SOLOPOS.COM - Gelandang serang Manchester United Danny Welbeck (kiri) melakukan selebbarasi bersama kawan setimnya seusai menciptakan gol ke gawang Swansea City . JIBI/Reuters/Phil Noble

Solopos.com, PIRAUES—Laga 16 besar Liga Champions, Rabu (26/4/2014) dini hari nanti mempertemukan Olympiakos vs Manchester United (MU). MU diunggulkan mengalahkan Olympiakos. Beberapa prediksi salah satunya Kantor Berita Antara menyebutkan MU unggul 2-1 atas lawannya itu.

Tim Setan Merah akan turun bertanding melawan Olympiakos Piraeus di Stadion Karaiskakis dalam laga pertama babak 16 besar Liga Champions 2013/2014 yang digelar pada Rabu dini hari, pukul 02.45 WIB. Pertandingan itu akan disiarkan oleh SCTV.

Promosi Tragedi Kartini dan Perjuangan Emansipasi Perempuan di Indonesia

Ini jelas musim yang sarat onak berduri bebatuan bagi David Moyes ketika membesut punggawa MU mengarungi semam belukar liga domestik. Penampilan Wayne Rooney ketika menapaki Liga Inggris (Premier League) boleh dibilang tidak taat asas, kerapkali dihiasi oleh gejolak hasil menang, imbang, bahkan kalah.

Peluang pasukan MU terbilang mengecil untuk merebut trofi Liga Inggris dan FA. Di klasemen pekan ke-27 Premier League musim kompetisi 2013/2014, posisi MU berselisih 11 poin dengan Liverpool yang kini bertengger di peringkat keempat, ambang batas zona Liga Champions.

Pasukan asuhan Moyes tidak langsung berkecil hati. Mereka menelan pil kebugaran dengan mengalahkan Crystal Palace 2-0 di laga Liga Inggris. Dua gol itu disumbangkan oleh dua pemain andalan mereka, Robin van Persie dan Wayne Rooney.

Dan Rooney mendapat warta gembira ketika ia menerima perpanjangan kontrak anyar di MU sampai 2019 pada Jumat pekan lalu, sementara performa van Persie terus bersinar setelah ia pulih dari cedera.

Pemain Belanda itu bukan tidak mungkin menjadi momok bagi lini pertahanan OIympiacos. Ketajaman van Persie terbukti, paling tidak ia telah membukukan 14 gol di semua kompetisi musim ini.

Hanya saja pelatih asal Skotlandia itu perlu lebih ekstra teliti mencermati kebugaran dari Phil Jones, Rafael da Silva, dan Jonny Evans. Ketiga pemain itu absen dalam pertandingan Sabtu pekan lalu di Selhurst Park, sedangkan Danny Welbeck boleh jadi siap bertanding setelah ia didera cedera.

Warta gembiranya, Darren Fletcher siap memperkuat skuad United melawan Olympiacos, dan Juan Mata yang baru saja direkrut dari Chelsea pada Januari lalu, belum siap benar memperkuat lini tengah United.

Olympiacos tidak ingin rendah diri. Pasukan asuhan pelatih Míchel González itu belum terkalahkan di ajang Liga Yunani. Mereka memang meraih rekor buruk dengan selalu beroleh kalah dalam empat pertandingan melawan MU.

Olympiacos lolos ke babak 16 besar Liga Champions lewat perjuangan dramatis, dengan finis di tempat kedua Grup C di belakang Paris St Germain.

Pasukan Michel itu baru saja mengaramkan OFI Crete dengan skor 4-0 pada pekan ini. Pertandingan itu juga diisi dengan hat-trick oleh striker Marko Scepovic.

Scepovic siap unjuk gigi melawan MU. Ia besar kemungkinan menempati posisi di lini depan yang ditinggalkan Javier Saviola. Pemain asal Argentina ini dikabarkan tidak turun melawan United.

Olympiacos punya amunisi yang siap meledakkan lini pertahanan United. Hernan Perez dan Ivan Marcano siap bertandingan pada laga melawan United kali ini, sementara Nelson Valdez yang bergabung sejak bulan lalu itu masih dibekap cedera.

Michel punya segudang pengalaman. Mantan gelandang Real Madrid, Barcelona dan Benfica ini telah membela timnas Spanyol dalam 66 pertandingan di era 1980-an dan 1990-an. Ia telah 12 bulan menjabat sebagai pelatih Olympiacos.

Pelatih berusia 50 tahun itu diberi tugas tidak ringan, salah satunya didaulat meloloskan Olympiacos sampai kuarter-final Liga Champions. Ini lantaran Michel punya modal pengalaman sebagai pelatih tim Real Madrid yunior.

Michel dikenal sebagai pelatih bertangan dingin karena melahirkan sejumlah pemain bintang yang kini malang melintang di Premier League, sebut saja Roberto Soldado, Alvaro Negredo, Javi Garcia, dan Juan Mata.

Olympiacos mengandalkan salah satu pemain bintangnya, yakni striker Konstantinos Mitroglou yang siap hengkang ke Fulham.Ia telah menorehkan 17 gol selama mengarungi Liga Yunani musim ini.

Lini pertahanan United yang kerapkali tampil rapuh bakal diuji oleh kelincahan Saviola yang baru saja pulih dari cedera, sementara Scepovic, yang mengemas hat-trick pada pekan ini masih belum tentu diturunkan melawan United.

Data dan fakta kedua tim:

* Olympiacos mengalahkan OFI Crete FC dengan 4-0 lewat gol yang diciptakan Machado di menit 39, Š?epovi? menit 42, 52, 88.
* Penampilan Š?epovi? cukup brilyan karena ia mampu mencetak hat-trick. Olympiacos belum pernah kalah dalam 19 pertandingan di semua kompetisi (16 kali menang, tiga kali imbang). Merujuk pada catatan rekor November tahun lalu, mereka meraih 24 kali kemenangan dari 26 pertandingan di ajang Liga Yunani.
* Manchester United mengalahkan Crystal Palace FC 2-0  (dengan gol yang dicetak Van Persie menit 62 lewat tendangan penalti, dan Rooney di menit 68).
* Wayne Rooney menerima perpanjangan kontrak sampai 2019 pada 21 Februari 2014. Ia bakal membukukan catatan 300 kali membela United dalam pertandingan Sabtu pekan lalu.
* Jonny Evans (cedera betis) dan Phil Jones tidak dibawa ke Piraeus meski Moyes masih membuka kemungkinan membawa pemain itu.

Prakiraan susunan pemain:

Olympiacos (4-2-3-1):

Roberto (penjaga gawang), Holebas, Marchado, Manolas, Leandro, Samaris, Maniatis, Perez, Ibagaza, Campbell, Olaitan.
Pemain cadangan:
Caroll, Pele, Papadoupoulos, Fuster, Bong, Megyeri, Scepovic.

Manchester United (4-2-3-1):  
De Gea (penjaga gawang), Rafael, Ferdinand, Vidic, Evra, Carrick, Fellaini, Valencia, Rooney, Januzaj, Van Persie.
Pemai cadangan:
Lindegaard, Smalling, Kagawa, Giggs, Fletcher, Hernandez, Young.

Narasi atas prediksi:
* Ada aura positif, dari hasil kemenangan melawan Crystal Palace, bahwa Manchester United sedang dalam kondisi siap tempur, apalagi laga ini merupakan laga pertaruhan harga diri, setelah tidak memperoleh hasil maksimal di ajang Premier League dan FA.



* Ketajaman duet Robin van Persie dan Wayne Rooney siap merobek jala lawan, apalagi kalau memang Jonny Evans dan Phil Jones jadi turun bertanding melawan Olympiacos.

* Marouane Fellaini makin menunjukkan diri sebagai pemain andalan United setelah melihat penampilannya beberapa pekan lalu, khususnya ketika mengalahkan Crystal Palace.

* Olympiakos tentu harus mengail manfaat sebesar-besarnya sebagai tuan rumah pertandingan leg pertama ini. Tim tuan rumah siap menggelontorkan serangan balik yang cepat ke jantung pertahanan United. Dan sasarannya kali ini Patrice Evra yang nota bene tidak lagi punya kecepatan.

* Bagi skuad Setan Merah, bertanding di luar Old Trafford kerapkali memacu motivasi mereka untuk meraih kemenangan. Hanya saja, Moyes perlu meningkatkan ketangguhan dan kekokohan lini tengah tim asuhannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya