SOLOPOS.COM - Pevoli putra Indonesia Halim Farhan (kanan) dan Kurniawan Hendra (kiri) mengembalikan bola ke arah lawannya tim voli putra Kamboja pada final voli SEA Games 2023 di Phnom Penh, Kamboja, Senin (8/5/2023). Timnas voli putra Indonesia berhasil meraih medali emas usai menang dengan skor 25-21, 25-10, dan 25-15. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/tom.

Solopos.com, SEMARANG — Nama atlet bola voli putra Indonesia, Farhan Halim, saat ini tengah menjadi perbincangan. Berikut profil Farhan Halim, atlet voli yang memberikan kontribusi besar bagi tim bola voli putra Indonesia dalam meraih medali emas SEA Games 2023 di Kamboja.

Tim bola voli putra Indonesia sukses meraih medali emas di ajang SEA Games 2023. Kesuksesan itu diraih tim Merah Putih setelah di babak final menundukkan tim tuan rumah, Kamboja, tiga gim langsung 25-21, 25-10, dn 25-15, di Olympic Complex Indoor Main Hall, Senin (8/5/2023) malam.

Promosi Sejarah KA: Dibangun Belanda, Dibongkar Jepang, Nyaman di Era Ignasius Jonan

Hasil ini pun membuat dominasi Indonesia di cabang olahraga (cabor) bola voli putra pada ajang SEA Games tak tergoyahkan. Dalam dua SEA Games sebelumnya, tim bola voli putra Indonesia juga meraih medali emas, yakni pada SEA Games.

Medali emas dari bola voli putra ini menjadi yang ketiga kalinya secara beruntun diraih Indonesia di ajang SEA Games. Pada dua SEA Games sebelumnya, tim bola voli putra Indonesia juga meraih emas, yakni di Filipina pada 2019 dan SEA Games 2021 di Vietnam.

Namun, kali ini tim bola voli putra Indonesia memiliki para pemain yang andal. Salah satunya adalah sosok Farhan Halim, yang disebut-sebut sebagai ace maker servis, atau pembuat servis yang mematikan bagi pemain lawan. Bahkan, berkat servis-servisnya, Indonesia mampu mengungguli Kamboja dengan skor 9-0 pada gim kedua perebutan medali emas SEA Games 2023 itu. Berikut profil Farhan Halim:

1. Pemain Jakarta STIN BIN

Farhan Halim merupakan pemain bola voli kelahiran 26 April 2001. Ia baru saja merayakan ulang tahun yang ke-22.

Meski masih berusia muda, Farhan sudah tampil di sejumlah klub profesional. Saat ini ia tercatat sebagai pemain milik Jakarta STIN BIN yang pada Proliga 2023 sukses meraih juara ketiga.

2. Pasundan Bandung

Farhan Halim merupakan pemain voli hasil binaan klub Pasundan Bandung. Ia sempat menyandang ban kapten di klub tersebut dalam beberapa kompetisi yang diikuti.

Farhan juga sukses membawa klub Pasundan Bandung promosi ke Divisi Utama Proliga setelah menjuarai Livoli Divisi I 2019. Kala itu, usia Farhan masih 19 tahun.

3. Jakarta Pertamina Energi

Meski musim ini tampil bersama Jakarta STIN BIN, sejatinya Farham mengawali karier profesionalnya bersama tim Jakarta Pertamina Energi, yang saat ini bernama Jakarta Pertamina Pertamax.

Kala itu, Farhan turut tampil di ajang Proliga musim 2019.

4. Pernah Tampil di Uni Emirat Arab

Farhan juga pernah mencoba peruntungan tampil di luar negeri. Kala itu, tepatnya pada tahun 2021, pemain dengan postur 193 sentimeter (cm) itu dikontrak Hatta Club Dubai VC untuk mengikuti Liga Bola Voli Yunior Uni Emirat Arab 2021.

5. Kehilangan 2 Jari Kelingking

Di balik spike-nya yang keras, Farhan kabarnya pernah mengalami kecelakaan hingga kehilangan dua jari kelingking. Dilansir dari laman wikipedia.org, saat duduk di bangku sekolah dasar (SD), Farhan pernah kehilangan dua jari kelingking karena diamputasi akibat terjepit siku penyangga penampungan air.

Nah, itulah sedikit tentang profil Farhan Halim, pemain bola voli putra Indonesia yang tampil memukai di ajang SEA Games 2023 hingga sukses menyumbangkan medali emas.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya