SOLOPOS.COM - Ilustrasi pertandingan Persebaya Surabaya vs Persija Jakarta.

Solopos.com, SOLO–Persebaya Surabaya akan duel dengan Persija Jakarta pada pekan ke-33 lanjutan BRI Liga 1 musim 2022/2023 di Stadion Gelora Joko Samudro, Gresik, Jawa Timur, Rabu (5/4/2023) malam ini pukul 20.30 WIB.

Pada bigmatch yang akan disiarkan langsung oleh Indosiar itu, Persebaya dan Persija akan sama-sama ngotot untuk memenuhi target masing-masing. Persebaya tak ingin rekor belum terkalahkan saat melawan Persija sejak Liga 1 musim 2018 ternoda.

Promosi Liga 1 2023/2024 Dekati Akhir, Krisis Striker Lokal Sampai Kapan?

Sebaliknya, Persija di bawah asuhan Thomas Doll ingin mengakhiri rekor buruk pertemuan dengan Persebaya tersebut. Tak hanya, Persija membawa misi wajib menang karena ingin merecoki Persib Bandung agar bisa bertengger di peringkat dua klasemen sementara.

Persija berada di peringkat tiga klasemen sementara dengan raihan 57 poin dari 31 laga, 17 kali menang, enam seri, dan delapan memetik kekalahan.

Persebaya memiliki modal bagus dalam pertarungan adu gengsi malam nanti. Anak asuh Aji Santoso mencatatkan kemenangan pada dua laga terakhir.

Dikutip dari ligaindonesiabaru.com, skuad Bajol Ijo memetik kemenangan 2-1 saat bertandang ke markas PSIS Semarang, pada Rabu (29/3/2023) lalu.

Pada pekan sebelumnya, Persebaya memenangi duel di kandang sendiri dengan Persikabo dengan skor 3-2, Sabtu (25/3/2023).

Persija juga mencatatkan hasil positif pada laga terakhir saat menjamu Persib Badung dengan skor 3-2, Jumat (31/3/2023).

Namun, pada laga sebelumnya melawan Persita Tangerang, Persija harus mengakui keperkasaan lawan. Tim ibu kota itu kalah dengan skor 0-1 pada Selasa (3/4/2023).

Saat ini Persebaya diterpa isu-isu miring terkait dengan masa depan sejumlah pemain. Itu diharapkan tidak menganggu konsentrasi para pemain.

Juru taktik Persebaya Aji Santoso meminta seluruh pemainnya untuk menjaga profesionalitas dengan menghormati kontraknya hingga selesai dan tidak menghiraukan informasi atau berita yang kurang akurat.

“Yang jelas pemain harus profesional, harus main sesuai durasi kontraknya, saya meminta itu aja nggak usah terpengaruh dengan info-info yang beredar karena terkadang tidak akurat,” kata Aji dalam keterangannya di Surabaya, Rabu.

Pelatih asal Malang tersebut mencontohkan Muhammad Hidayat yang saat ini lagi ramai dibicarakan oleh para suporter Persebaya bahwa dirinya akan hengkang.

“Saya ketawa saja, Hidayat juga ketawa, kami sudah ketemu dan sudah pasti dipercaya, ini berita-berita tidak akurat dari mana, soalnya saya tidak pernah menyampaikan bahwa Hidayat saya ragukan untuk bermain di musim depan,” ujarnya.

Selain itu, dirinya sudah berbicara dengan Hidayat untuk tidak khawatir terkait persoalan tersebut karena memang tidak pernah ada pembahasan seperti itu.

Terpisah, pelatih Persija Jakarta Thomas Doll tetap menganggap penting pertandingan melawan Persebaya Surabaya, malam nanti, meski saat ini Macan Kemayoran sudah tidak lagi memiliki kesempatan menjadi juara Liga 1 musim ini.

PSM Makassar sudah ditahbiskan menjadi juara Liga 1 musim 2022/2023 berkat selisih poin yang unggul jauh di atas dua pesaing terdekatnya, yakni Persib Bandung dan Persija.

Namun perebutan posisi kedua menjadi penting karena klub akan memiliki peluang mendapat tiket bertarung di kompetisi level Asia.

“Dan selalu penting, kami juga harus berjuang untuk memiliki motivasi untuk pertandingan besok karena semua orang tahu berapa banyak energi yang terkuras saat derby [melawan Persib Bandung]. Dan itu juga penting, karena kami berjuang bukan hanya demi peringkat ketiga namun juga untuk peringkat kedua. Itu adalah target yang baik untuk semuanya,” kata Doll konferensi pers di Stadion Gelora Joko Samudro, Gresik, dikutip dari Antara, Rabu.

Prediksi Susunan Pemain
Persebaya Surabaya (4-3-3):

Ernando Ari; Alta Ballah, George Brown, Leo Lelis, Arief Catur; Muhammad Hidayat, Alwi Slamat, Brylian Aldama; Ahmad Nufiandani, Supriadi, Paulo Victor.

Pelatih: Aji Santoso

Persija Jakarta (3-4-3):

Andritany Ardhiyasa; Ondrej Kudela, Maman Abdulrahman, Hansamu Yama; Firza Andika, Resky Fandi, Syahrian Abimanyu, Rio Fahmi; Witan Sulaeman, Osvaldo Haay, Aji Kusuma.



Pelatih: Thomas Doll

Head to Head 5 Pertemuan Terakhir

Sejak Liga 1 2018, Persebaya masih menjaga rekor belum pernah dikalahkan Persija. Pada lima pertemuan terakhir, Persebaya mencatatkan dua kali menang dan tiga kali seri.

-16/12/2022 Persija Jakarta 1-1 Persebaya Surabaya
-14/2/2022 Persebaya Surabaya 2-2 Persija Jakarta
-26/10/2021 Persija Jakarta 0-1 Persebaya Surabaya
-17/12/2019 Persija Jakarta 1-2 Persebaya Surabaya
-24/8/2019 Persebaya Surabaya 1-1 Persija Jakarta

Pada duel ini Persebaya lebih diunggulkan karena beberapa hal di atas, yakni memiliki modal bagus karena dua pertemuan sebelumnya menang, bermain di depan publik sendiri sehingga akan meningkatkan motivasi para pemain, dan memiliki obsesi mempertahankan rekor belum pernah dikalahkan Persija sejak 2018.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya