SOLOPOS.COM - Poster Newcastle menjelang laga melawan Liverpool di St. James’ Park, Sabtu (30/4/2022) pukul 18.30 WIB. (Twitter/NUFC)

Solopos.com, NEWCASTLE – Persaingan dua tim papan atas Liga Inggris, Manchester City dan Liverpool, dalam perjuangan memperebutkan trofi juara liga domestik kembali akan terjadi pada Sabtu (30/4/2022).

Kali ini City dan Liverpool tak akan berhadapan langsung, akan tetapi keduanya menghadapi lawan masing-masing di tempat dan waktu berbeda. Hasil dari laga tersebut akan sangat menentukan siapa nantinya yang peluangnya kian besar menjadi juara.

Promosi Pembunuhan Satu Keluarga, Kisah Dante dan Indikasi Psikopat

Manchester City dan Liverpool hanya berjarak satu poin di klasemen sementara sehingga sisa lima laga terakhir bagaikan partai final bagi mereka.

Pada malam nanti pukul 18.30 WIB (live streaming Mola TV), Liverpool akan memainkan pertandingan terlebih dahulu dengan bertandang ke St. James’ Park, markas dari Newscastle United. Berselang lima jam kemudian, City akan menjalani laga tandang menghadapi tantangan Leeds United.

Baca Juga: Sadio Mane, Si Mesin Gol Liverpool

Duel Newcastle versus Liverpool biasanya berjalan alot. Pada laga terbaru, Newcastle mengalahkan juru kunci Norwich City dengan skor 3-0, sedangkan Liverpool menang atas Villarreal dengan skor 2-0 pada semifinal Liga Champions.

Newcastle yang kini ditangani mantan pelatih AFC Bournemouth, Eddie Howe, bersama anggota staf pelatihnya telah menjelma menjadi tim yang cukup stabil dalam hal penampilan. Dari sebelumnya terancam di zona degradasi, kini Newcastle mulai merangsek ke papan tengah klasemen.

Bersama Eddie Howe, Newcastle telah mencatatkan empat kemenangan beruntun dalam laga mereka. Pada pertemuan pertama Desember 2021 di Anfield, Liverpool mengalahkan Newcastle dengan skor 3-1.

Baca Juga: Persis Solo Cari Pelatih Fisik Skuad Utama, Siapa yang Layak?

Sementara itu, Liverpool juga melakukan hal yang sama (meraih empat kemenangan beruntun). Namun bedanya, Liverpool meraih kemenangan tersebut di berbagai kompetisi maupun turnamen yaitu Liga Inggris, Piala FA, dan Liga Champions.

Hasil 4 laga terbaru Newcastle:
9/4/2022 (Liga Inggris) Newcastle (1-0) Wolverhampton
17/4/2022 (Liga Inggris) Newcastle (2-1) Leicester
21/4/2022 (Liga Inggris) Newcastle (1-0) Crystal Palace
23/4/2022 (Liga Inggris) Norwich (0-3) Newcastle

Hasil 4 laga terbaru Liverpool:
6/4/2022 (Piala FA) Manchester City (2-3) Liverpool
20/4/2022 (Liga Inggris) Liverpool (4-0) Manchester United
24/4/2022 (Liga Inggris) Liverpool (2-0) Everton
28/4/2022 (Liga Champions) Liverpool (2-0) Villarreal

Eddie Howe kemungkinan besar akan mengusung skema 4-3-3 karena sang pelatih ini memang suka menerapkan formula menyerang bagi timnya dengan sepak bola atraktif. Jika hal itu benar dilakukan Howe maka laha nanti malam akan sangat enak untuk disaksikan.

Baca Juga: Keren! Pemain Persis Solo Eky Taufik Ikut Laga Amal di Sragen 

Seperti diketahui Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, juga penggemar skema 4-3-3. Hampir di setiap laga dia selalu memainkan skema tersebut. Artinya, baik Newcastle maupun Liverpool akan sama-sama keluar menyerang mengandalkan tiga mata trisula masing-masing. Khsusu Liverpool, mereka harus mewaspadai pergerakan striker Newcastle, Saint-Maximin, yang sering membahayakan pertahanan lawan.

Di sisi lain, Klopp kemungkinan besar akan menjalankan rotasi pemain mengingat mereka akan tampil pada laga sangat krusial yaitu di leg kedua babak semfinal Liga Champions di markas Villarreal tengah pekan depan. Sehingga penting bagi Klopp untuk menjaga kebugaran pemain kuncinya.

Rotasi bisa saja dilakukan Klopp terhadap dua fullback Liverpool yaitu Alexander-Arnold dan Andy Robertson. Jo Gomez bisa dipasang di sisi kanan menggantikan Arnorld, sedangkan Tsimikas bisa dimenggantikan Robertson di sisi kiri, dan Tiago Alcantara kemungkinan besar disimpan diganti dengan Naby Keita, kemudian Konate diganti dengan Matip.

Perkiraan susunan pemain
Newcastle United (4-3-3)
Dubravka; Krafth, Schar, Burn, Targett; Shelvey, Guimaraes, Joelinton; Almiron, Wood, Saint-Maximin

Liverpool (4-3-3)
Alisson; Gomez, Matip, Van Dijk, Tsimikas; Henderson, Fabinho, Keita; Salah, Mane, Jota

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya