SOLOPOS.COM - Anthony Ginting melambaikan tangan ke arah tribune penonton seusai menenangi pertandingan semifinal Indonesia Open 2023, Sabtu (17/6/2023) malam WIB. (Istimewa/Tim Humas dan Media PP PBSI)

Solopos.com, SOLO–Preview dan prediksi pertandingan final Indonesia Open 2023 tunggal putra Tanah Air Anthony Sinisuka Ginting vs Viktor Axelsen, hari ini.

Anthoni Ginting menjadi satu-satu wakil Indonesia yang tersisa di ajang BWF trour Super 1000 yang digelar di Istora Senayan Jakarta ini.

Promosi Mudik: Traveling Massal sejak Era Majapahit, Ekonomi & Polusi Meningkat Tajam

Ginting melaju ke final setelah mengalahkan wakil China Li Shi Feng dua gim langsung dengan skor 21-17 dan 21-15 di babak semifinal, kemarin.

Di partai puncak hari ini, Minggu (18/6/2023), dia ditantang pebulutangkis tangguh dan penuh prestasi, Viktor Axelsen. Tunggal putra asal Denmark  nomor satu dunia itu menembus final seusai menyingkirkan wakil India, Prannoy dengan skor kembar 21-15 dan 21-15.

Di atas kertas, Ginting yang saat ini merupakan pebulutangkis nomor dua dunia kalah telak atas Axelsen. BWF mencatat perjumpaan di final Indonesia Open 2023 akan menjadi pertemuan ke-16 bagi keduanya.

Dalam 15 pertemuan sebelumnya, Viktor Axelsen mampu memenangi sebelas pertandingan. Sedangkan, Ginting hanya menang empat kali.

Empat kemenangan Ginting atas Axelsen dipetik di Sudirman Cup 2017, babak 16 besar China Open 2018, babak ketiga BWF World Tour Finals 2019, dan semifinal Indonesia Masters 2020.

Pada pertemuan di Indonesia Masters 2020 di Istora Senayan, 18 Januari 2020 itu, Ginting menang dengan skor meyakinkan 22-20 dan 21-11.

Kemenangan itu menjadi bersejarah bagi Ginting lantaran dia menjadi juara setelah mengalahkan tunggal putra Denmark lainnya Anders Antonsen dalam tiga gim 17-21, 21-15, dan 21-9 di partai puncak. Itu gelar kedua Ginting di Indonesia Masters setelah pertama kali merebutnya di edisi 2018.

Perjalanan Ginting dan Axelsen ke Final

Bardasar catatan laman resmi WBF,  bwf.tournamentsoftware.comMinggu, jalan Ginting menuju final Indonesia Open 2023 penuh tantangan.

Pada babak pertama atau 32 besar, dia mengalahkan Hans Kristian Vittinghus (Denmark), lalu menyingkirkan Priyanshu Rajawat (India), dan rekan senegara Jonatan Christie di perempat final.

Pada babak semifinal, Ginting menyingkirkan wakil China juara All England 2023, Li Shi Feng 21-17 dan 21-15.

Sementara itu, Axelsen pada babak pertama menjungkalkan Weng Yi (China), kemudian menyingkirkan Wang Tzy-wei (Taiwan), dan membungkam Chou Tien-chen (Taiwan) di babak ketiga.

Pada semfiinal, Axelsen mengalahkan Prannoy (India) dengan skor 21-15, 21-15.

Pertandingan ini tidak mudah bagi Ginting. Namun, bertanding di depan publik sendiri membuatnya memiliki motivasi tinggi untuk mengalahkan lawan bebuyutannya itu.

Ginting tentu akan bermain ngotot untuk memutus rekor minor pertemuannya dengan Axelsen. Terlebih bermain di kandang. Dia ingin memberikan hasil terbaik untuk para suporter dan masyarakat Indonesia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya