang dan diambil Israel.

Pelatih Norwegia, Tor Ole Skullerud, meminta anak asuhnya untuk tampil maksimal saat menghadapi Italia. Skullerud berharap timnya tak hanya bermain seri, untuk memuluskan langkahnya ke semifinal, namun sebisa mungkin menang dan lolos sebagai juara grup.

“Ketika tiba waktunya memilih tim, kami harus memperhitungkan bahwa kami telah memainkan dua laga yang sulit. Mood dalam tim sangat fantastis. Mentalitas tim kami juga telah kuat sepanjang jalan dan memiliki para pemain yang datang dari tim senior memberikan energi lebih. Mereka telah diterima dalam kelompok karena kami yakin mereka bisa. Kami optimistis,” ujar Skullerud dilansir Uefa.com.

“Kami menjalani tes yang sangat kuat melawan Inggris dan Italia mengalahkan Inggris 1-0, sehingga hal itu menceritakan semua. Kami mempelajari mereka dan mereka adalah tim yang fantastis. Kami akan berendah hati saat kami menjalani pertandingan, tapi kami memiliki kepercayaan diri yang besar. Kami rasa kami bisa mendapat hasil yang bail lagi, tapi itu akan membutuhkan satu upaya yang lebih maksimal dari kami untuk mendapatkan sesuatu yang lebih dari pertandingan ini, seperti yang terjadi saat kami melawan Inggris [menang 3-1].”

Menghadapi Italia, Norwegia mengaku siap dan bisa menurunkan kekuatan terbaiknya. Fredrik Semb Berge, yang semula dikhawatirkan absen setelah mengalami cedera kala menghadapi Inggris, sudah pulih dan bisa diturunkan. Sedang, Vegar Hedenstad, yang semula absen karena akumulasi juga bisa diturunkan saat melawan Gli Azzuri muda.

Di sisi lain, Italia akan tampil tanpa Lorenzo Insigne. Penyerang milik Napoli ini mengalami cedera pergelangan kaki saat melawan Italia. Kendati demikian, Mangia berharap Insigne segera pulih dan bisa kembali merumput saat laga babak semifinal. Sebagai ganti Insigne, Mangia kemungkinan akan memainkan  Alberto Paloschi.

Lima Pertemuan Terakhir

Norwegia U-21

8/6/2013              Norwegia            2-1          Inggris

5/6/2013              Israel     2-2          Norwegia

16/10/2012         Norwegia            5-3          Prancis

12/10/2012         Prancis 1-0          Norwegia

11/9/2012            Inggris   1-0          Norwegia

Italia U-21



9/6/2013              Italia      4-0          Israel

6/6/2013              Inggris   0-1          Italia

16/10/2012         Swedia                 2-3          Italia

13/10/2012         Italia      1-0          Swedia

10/9/2012            Italia      2-4          Irlandia

Prakiraan Susunan Pemain

Norwegia U-21
Ø Nyland (Gk); T. Rogne, Semb Berge, Strandberg, Singh, Eikrem, Johansen, Pedersen, Berget, Nielsen, Elabdellaoui

Italia U-21
Bardi (Gk); Caldirola, Donati, Biraghi, Bianchetti, Verratti, Florenzi, Immobile, Paloshci, Insigne, Gabbiadini, Saponara

Simak berita menarik lainnya : http://digital.solopos.com/file/11062013/

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya