SOLOPOS.COM - Pemain Newcastel dihadang dua pemain Arsenal. Ist/bleacherreport.net

Solopos.com, LONDON— Arsenal berniat kembali ke jalur kemenangan di pekan ke-16 Liga Premier di Stadion Emirates, London, Minggu (14/12/2014) pukul 00.30 WIB. Namun, tim asal London Utara itu harus berhati-hati karena lawan mereka berikutnya, Newcastle United, sedang diliputi rasa percaya diri tinggi.

Pasukan Arsene Wenger mengalami kekalahan dramatis 2-3 di markas Stoke City, akhir pekan lalu. Nirpoin Arsenal di markas Stoke, membuat tim berjuluk The Gunners masih terpaku di peringkat keenam klasemen sementara dengan torehan 23 poin. Total poin tersebut menjadi catatan yang terendah kedua Arsenal pada rezim Wenger selama 15 partai pembuka, setelah mereka hanya mengoleksi 21 poin pada musim 2012/2013.

Promosi Mabes Polri Mengusut Mafia Bola, Serius atau Obor Blarak

Beruntung The Gunners mampu merespons kekalahan itu dengan cepat. Meski menurunkan pemain-pemain lapis kedua, Arsenal mampu berpesta gol 4-1 di kandang Galatasaray pada laga penutup penyisihan grup Liga Champions, Rabu (10/12) dini hari WIB. “Sangat penting bisa bangkit dari kekalahan dan kami telah melakukannya [ketika melawan ,” jelas gelandang Arsenal, Aaron Ramsey, yang masih dihantui cedera hamstring menjelang laga kontra Newcastle, seperti dilansir Soccerway, Jumat (12/12).

Selain modal kemenangan di Liga Champions, The Gunners mengantongi rekor gemilang kontra The Magpies, julukan Newcastle. Tim Meriam London, julukan lain Arsenal, menyapu lima pertemuan terakhir di Liga Premier dengan kemenangan.

Meski demikian, Arsenal tetap waspada. Kepercayaan diri Newcastle sedang melambung ke angkasa setelah mereka mampu menghentikan rekor tak terkalahkan Chelsea musim ini. Pasukan Alan Pardew tersebut membungkam Chelsea 2-1 lewat dua gol Papiss Cisse di St. James Park, akhir pekan lalu.

Celakanya, Wenger sedang mengalami krisis di barisan pertahanan. Bek Laurent Koscielny diragukan bisa turun karena cedera betis, sementara defender Calum Chambers dipastikan absen karena sanksi.
Celakanya, fullback Nacho Monreal yang biasa mengisi kekosongan di jantung pertanan The Gunners menderita cedera kaki. Per Mertesacker akan menjadi satu-satunya sentral bek yang bisa diturunkan di Emirates akhir pekan ini. Wenger pun kemungkinan akan memaksa bek kanan, Mathieu Debuchy, berduet dengan Mertesacker di sentral bek.

“Masalah utama kami masih di barisan pertahanan karena Koscielny terlihat belum siap turun. Monreal belum kembali dan Calum Chambers terkena sanksi,” tutur Wenger, dilansir arsenal.com.

Setali tiga uang, kubu The Magpies juga mengalami krisis pemain karena cedera dan sanksi. Pelatih Alan Pardew pun harus kembali mengandalkan kiper ketiganya,Jak Alnwick, ketika bentrok di Emirates.  Kiper berusia 21 tahun tersebut menjalani debut kompetitif pertamanya ketika turun dari bangku cadangan menggantikan Rob Elliot yang cedera di sela-sela laga melawan Chelsea.  Elliot menambah pemain yang masuk ruang perawatan Newcastle setelah kiper utama mereka, Tim Krul, absen hingga Januari karena cedera engkel.

“Ini kesempatan yang sangat bagus. Dia menjalani start bagus. Dia telah bekerja sangat keras, namun sebelumnya tidak punya kesempatan,” urai Pardew, dilansir Reuters. (Hanifah Kusumastuti/JIBI/Solopos)

Arsenal Vs Newcastle United
• Live Bein Sports 1, Minggu (14/12) Pukul 00.30 WIB
• Lokasi : Stadion Emirates (London)
• Wasit : Lee Mason

• Arsenal (4-1-4-1) Pelatih : Arsene Wenger
Szczesny
Bellerin, Debuchy, Mertesacker, Gibbs
Flamini
Sanchez, Cazorla, Oxlade-Chamberlain, Welbeck
Giroud
Cadangan: Zelalem, Maitland-Niles, Podolski, Campbell, Sanogo , Martinez, O’Connor

• Newcastle United (4-2-3-1) Pelatih : Alan Pardew
Alnwick
Janmaat, Coloccini, Dummett, Haidara
Tiote, Colback
Cabella, Perez, Ameobi
Cisse
Cadangan: Williamson, Anita, Gouffran, Riviere, Mehdi Abeid, Armstrong, Ferguson

• Tiga Pertemuan Terakhir
29/04/2014         Liga Premier       Arsenal                 3 – 0        Newcastle United
29/12/2013         Liga Premier       Newcastle United            0 – 1        Arsenal
19/05/2013         Liga Premier       Newcastle United            0 – 1        Arsenal

Sumber: whoscored/Soccerway. (hkt/JIBI)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya