SOLOPOS.COM - Cesare Prandelli (JIBI/SOLOPOS/Reuters)

Cesare Prandelli (JIBI/SOLOPOS/Reuters)

FORTALEZA–Badai cedera pemain membuat kepala pelatih Timnas Italia, Cesare Prandelli, cenat-cenut saat mempersiapkan formasi untuk menghadapi Spanyol di semifinal Piala Konfederasi 2013 di Stadion Governador Placido, Fortaleza, Jumat (28/6/2013) dini hari WIB.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Gli Azzurri, julukan Italia, dipastikan tidak akan diperkuat striker andalannya, Mario Balotelli [cedera otot paha kiri] dan defender Ignazio Abate [cedera bahu] saat menghadapi La Furia Roja, julukan Spanyol. Kedua pemain AC Milan itu bahkan sudah dipulangkan dari Brazil karena cedera mereka diragukan bisa pulih sampai Piala Konfederasi berakhir.

Problem kondisi kebugaran fisik juga menghantui Riccardo Montolivo dan Stephan El Shaarawy di Fortaleza. Sedangkan playmaker Andrea Pirlo masih diragukan bisa pulih dari cedera betis yang melilitnya. Absennya sejumlah pemain pilar, membuat Prandelli memeras otak lebih keras.

Sesi latihan pertama Italia menjelang laga kontra Spanyol di Fortaleza pun dilakukan secara tertutup, Selasa (25/6/2013) waktu setempat. Namun seorang sumber dari La Gazzetta dello Sport berhasil mengintip latihan itu. Dalam latihan itu, Prandelli menunjukkan lampu hijau menguji formasi baru 3-4-2-1 ketika melawan Spanyol.

Di barisan belakang, Italia kemungkinan akan menurunkan Andrea Barzagli, Leonardo Bonucci dan Giorgio Chiellini untuk menjadi tembok pertahanan di depan kiper Gianluigo Buffon. Tanpa Abate, beban trio defender Gli Azzurri itu diprediksi semakin berat untuk membendung serangan Spanyol, tim terproduktif di Piala Konfederasi 2013.

Pertahanan Italia memang sedang menjadi sorotan setelah kebobolan delapan gol dalam fase grup. Pertahanan gerendel ala catenacio yang melekat pada Gli Azzurri seolah tinggal menjadi butiran debu ketika dibobol empat gol oleh Brazil dan tiga gol oleh Jepang. Kendati demikian, Italia percaya pertahanan rapat bukan jaminan menang ketika melawan Spanyol. Setidaknya turun dengan tiga bek, cukup berhasil ketika Italia menahan imbang 1-1 Spanyol di fase grup Euro 2012.

Wakil Presiden Federasi Sepak Bola Italia (FIGC), Demetrio Abertini, menegaskan timnya akan menakut-nakuti Spanyol tanpa menutup tembok pertahanan mereka.

“Spanyol merupakan tim hebat yang bisa menguasai bola dalam tempo lama dan ini akan jadi tantangan sulit bagi kami,” jelas Albertini, dilansir Football Italia, Rabu (26/6/2013).

Dalam sesi latihan itu, Prandelli juga memasang Emanuele Giaccherini and Christian Maggio sebagai pemain sayap untuk menopang pergerakan Daniele De Rossi dan Pirlo. De Rossi dan Pirlo kembali bergabung ke latihan setelah masing-masing terkena suspensi dan cedera betis. Lantas siapakah yang pantas menggantikan Balotelli?

Posisi Super Mario, julukan Balotelli, memang sulit tertandingi di lini depan Italia. Makanya Prandelli harus cepat-cepat menyusun alternatif pengganti Super Mario ketika melawan Spanyol. Pemain Bologna, Alberto Gilardino pun dijajal sebagai ujung tombak di sesi latihan.

“Absennya Balotelli sangat penting. Kami tahu betapa kuatnya Mario dan dia ingin ikut membalas Spanyol. Tapi bagaimana pun juga, gol-gol Gilardino selama ini memberi bukti ketajamannya. Dia juara Piala Dunia dan saya yakin dia akan melakukan dengan baik,” tukas pemain Italia, Claudio Marchisio.

Absennya Balotelli di semifinal tidak lantas membuat atensi Spanyol mengendur. Bek La Furia Roja, Sergio Ramos, sangat yakin siapa pun pengganti Super Mario, dia tetap berpotensi mengancam gawang Iker Casillas. “Balotelli membuat perbedaan, namun dia akan digantikan pemain lain dengan kualitas yang sama, bahkan lebih baik,” urai Sergio Ramos, dilansir fifa.com.

Spanyol nyaris tidak memiliki masalah serius dalam materi timnya. Hanya Cesc Fabregas dan Roberto Soldado yang mengalami masalah kebugaran minor. Hal itu membuat pelatih Vicente del Bosque yang kerap menurunkan penyerang palsu alias false nine, kemungkinan akan kembali menerjunkan striker murni.

Peluang Fernando Torres sebagai ujung tombak Spanyol ketika melawan Italia menjadi terbuka. Setidaknya, dalam jajak pendapat marca.com, menunjukkan Torres mendapatkan dukungan 55,5 persen suara dari fans, mengalahkan Soldado yang hanya meraup 26,6 persen dukungan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya