SOLOPOS.COM - Salah satu pemain yang akan memperkuat Spanyol, Xavi Hernandez (JIBI/SOLOPOS/Reuters)

Salah satu pemain yang akan memperkuat Spanyol, Xavi Hernandez (JIBI/SOLOPOS/Reuters)

FORTALEZA--Duel final Euro 2012 tak pelak bakal membayangi pertemuan Spanyol kontra Italia di semifinal Piala Konfederasi 2013. Tapi kedua kubu sepertinya sudah sepakat untuk melupakan memori yang terjadi setahun silam itu dan memilih menghadapi fakta terbaru saat ini.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Di pergelaran Euro 2012, Spanyol dua kali bertemu Italia. Di fase grup, pertemuan mereka berakhir imbang 1-1. Namun di babak pamungkas, Spanyol menunjukkan superioritasnya dengan menggilas Gli Azzurri, julukan Italia, dengan empat gol tanpa balas.

Bentrok Spanyol versus Italia di semifinal Piala Konfederasi 2013 di Stadion Governador Placido, Fortaleza, Jumat (28/6/2013) dini hari WIB, tak ubahnya akan menjadi pertemuan dua musuh lama yang memiliki catatan sejarah di panggung besar sepak bola dunia. Masing-masing tim sudah saling memahami detail permainan rival. Apalagi, materi kunci kedua kubu yang akan turun di Fortaleza diperkirakan tidak akan jauh berbeda ketika final Euro tahun lalu.

La Furia Roja, julukan Spanyol, kembali akan menurunkan generasi emas yang diperkuat Xavi Hernandez dkk ketika mengklaim trofi Piala Dunia 2010, Euro 2008 dan 2012. Sedangkan dari kubu Italia tetap akan mengandalkan kombinasi pemain gaek dan mudanya, yang dimotori Andrea Pirlo dan Gianluigi Buffon. Hanya persoalan cedera pemain yang akan membedakan starting XI pada kubu Spanyol dan Italia di Brazil ini, dibandingkan babak pamungkas Euro tahun lalu.

Mampukan pasukan Vicente del Bosque melumat Italia di Fotaleza nanti? Spanyol difavoritkan lolos ke final ketimbang Italia. Prediksi itu diperkuat dengan banyaknya pemain Negeri Pizza yang sudah dipulangkan dari Piala Konfederasi karena cedera, termasuk bomber utama mereka, Mario Balotelli.

Secara statistik penampilan di fase grup, La Furia Roja juga lebih unggul ketimbang pasukan Cesare Prandelli. Andres Iniesta dkk yang tak terkalahkan dalam 27 laga secara beruntun di berbagai kompetisi, lolos ke semifinal Piala Konfederasi sebagai juara Grup B, dengan nilai sempurna dalam tiga laga, plus menjadi tim teragresif dibanding kontestan lain, dengan 15 gol. Sedangkan Gli Azzurri menelan sekali kekalahan dari tiga laga di Grup A. Pertahanan Italia juga tampak karut-marut, setelah gawang Gianluigi Buffon kebobolan delapan gol selama fase grup.

Meski demikian, Del Bosque meminta anak buahnya untuk melupakan kejayaan di Euro 2012. Eks manajer Real Madrid tetap menganggap Italia sebagai tim berbahaya. Spanyol tak mau menutup mata, dendam Negeri Pizza sangat mungkin menjadi batu sandungan Spanyol terkualifikasi ke Maracana, lokasi final Piala Konfederasi 2013.

“Mereka [Italia] punya pemain muda dan veteran, dan mereka punya motivasi ekstra karena mereka akan turun untuk balas dendam. Italia punya mental bersaing yang kuat dan mereka selalu tunjukkan itu, meski hasil terakhir mereka [kalah] melawan kami,” urai bek Spanyol, Sergio Ramos, dilansir fifa.com, Rabu (26/6/2013).

Jika Spanyol ingin melupakan final Euro 2012 untuk meredam kesombongan dan meningkatkan kewaspadaan mereka menghadapi Italia, maka Italia wajib melupakan peristiwa setahun lalu itu untuk mengatasi trauma. Kiper Gli Azzurri, Gianluigi Buffon mengakui Spanyol merupakan tim terbaik di dunia dengan pencapaian yang sulit ditandingi negara lain. Namun, penggawa Juventus menegaskan timnya tidak takut kembali berhadapan dengan Spanyol dan siap memberi perlawanan lebih sulit ketimbang final Euro 2012.

“Penampilan kami di Euro 2012 tak akan terulang dan kami akan kerahkan semuanya untuk lolos ke final [Piala Konfederasi]. Kami tahu Spanyol tim terkuat saat ini, namun Italia juga tim bagus dan kami akan menilipatkan semangat bertarung. Semua pemain harus memastikan Spanyol bakal bekerja keras untuk bisa mengalahkan kami,” beber Buffon, dilansir marca.com.

Prakiraan Starting XI

Spanyol (4-3-3): Iker Casillas; Álvaro Arbeloa, Sergio Ramos, Gerard Piqué, Jordi Alba; Xavi, Sergio Busquets, Cesc Fàbregas; Andrés Iniesta, Fernando Torres, Pedro

Italia (3-5-2): Gianluigi Buffon; Giorgio Chiellini, Leonardo Bonucci, Andrea Barzagli; Emanuele Giaccherini, Daniele De Rossi, Andrea Pirlo, Claudio Marchisio, Christian Maggio; Alberto Gilardino, Sebastian Giovinco

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya