SOLOPOS.COM - Amin Younes saat memperkuat Napoli. (Twitter @AminYounes11)

Solopos.com, SOLO—Berikut ini profil Amin Younes pemain yang dihukum karena melawan perintah Erik ten Hag, pelatih yang kini menangani Manchester United. Amin Younes kembali dikaitkan dengan Ten Hag menyusul kasus yang kini dialami Cristiano Ronaldo.

Ronaldo tidak akan pernah bermain untuk Manchester United lagi  jika kasusnya disamakan dengan Amin Younes saat membela Ajax Amsterdam.

Promosi Selamat Datang Kesatria Bengawan Solo, Kembalikan Kedigdayaan Bhineka Solo

Pada Jumat pekan lalu, Ten Hag mengkonfirmasikan Ronaldo menolak turun dari bangku cadangan saat Manchester United menang 2-0 melawan Tottenham Hotspur di Stadion Old Trafford. Ronaldo menuju terowongan lebih awal untuk meninggalkan stadion, yang membuatnya dikeluarkan dari skuat Setan Merah dan dipaksa untuk berlatih sendiri.

Baca Juga: Aston Villa Dibantai Fulham 0-3, Steven Gerrard Dipecat

Seperti Ronaldo, Amin Younes juga menolak masuk sebagai pemain pengganti saat Ajax Amsterdam menang 4-1 atas SC Heerenveen di Liga Belanda pada Maret 2018.

Rekaman menunjukkan Ten Hag memberi isyarat agar Younes turun dari bangku cadangan. Namun perintah itu ditolak oleh Amin Younes.

“Kami masih memiliki enam pertandingan untuk dimainkan dan saya hanya ingin pemain yang memiliki motivasi 100 persen. Banyak yang telah terjadi dengan Amin selama musim ini. Tapi dia tidak memberi kami perasaan bahwa perhatiannya sepenuhnya untuk Ajax,” ujarnya seperti dikutip dari The Sun.

Baca Juga: Manchester United vs Tottenham: Potensi Kejutan Spurs

Buntut melawan perintah Ten Hag itu, Amin Younes  tidak pernah bermain untuk tim raksasa Belanda itu lagi. Berikut ini profil Amin Younes, yang kemudian hengkang ke Napoli dengan status free transfer pada Juli 2018 setelah dibuang ke tim cadangan selama sisa musim kompetisi.

Pada 3 Oktober 2020, Younes direkrut Eintracht Frankfurt dengan status pemain pinjaman selama dua tahun.  Setelah kontraknya habis pada 18 Januari 2022, Amin Younes menandatangani kontrak hingga 2024 dengan klub Arab Saudi Al-Ettifaq pada 23 Januari 2022.

Hanya sebentar di Arab Saudi, Amin Younes mulai 31 August 2022 kembali ke Belanda dan memperkuat FC Utrecht dengan status pemain pinjaman untuk musim kompetisi 2022/2023.

Baca Juga: Manchester United 2-0 Tottenham: Setan Merah Kembali ke Jalur Kemenangan

Amin Younes lahir di Dusseldorf, Jerman pada 6 Agustus 1993. Talenta Amin Younes sudah tercium sejak belia. Dia menempati pos sebagai pemain sayap kiri dan gelandang serang.

Amin Younes memulai karier sepak bolanya bersama klub amatir SG Unterrath pada 1997 hingga 2000. Pada 2000 saat usianya 8 tahun, Amin Younes menimba ilmu di tim junior Borussia Monchengladbach. Amin Younes perlahan bergabung bersama tim reserved dan memulai debut pada 2011.

Debut Amin Younes bersama tim senior Monchengladbach terjadi pada 1 April 2012. Kala itu, Amin Younes tampil selama enam menit kala Monchengladbach dikalahkan Hannover dengan skor 1-2. Amin Younes kemudian dipinjamkan ke Kaiserslautern pada Agustus 2014.

Baca Juga: Imbang Tanpa Gol Lawan Newcastle, Ten Hag: MU Layak Menang

Pada 16 Juli 2015, Amin Younes kemudian diboyong Ajax Amsterdam dengan kontrak berdurasi tiga tahun sampai 30 Juni 2018. Setelah cedera, dia melakoni debut pada 26 September 2018 saat Ajax menang 2-0 melawan Groningen.

Amin Younes kemudian mencetak gol perdana untuk Ajax saat dikalahkan 1-2 oleh PSV Eindhoven. Amin Younes mengakhiri musim pertamanya dengan delapan gol dan sembilan assist dalam total 35 pertandingan.

Pada 20 Oktober 2016, ia mencetak gol pertamanya dalam kompetisi UEFA dengan mencetak gol melawan Celta Vigo (2–2) di Liga Europa. Dia menjadi bagian dari tim berjuluk de Godenzonen ke final Liga Eropa musim 2016-2017.

Baca Juga: Round-up Pekan 11 Liga Inggris: Arsenal Berkibar, Duo Manchester Terjegal

Namun pada laga final di Friends Arena, Solna, Swedia, 24 Mei 2017 tersebut, Ajax menyerah 0-2 dari Manchester United lewat gol Paul Pogba dan Henrikh Mkhitaryan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya