SOLOPOS.COM - Filipina vs Indonesia

Solopos.com, MANILA—Bermaterikan pemain-pemain muda dari liga dalam dan luar negeri, performa Indonesia berada sedikit di atas skuat Filipina. Indonesia kini memiliki kans ke semifinal Piala AFF 2022, sedangkan Filipina sudah tersingkir dari turnamen sepak bola tingkat ASEAN itu.

Namun Filipina bisa mendatangkan kesulitan bagi Indonesia pada terakhir Grup A Piala AFF 2022 di Stadion Rizal Memorial, Manila, Senin (2/1/2023), mulai pukul 19.30 WIB.

Promosi Sejarah KA: Dibangun Belanda, Dibongkar Jepang, Nyaman di Era Ignasius Jonan

Faktor nonteknis menjadi penyebabnya. Pertama, tentu saja, Filipina bermain di kandang sendiri. Mereka akan mendapatkan dukungan langsung dari publik Filipina. Kedua, pertandingan itu akan digelar di stadion dengan lapangan yang terbuat rumput buatan.

Perkara rumput artifisial tersebut dapat memunculkan masalah bagi skuat Garuda karena semua pemain Indonesia tidak ada yang rutin bermain di lapangan sejenis. Mereka cuma sesekali mencobanya yakni ketika berlaga di pertandingan atau turnamen tertentu.

Rumput buatan akan membuat pergerakan bola lebih cepat daripada di kondisi alami. Pantulan bola pun berbeda sehingga perlu adaptasi untuk mengendalikannya.

Itu belum lagi ditambah risiko cedera yang mengintai, setidak-tidaknya lecet di kulit lantaran bergesekan dengan permukaan rumput yang kasar.

Lalu faktor terakhir, Filipina berada dalam motivasi besar untuk menampakkan permainan gemilang karena pertandingan versus Indonesia menjadi laga terakhir sang kapten Stephan Shrock di tim nasional.

Shrock, gelandang serang blasteran Jerman-Filipina, akan menutup karier 11 tahunnya di Timnas Filipina. Pesepak bola berumur 36 tahun itu begitu emosional saat mengumumkan pertandingan pamungkasnya di timnas dan bertekad memberikan yang terbaik untuk terakhir kalinya.

Timnas Indonesia, yang mengincar kemenangan dengan selisih skor besar demi lolos ke semifinal sebagai juara Grup A, tentu saja mesti waspada.

Pelatih Indonesia Shin Tae-yong sudah mengantisipasi setiap kemungkinan. Dia meminta pemain fokus sepanjang laga dan menuntaskan setiap peluang yang ada menjadi skor.

 

Masalah Finishing

Sejatinya, Indonesia hanya perlu hasil imbang untuk berangkat ke babak empat besar Piala AFF 2022. Akan tetapi, karena mengincar posisi juara Grup A supaya mendapatkan beberapa keuntungan seperti memiliki waktu istirahat lebih panjang sebelum bertarung di semifinal, berhak tandang di leg pertama empat besar dan terhindar dari juara Grup B yang kemungkinan besar direbut Vietnam, Indonesia mesti menang besar atas Filipina.

Itu demi melampaui selisih Thailand yang pada pertandingan pamungkasnya akan menjamu Kamboja di Thailand, juga pada Senin (2/1).

Untuk itu, Shin Tae-yong meminta para pemainnya untuk tampil efektif dan sebisa mungkin memanfaatkan setiap peluang. Kualitas finishing atau penyelesaian akhir Timnas Indonesia pada tiga laga Grup A Piala AFF 2022 kerap mendapatkan sorotan lantaran dianggap tidak efektif.

Shin terus mengasah kemampuan pemainnya dalam setiap kesempatan dengan harapan mereka tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk menang. “Kami tidak akan lengah saat menghadapi Filipina. Kami akan memberikan yang terbaik seperti final, tetapi harus pula hati-hati agar tidak cedera di lapangan sintetis,” ujar Shin.

Sementara pelatih Filipina Josep Ferre akan mengantisipasi gelombang serangan Indonesia. Fere pun menyiapkan stgrategi khusus bagi The Azkals, salah satunya tidak membiarkan Indonesia melepaskan umpan-umpan silang ke kotak penalti. Operan panjang (direct) skuat Garuda juga disebutnya perlu diperhatikan saksama.

Dia juga akan tampil bertahan dan mencuri celah melalui serangan balik.

Dari catatan pertemuan sejak 1958, laman 11v11.com memaparkan Indonesia dan Filipina sudah berjumpa 24 kali dengan Indonesia memenangkan 19 laga. Filipina cuma unggul satu kali dan empat sisanya tuntas dengan hasil seri.

Jika mampu mengandaskan perlawanan Filipina di Piala AFF 2022, itu akan menjadi kemenangan pertama Indonesia atas The Azkals sejak 2014.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya