SOLOPOS.COM - Presiden FIFA Gianni Infantino. (Instagram/gianni_infantino).

Solopos.com, SOLO–Presiden FIFA Gianni Infantino menyebut Piala Dunia U-17 adalah ajang sempurna untuk melahirkan pemain muda berbakat yang akan bersinar di panggung dunia di masa depan.

Oleh karena itu, dia sangat bersemangat memulai turnamen sepak bola kelompok umur 17 tahun terakbar yang digelar di Indonesia, 10 November-2 Desember 2023 itu.

Promosi Tragedi Kartini dan Perjuangan Emansipasi Perempuan di Indonesia

Infantino menyampaikan hal tersebut melalui unggahan di akun pribadi Instagram, gianni_infantino, Minggu (10/9/2023) malam WIB.

Dia mengunggah fotonya dalam posisi berdiri sembari menunjukkan plakat bergambar bendera Indonesia Merah Putih di bawahnya tertera tulisan Indonesia 2023.

Plakat itu juga disertai logo Piala Dunia U-17 di sisi kiri, di bawahnya bertuliskan The FIFA U-17 World Cup 2023.

Pada unggahannya, Infantino menginformasikan Piala Dunia U-17 digelar di negara yang indah yakni Indonesia. Turnamen itu disebutnya tinggal dua lagi.

“Piala Dunia U-17 FIFA 2023, yang akan diselenggarakan oleh negara yang indah Indonesia, hanya tinggal dua bulan lagi dan saya sangat bersemangat untuk turnamen ini dimulai!,” tulis Gianni Infantino.

Dia melanjutkan pada edisi sebelum-sebelumnya, Piala Dunia U-17 menampilkan banyak pemain belia yang di masa depan menjadi ikon dalam dunia sepak bola dan merah prestasi tinggi, termasuk menjadi juara Piala Dunia.

Hanya, Infantino tak menyebut contoh pemain besar siapa saja yang dilahirkan dari ajang Piala Dunia U-17 sebelumnya. Informasi yang dihimpun Solopos.com, pemain bola top dunia jebolan Piala Dunia seperti gelandang Jerman yang kini bermain di Real Madrid Toni Kroos, gelandang spanyol Cesc Fabregas, dan lainnya.

Toni Kroos menjadi pemain terbaik di Piala Dunia U-17 pada 2007. Sedangkan, mantan pemain Arsenal Fabregas adalah jebolan Piala Dunia U-17 2003 Finlandia yang ketika menjadi pemain terbaik dan top skor.

Infantino menilai fakta tersebut merupakan bukti bahwa panggung global yang disediakan FIFA melalui berbagai turnamen remaja, termasuk Piala Dunia U-17, adalah wadah yang sempurna bagi bakat-bakat muda.

“Ucapan terbaik saya untuk Presiden Asosiasi Sepak Bola Indonesia Erick Thohir, tim @pssi, dan semua yang terlibat dalam penyelenggaraan turnamen fantastis yang akan melihat para calon superstar melanjutkan perjalanan mereka di panggung ini!” imbuh Infantino.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Gianni Infantino – FIFA President (@gianni_infantino)


Berstatus tuan rumah, Indonesia otomatis akan mendapatkan jatah tempat di Piala Dunia U-17 2023.

Indonesia yang menghuni Grup A, kini menanti calon lawan yang akan dihadapi melalui undian (drawing) di Swiss pada 15 September mendatang.

Total terdapat 24 negara yang akan berkompetisi di Piala Dunia U-17 2023. Mereka terdiri atas lima wakil Asia yakni Indonesia, Iran, Jepang, Korea Selatan, dan Uzbekistan.

Selain itu empat wakil Afrika yakni Burkina Faso, Mali, Maroko, dan Senegal; empat wakil Amerika Utara dan Karibia yakni Kanada, Meksiko, Panama, dan Amerika Serikat.

Lainnya empat wakil Amerika Selatan yaitu Argentina, Brazil, Ekuador, dan Venezuela; dua wakil Oseania yakni Kaledonia Baru dan Selandia Baru, serta lima wakil Eropa yakni Inggris, Prancis, Jerman, Polandia, dan Spanyol.

Pertandingan akan digelar di empat stadion meliputi Stadion Manahan (Solo), Jakarta International Stadium atau JIS (Jakarta), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Gelora Bung Tomo (Surabaya). Berikut ini perinciannya:

  • JIS: 4 penyisihan grup, babak 16 besar.
  • Stadion Si Jalak Harupat: 4 penyisihan grup, babak 16 besar, perempat final.
  • Stadion Manahan: 2 penyisihan Grup, babak 16 besar, perempat final, semifinal, final
  • Stadion Gelora Bung Tomo: 2 penyisihan grup, babak 16 besar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya