SOLOPOS.COM - Para pemain Arsenal melakukan selebrasi seusai menjebol gawang Liverpool pada lanjutan laga Liga Premier di Etihad Stadium, Minggu (3/11/2013) dini hari WIB. JIBI/Solopos/Reuters

Solopos.com, LONDON – Arsenal mengejar peluang bertengger sendirian di puncak klasemen Liga Premier saat melakukan lawatan singkat ke West Ham United pada laga Boxing Day di Stadion Upton Park, Kamis (26/12).

Arsenal kehilangan kesempatan merayakan Natal sebagai penguasa tunggal puncak klasemen setelah diimbangi Chelsea tanpa gol di awal pekan ini. Meski mengumpulkan jumlah poin yang sama, 36, Arsenal berada di peringkat dua karena kalah selisih gol dengan pemimpin klasemen, Liverpool.

Promosi Ayo Mudik, Saatnya Uang Mengalir sampai Jauh

Namun jika menang atas West Ham, The Gunners akan kembali sendirian bertengger di puncak klasemen setidaknya dalam beberapa jam apabila pada laga lebih telat Liverpool mengalahkan Manchester City. Tapi kans itu akan menguap jika Arsenal gagal mendapatkan hasil positif dalam lawatan ke West Ham.

Di masa sulit seperti ini, Arsenal patut waspada tergelincir dalam derby London tandang ke-100 di liga mengingat laju mereka menurun dalam beberapa pertandingan terakhir. Pasukan Meriam London Utara hanya mengemas dua poin dari tiga pertandingan terakhir mereka di liga, imbang di kandang saat menghadapi Everton dan Chelsea serta ditekuk Manchester City dengan skor telak 3-6.

Serentetan hasil mengecewakan itu membuat Arsenal kehilangan tampuk kepemimpinan klasemen yang direbut Liverpool karena keunggulan selisih gol. Padahal pada akhir November Arsenal perkasa di puncak klasemen dengan keunggulan tujuh poin.

Meski kesulitan dalam beberapa laga terakhir, manajer Arsenal, Arsene Wenger, yakin pasukannya masih menggenggam prospek cerah menjuarai Liga Premier. Bahkan Wenger menyebut prospeknya lebih bagus ketimbang yang terlihat di awal musim. “Spirit para pemain sangat luar biasa fokus dan ada sebuah hasrat besar,” ujar Wenger dilansir Zeenews, Rabu (15/12).

“Kami melalui periode sedikit sulit, namun dengan spirit yang kami miliki, kami mampu melewati itu semua. Ayo lebih serius. Setelah pertandingan pertama lawan Aston Villa [kalah 1-3 di kandang], jika saya mengatakan kami akan memuncaki klasemen, Anda semua akan mengatakan saya benar-benar gila, jadi tak perlu khawatir berlebihan,” sambung Wenger.

Jauh lebih parah dari yang dialami Arsenal, sejauh ini tim tuan rumah West Ham mengalami musim mengecewakan. Mereka hanya memetik tiga kemenangan dalam 17 pertandingan liga dan kini berada di bawah ancaman zona degradasi.

The Hammers, julukan West Ham, juga tidak mengantongi rekor bagus dalam pertemuan lawan Arsenal. Pasukan Sam Allardyce menelan lima kekalahan dari enam laga kandang lawan Arsenal. West Ham juga tak pernah menang lawan Arsenal dalam 11 pertemuan terakhir. Kali terakhir West Ham mengalahkan Arsenal saat menang 1-0 di Liga Premier pada 7 April 2007.

“Ini sebuah ujian sulit bagi kami dan akan menjadi perjalanan panjang untuk keluar dari posisi ini [papan bawah klasemen]. Kami hanya harus memastikan tidak melakukan kesalahan seperti yang kami lakukan di babak pertama pertandingan akhir pekan lalu [kalah 1-3 dari Manchester United],” ujar Allardyce di situs resmi klub seperti dilansir Soccerway.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya