SOLOPOS.COM - Didier Drogba akan menjadi pemain kunci dalam laga melawan Tottenham. Beban ada di pundaknya. Ist/dailymail.co.uk

Solopos.com, LONDON— Chelsea tidak akan diperkuat bomber maut mereka, Diego Costa, ketika menghadapi laga berat melawan Tottenham Hotspur pada pekan ke-14 Liga Premier di Stamford Bridge, London, Kamis (4/12/2014) pukul 02.45 WIB.

Costa merupakan pemain Chelsea paling rajin mencatatkan nama di papan skor, dengan mendulang  11 gol dalam 13 laga di Liga Premier musim ini. Itu berarti, sebanyak 37 persen dari total 30 gol Chelsea di Liga Premier musim ini bersumber dari kaki atau sundulan eks bomber Atletico Madrid tersebut.

Promosi Jaga Jaringan, Telkom Punya Squad Khusus dan Tools Jenius

Catatan itu menunjukkan betapa besarnya ketergantungan The Blues, julukan Chelsea, kepada konstribusi Costa. Bahkan, Eden Hazard yang bertengger di peringkat kedua daftar top scorer The Blues baru mampu menorehkan empat gol bagi tim asal London Barat ini.

Namun, Costa dipastian absen karena sanksi akumulasi kartu kuning ketika menjamu Tottenham. Hal itu jelas memberi pukulan berat bagi pasukan pelatih  Jose Mourinho yang mencoba bangkit berburu gol setelah ditahan imbang Sunderland 0-0, akhir pekan lalu. Itulah kali pertamanya The Blues tak bisa mencetak gol dalam 13 laga di Liga Premier musim ini.

Absennya Costa memberi angin segar bagi Tottenham. Salah satu striker tim berjuluk The Lilywhites, Harry Kane, pun mulai mencium aroma positif untuk timnya dengan ketidakhadiran Costa di Stamford Bridge.

“Kami semua percaya diri. Kami datang dengan kemenangan beruntun dalam tiga laga di berbagai kompetisi [termasuk menaklukkan Everton 2-1 akhir pekan lalu], jadi kami semua percaya diri. Kami mencari hasil bagus. Tentu Chelsea akan berusaha melakukan hal sama di kandang, namun mereka kehilangan pemain utamanya di depan. Jadi mereka bakal melakukan sedikit perubahan, dan kami merasa senang,” jelas Kane, seperti dilansir Daily Mail, Selasa (2/12).

Tanpa Costa, beban Chelsea mencetak gol ke gawang The Lilywhites bakal bertumpu di pundak striker veteran Didier Drogba. Meski usianya terus bertambah, Drogba memiliki memori bagus melawan Tottenham di Derby London sejak periode pertamanya mengenakan kostum The Blues.
Penyerang yang dijuluki King Drogba tersebut menggelontorkan tiga gol dan empat assist dalam delapan perjumpaannya melawan Spurs. Alternatif lain, Mourinho bisa menurunkan Loic Remy yang baru pulih darin cedera atau menempatkan Andre Schurrle sebagai false nine di lini depan.

The Blues juga tak perlu khawatir berlebihan apabila menengok rekor kandang mereka melawan Spurs. Sejak pemain Tottenham, Gary Lineker, mencetak gol kemenangan 2-1 ke gawang Chelsea pada Februari 1990, The Blues tak pernah menelan kekalahan dari tim tetangga tersebut di Stamford Bridge. Rekor tak pernah kalah dari Tottenham di Stamford Bridge selama 24 tahun alias hampir seperempat abad tersebut pun berusaha akan dipertahankan Chelsea medio pekan ini.

Selain itu, Chelsea juga berusaha untuk meneruskan rekor tak terkalahkan dalam 20 laga di berbagai kompetisi musim ini. Tiga poin dari Tottenham sekaligus bakal membuat The Blues memperkukuh posisi mereka di puncak klasemen sementara dari intaian rival terdekat Manchester City yang terpaut enam poin di peringkat kedua.

“Kami tidak senang dengan satu poin namun itu lebih baik ketimbang tidak dapat sama sekali. Jika Anda mencetak gol lebih awal, Anda tahu lawan harus mendatangi Anda dan itu akan lebih memberi ruang, namun kami tidak bisa melakukan itu,” jelas kiper Chelsea, Thibaut Courtois, dilansir Reuters. (Hanifah Kusumastuti/JIBI/Solopos)
 
Chelsea Vs Tottenham Hotspur
– Live Bein Sports 3, Kamis (4/12) Pukul 02.45 WIB
– Lokasi : Stadion Stamford Bridge (London)
– Wasit : Mike Dean
 
– Chelsea (4-2-3-1)
– Pelatih : Jose Mourinho
– Pemain : Courtois, Ivanovic, Cahill, Terry,  Azpilicueta, Matic, Fabregas, Willian, Oscar, Hazard
Drogba
– Cadangan: Remy, Schurrle, Cech, Filipe Luis, Zouma, Obi Mikel, Ramires
 
– Tottenham Hotspur (4-2-3-1)
– Pelatih : Mauricio Pochettino
– Pemain: Lioris, Naughton, Fazio, Vertonghen, Davies, Bentaleb, Mason, Lennon, Kane, Eriksen, Soldado
– Cadangan: Chiriches, Lamela, Dier, Paulinho, Kaboul, Dembele, Chadli
 
Tiga Pertemuan Terakhir
09/03/2014         Liga Premier       Chelsea                4 – 0        Tottenham Hotspur
28/09/2013         Liga Premier       Tottenham Hotspur        1 – 1        Chelsea
09/05/2013         Liga Premier       Chelsea                2 – 2        Tottenham Hotspur
 
Sumber: Whoscored/Soccerway. (hkt/JIBI)

Didier Drogba akan menjadi pemain kunci dalam laga melawan Tottenham. Beban ada di pundaknya. Ist/da

Didier Drogba akan menjadi pemain kunci dalam laga melawan Tottenham. Beban ada di pundaknya. Ist/da

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya