SOLOPOS.COM - Enner Valencia melakukan selebrasi seusai mencetak gol saat Ekuador mengalahkan Qatar 2-0 pada laga pembuka Piala Dunia 2022 di Stadion Al Bayt, Minggu (20/11/2022) malam. (Twitter @FIFAWorldCup)

Solopos.com, SOLO—Profil Enner Valencia diulas di berbagai media setelah membawa Ekuador menang 2-0 atas tuan rumah Qatar pada laga pembuka Piala Dunia 2022 di Stadion Al Bayt, Minggu (20/11/2022) malam.

Enner Valencia merupakan satu-satunya pemain dalam sejarah Piala Dunia yang sukses bikin brace di laga pembuka. Valencia pun dinobatkan sebagai Player of the Match yang untuk kali pertama ia menangkan di ajang Piala Dunia.

Promosi Pemimpin Negarawan yang Bikin Rakyat Tertawan

Valencia yang pernah malang melintang di Liga Premier Inggris mencetak brace pada menit 16 melalui penalti dan sundulan kepala di menit ke-31. Valencia kini menjadi anggota skuat Fenerbahce Turki dan merupakan kapten sekaligus legenda hidup Ekuador.

Baca Juga: Kejayaan Timnas Indonesia Cetak Rekor di Piala Dunia

Enner Valencia sangat produktif musim ini di Super Lig 2022/2023 bersama Fenerbahce. Didikan Caribe Junior U-20  di mana mantan bintang Manchester United, Antonio Valencia memulai karier sepak bola, mencetak 13 gol dan 4 assist dari 12 penampilan.

Dikutip dari Transfermarkt, profil Enner Valencia diawali dari klub Emelec setelah menimba ilmu di Caribe Junior U-20 pada 2008. Bersama Emelec, Enner Valencia merasakan gelar juara Liga Ekuador.

Enner Valencia kemudian bermain di Liga Meksiko bersama Pachucha pada 2014. Tidak lama di Pachucha, Enner Valencia terbang ke Inggris untuk memperkuat West Ham United kemudian dipinjamkan ke Everton antara 2014 dan 2017.

Baca Juga: Wow! 2,95 Juta Tiket Piala Dunia 2022 Ludes Terjual

Kenyang pengalaman di Liga Inggris, Enner Valencia kembali ke Meksiko 13 Juli 2017. Namun dia tidak kembali ke Pachucha, melainkan membela Tigres UANL.

Banyak trofi yang dia ukir bersama Tigres, yaitu juara Liga Apertura Meksiko pada 2017/2018, Juara Liga Clausura Meksiko pada 2018/2019, juara Liga Champions Concacaf 2018/2019 dan juara Piala Winner pada 2017/2018.

Tiga tahun kemudian atau 28 Agustus 2020, Enner Valencia kembali ke Eropa dan membela Fenerbahce Turki.  Pemain kelahiran San Lorenzo, Ekuador, 33 tahun silam itu tidak hanya piawai sebagai seorang striker. Profil bernama lengkap Enner Remberto Valencia Lastra itu juga lugas ditempatkan di winger.

Baca Juga: Raffi Ahmad Terbang ke Qatar Bareng Keluarga, Nonton Langsung Piala Dunia 2022

Enner Valencia kini jadi pemain dengan jumlah gol terbanyak di Piala Dunia bagi Ekuador (5) dibanding pemain mana pun dalam sejarah turnamen ini. Dengan kata lain, dia adalah topskor sepanjang masa negaranya di Piala Dunia!

Jumlah gol Valencia (5) di Piala Dunia sama dengan koleksi megabintang Argentina Lionel Messi dan maestro sepakbola Prancis Zinedine Zidane.

Enner Valencia dikenal sebagai profil striker  haus gol di Fenerbahce. Enner Valencia kini memimpin daftar pencetak gol atau top skor Super Lig Turki bersama Haji Wright.

 

Profil Enner Valencia:

Nama lengkap: Enner Remberto Valencia Lastra

Tempat/Tanggal Lahir: San Lorenzo, 4 November 1989

Usia: 33 tahun

Tinggi badan: 1,77 meter

Warga negara: Ekuador

Posisi utama: Penyerang (centre-forward/CF)

Kaki: kanan



Klub: Fenerbahce Turki

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya