SOLOPOS.COM - Alejandro Garnacho (Twitter/@ManUtd)

Solopos.com, SOLO—Berikut ini profil Alejandro Garnacho, bintang belia Manchester United (MU) yang menjadi man of the match dalam pertandingan putaran kelima FA Cup 2023 melawan West Ham.

Garnacho mencetak satu gol indah saat MU mengalahkan West Ham 3-1 dan berhak melaju ke babak perempat final. Pemain 18 tahun itu mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-90.

Promosi Kisah Pangeran Samudra di Balik Tipu-Tipu Ritual Seks Gunung Kemukus

Prestasi itu diunggah Garnacho dalam Instagram @garnacho7. Tambahan satu gol itu membuatnya telah mengoleksi lima gol untuk Setan Merah musim ini.

Gol Garnacho juga menjadi titik balik bagi MU untuk memenangkan pertandingan. Pada laga di Old Trafford, MU tertinggal lebih dulu dari West Ham lewat gol Said Benrahma pada menit ke-54.

MU menyamakan kedudukan menyusul gol bunuh diri Nayef Aguerd menit ke-77. Garnacho kemudian membalikkan keadaan MU menjadi 2-1 pada menit ke-90 sebelum Fred mengunci kemenangan tuan rumah pada menit 90+5.

Sebelumnya, profil pesepak bola belia Alejandro Garnacho menjadi perhatian ketika MU mengalahkan Real Sociedad dalam laga pamungkas Liga Europa, 4 November 2022. Garnacho mencetak satu-satunya gol di pertandingan yang dimenangkan oleh MU tersebut.

 

Pecahkan Rekor

Dikutip dari berbagai sumber, laga melawan Sociedad itu menjadi pertandingan debut di Liga Europa dan juga gol perdana bagi Garnancho. Selain itu, Alejandro Garnacho juga menorehkan sejarah menjadi pencetak gol termuda (18 tahun 125 hari) non-Inggris buat MU di kompetisi besar Eropa. Ia memecahkan rekor George Best (18 tahun 158 hari melawan Djurgardens IF pada 1964).

Alejandro Garnacho merupakan pemain asal Argentina yang lahir di Madrid, Spanyol, 1 Juli 2004. Tidak heran jika ia masuk ke tim akademi di dua klub Spanyol. Ia pernah menimba ilmu sepak bola di Getafe dan pada 2015 hijrah ke akademi Atletico Madrid.

Kemudian pada Oktober 2020, Alejandro Garnacho bergabung dengan Manchester United dengan nilai transfer 420.000 poundsterling (sekitar Rp 8 miliar). Untuk mendapatkan tanda tangan Garnacho, MU harus bersaing dengan klub Jerman, Borussia Dortmund.

Prestasi luar biasa tunjukkan oleh Alejandro Garnacho pada musim 2021-2022 saat berada di tim U-18 Manchester United. Ia meraih trofi Piala FA Youth dan juga menjadi top skor dengan koleksi tujuh gol.

Penampilan apik di tim junior, membuat ia kemudian mendapatkan promosi ke tim utama. Akan tetapi debutnya di Liga Inggris baru terjadi pada 28 April 2022 ketika menggantikan Anthony Elanga di menit ke-91. Saat itu Setan Merah bermain imbang 1-1 melawan Chelsea.

Pada Mei 2022, ia mendapatkan penghargaan Jimmy Murphy Young Player of the Year.

Alejandro Garnacho ternyata pernah membela dua tim nasional. Ia pernah bermain untuk Tim U-18 Spanyol sebanyak tiga kali dengan debutnya pada 8 Oktober 2021. Kemudian Ia juga pernah bermain di Tim U-20 Argentina dan memulai laga pertama pada 26 Maret 2022. Bersama Timnas Argentina muda ia sudah bermain sebanyak empat kali dan mencetak empat gol.

Alejandro Garnacho menetap di Spanyol sejak lahir. Oleh karena itu, secara hukum ia bisa bermain untuk Timnas Spanyol. Sedangkan darah Argentina berasal dari ibunya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya