SOLOPOS.COM - Para penggawa tim juara dunia Spanyol merayakan gol ke gawang Georgia pada laga pamungkas kualifikasi Piala Dunia 2014 Zona Eropa di Stadion Carlos Belmonte, Albacete, Rabu (16/10/2013) dini hari WIB. Spanyol menang 2-0 atas Georgia. REUTERS/Juan Medina

Live RCTI, Kamis (6/3) Pukul 04.00 WIB

Solopos.com, MADRID—Diego Costa bakal menjadi salah satu magnet pada pertarungan persahabatan yang mempertemukan dua tim juara dunia, Spanyol versus Italia, di Stadion Vicente Calderon, Madrid, Kamis (6/3/2014) dini hari WIB.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Penggemar sepak bola di hampir seluruh penjuru dunia mungkin memgetahui Costa merupakan pria yang terlahir di Brasil. Namun pemain berusia 25 tahun tersebut secara kontroversial memutuskan untuk memilih Spanyol dibandingkan mengibarkan panji negaranya sendiri di sepak bola internasional.

Keputusan itu sempat membuat Brasil sangat geram. Apalagi Costa sebenarnya telah menjalani dua laga bersama tim asal Negeri Samba. Sebaliknya Spanyol yang telah dipenuhi segudang menyambutnya dengan tangan terbuka, tak terkecuali pelatih Vicente Del Bosque.

Sosok Costa memang pantas dijadikan rebutan. Bersama Atletico, striker dengan tinggi badan 1,88 meter tersebut muncul sebagai predator dengan 20 gol di berbagai kompetisi pada musim 2013/2014. Musim ini, Costa semakin subur dengan 27 gol di tiga kompetisi berbeda.

Kemonceran Costa akhirnya membuat hati Del Bosque luluh. Naturalisasi pemain yang semula dianggap tabu di Negeri Matador seolah diabaikan begitu saja.

“Dia [Costa] adalah kasus yang tak biasa, karena dia tidak pernah dipanggil sebelumnya dan karena dia lahir di Brasil. Namun dia pemain yang bisa dipanggil setelah apa yang sudah dibuktikannya bersama klubnya dan karena kami yakin dia bisa membantu kami. Itu alasan kami memanggilnya, tak ada alasan lain,” jelas Del Bosque, dilansir Soccerway, Selasa (4/3).

Hati dan pikiran Costa telah benar-benar menyatu dengan Timnas Spanyol. Namun, dirinya masih perlu membuktikan penampilannya. Pertandingan kontra Italia pun menjadi panggung tepat bagi Costa untuk mencuri perhatian dunia dalam debutnya bersama La Furia Roja. Apalagi dirinya akan turun di markas klubnya sendiri di Vicente Calderon.

Meski berlabel laga persahabatan, rivalitas kedua tim juara dunia ini tak bisa dikesampingkan. Spanyol dan Gli Azzurri, julukan Italia, bukanlah musuh asing. Mereka empat kali dipertemukan dalam tiga tahun terakhir, di mana Spanyol hanya sekali kalah ketika bersua di laga persahabatan pada Agustus 2011.

Perjumpaan terakhir kedua tim bahkan masih membekas sampai sekarang, yakni ketika mereka terlibat duel adu penalti dengan skor 7-6 untuk Spanyol di semifinal Piala Konfederasi di Brasil, medio tahun lalu.

Secara mengejutkan, Del Bosque tak menyertakan dua bomber lawasnya, David Villa dan Fernando Torres dalam 22 daftar pemain yang dibawanya melawan Italia. Maka tak menutup kemungkinan, Costa akan langsung dipasang sebagai starter dalam debutnya bersama La Furia Roja. Dia diperkirakan akan dipasang sebagai striker tengah dengan didampingi Cecs Fabregas dan Pedro.

Sementara pelatih Italia, Cesare Prandelli, tak sungkan mencoret gelandang AS Roma, Danielle De Rossi, yang dihukum tiga laga akibat memukul pemain Inter Milan, Mauro Icardi pada laga di Seri-A, pekan lalu. Selain itu, Azzurri tak akan diperkuat Mario Balotelli yang dibebat cedera bahu. Namun Prandelli nekad memanggil bek Juventus, Giorgio Chiellini, yang baru pulih dari cedera paha.

Meski mendapat protes keras dari pelatih Juventus, Antonio Conte, Prandelli tetap memasukkan nama bek Italiano tersebut untuk melawan Spanyol di laga pemanasan menjelang Piala Dunia 2014 ini.

“Kami selalu berhubungan dengan semua pelatih di klub-klub. Dokter kami telah mengontak dokter klub dua pekan lalu sebelum pengumuman skuat. Jika pemain bisa masuk dalam bangku cadangan klubnya, itu berarti saya bikin kuputusan yang benar,” tegas Prandelli, dilansir Football Italia.

Perkiraan Formasi
Spanyol (4-3-3) Pelatih : Vicente del Bosque
Casillas; Juanfran, Albiol, Ramos, Alba; Xavi, Busquets, Iniesta; Pedro, Costa, Fabregas

Italia (4-3-3) Pelatih : Cesare Prandelli
Buffon; Abate, Astori, Bonucci, Criscito; Montolivo, Pirlo, Motta; Candreva, Destro, Cerci

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya