SOLOPOS.COM - Jeka Saragih (kiri) saat berhadapan dengan Anshul Jubli asal India. (Twitter/@UFC)

Solopos.com, SOLO – Profil Jeka Saragih jagoan One Pride MMA asal Indonesia. Atlet tarung bebas ini bernama lengkap Jeka Asparido Saragih yang lahir di Sumatra Utara.

Jeka Saragih lahir di Bah Pasunsang, Kecamatan Raya, Simalungun, Sumatra Selatan, pada 3 Juli 1995 atau saat ini berusia 27 tahun.

Promosi Pemimpin Negarawan yang Bikin Rakyat Tertawan

Jeka Saragih tercatat sebagai atlet pertama asal Indonesia yang berhasil lolos ke babak final Road To UFC. Jeka sejatinya memulai karier bela dirinya dari cabang wushu pada 2013 dan memenangi kejuaraan tingkat nasional di Jogja.

Pada 2017 lalu, Jeka Saragih menjadi juara One Pride MMA untuk kelas 70 kg. Prestasi tersebut membuatnya pernah menjadi duta pembawa obor Asian Games pada 2018.

Pada Minggu (5/2/2023) siang WIB, Jeka Saragih berhadapan dengan petarung India, Anshul Jubli, pada Final Road to UFC di UFC APEX, Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat. Namun, pada pertarungan tersebut Saragih harus mengakui ketangguhan Jubli, ia kalah TKO pada ronde kedua.

Profil karier Jeka Saragih dihiasi perjalanannya menuju Road To UFC. Jeka Saragih melangkah ke Final Road to UFC setelah melalui beberapa tahapan.

Pada Road to UFC yang didesain khusus petarung Asia, Jeka Saragih mengalahkan Pawan Maan Singh di Singapura dan menjadi satu-satunya dari lima petarung Indonesia yang lolos ke Semifinal.

Jeka Saragih kemudian kembali menorehkan sejarah dengan memukul TKO petarung Korea Ki Won Bin di Semifinal Road to UFC Abu Dhabi pada November 2022. Dan jika menang di final bakal mendapatkan kontrak dari UFC. Ada delapan petarung Asia yang memperebutkan kontrak tersebut.

“Road to UFC telah sukses luar biasa dengan penampilan bakat terpanas Asia, dan sambutan luar biasa di seluruh kawasan. Kedelapan finalis ini akan memiliki kesempatan untuk mendapatkan kontrak berbagai pertarungan, dan mewakili negara asal mereka di UFC.” kata Senior Vice President dan Head UFC Asia, Kevin Chang, dikutip Antara, 31 Januari 2023 lalu

Profil Jeka Saragih:

Nama lengkap: Jeka Asparido Saragih
Tanggal lahir: 3 Juli 1995
Tinggi badan: 173 cm
Berat badan: 71 kg
Tahun aktif: 2016 hingga sekarang

Prestasi di MMA
Jumlah tanding: 16
Menang: 13
Kalah: 3

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya