SOLOPOS.COM - Persis Solo dikalahkan Martapura FC 1-2

Stadion Ketonggo, Ngawi Rabu (5/3/2014) Pukul 15.30 WIB


Solopos.com, SOLO—Pertarungan uji coba Persis Solo di markas tim promosi Divisi Utama, Persinga Ngawi, Stadion Ketonggo, Ngawi, Rabu (5/3/2014) sore nanti, bakal menjadi panggung untuk menguji mental anak didik Widyantoro.

Promosi Moncernya Industri Gaming, Indonesia Juara Asia dan Libas Kejuaraan Dunia

Sudah sejak lama Widyantoro mendambakan agar skuatnya bisa turun di luar kandang. Setelah sempat tertunda karena persoalan izin, Persis akhirnya akan menjajal kekuatannya di kandang Persinga. Laga di Stadion Ketonggo ini bakal menjadi pertandingan tandang pertama bagi Marcelo Cirelli dkk. menjelang bergulirnya Divisi Utama 2014, April nanti.

Sejak mulai terbentuk pada November silam, Persis telah melakoni sekitar 12 laga uji coba termasuk melawam tim-tim internal, dengan menghasilkan total sekitar 43 gol dan membukukan lima kali clean sheet. Namun semua pertandingan tersebut dilakoni Yanuar Ruspuspito dkk. di hadapan publiknya sendiri.

Persis merasa perlu keluar dari zona nyaman. Untuk itu, bentrok di kandang Laskar Ketonggo, julukan Persinga, benar-benar akan dimanfaatkan Widyantoro untuk mengukur sejauh mana ketahanan mental anak didiknya ketika mendapatkan tekanan pada laga away.

“Di laga away, para pemain tentu akan mendapatkan tekanan yang lebih besar. Baik itu dari pemain tuan rumah, suporternya dan wasit tentu juga akan lebih banyak tekanan. Tekanan itu yang tidak dirasakan pemain ketika mereka turun di kandang sendiri,” beber Wiwid, sapaan Widyantoro, ketika dijumpai wartawan di Mes Pemain Persis, Purwonegaran, Sriwedari, Solo, Selasa (4/3).

Wiwid dipastikan akan mengusung skema tandang 4-2-3-1. Dalam formasi ini, arsitek asal Magelang tersebut menginginkan anak asuhnya berkonsentrasi menguasai bola selama mungkin dan tak bernafsu untuk menyerang.

“Saya ingin anak-anak main sabar, menguasai ball position selama mungkin, bertahan dahulu, lalu menunggu momentum yang tepat untuk menyerang dengan cepat lewat,” terangnya.

Celakanya, skenario itu terancam tidak bisa berjalan sempurna di Stadion Ketonggo. Pasalnya, Laskar Sambernyawa secara mendadak dihantam badai cedera. Setidaknya, empat pilarnya akan absen di Ketonggo yakni Ferry Anto (hamstring), Tinton Suharto (engkel), Andrid Wibawa (kaki kiri) dan Hendri A.

“Tapi kami masih memiliki banyak stok pemain yang bisa mengisi posisi mereka. Untuk posisi Andrid masih ada Bayu Nugroho, Wowot [Agung B.P] dan lain-lain. Hendri yang biasa di bek kiri juga bisa ganti dengan Fandi Edy,” ulas Wiwid tentang alternatif pemain pengganti.

Sementara itu, pelatih Persinga Ngawi, Rully Nere, menyatakan tidak terlalu mempedulikan hasil akhir ketika meladeni Persis. Apalagi, pekan ini anak didiknya masih dalam taraf program peningkatan fisik.

“Pekan ini sebenarnya untuk fisik, tidak untuk uji coba. Skuat kami pun masih mentah. Berbeda dengan Persis yang sudah lama melakukan persiapan secara matang. Mereka juga sudah sejak lama di Divisi Utama. Jadi saya tidak akan memikirkan menang atau kalah,” beber nakhoda asal Papua tersebut, ketika dihubungi lewat telepon.

Ke: Dari kanan ke kiri
Perkiraan Formasi
Persinga Ngawi (4-4-2) Pelatih : Rully Nere
Erik Ardiles
Imam, Trio Pambudi, Bojan Petric, Agus Mukodi
Haris Adiyatama, Joko Tetuko, Edi Santoso, Afif Rosidi
Zuhri, Herman
Persis Solo (4-2-3-1) Pelatih : Widyantoro
Agung Prasetyo
Dwi Joko, Cirelli, Liswanto, Fandi Edy
Yunet H.W, M. Wahyu
Bayu Nugroho, Mbom Julien, Agung “Wowot”
Ainudin

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya