SOLOPOS.COM - Pemain Borussia Dortmun, Jude Bellingham. (Instagram/@judebellingham).

Solopos.com, SOLO–Profil Jude Bellingham, pemain muda Borussia Dortmund yang menjadi rebutan klub besar Eropa, seperti Real Madrid dan sejumlah klub Inggris.

Jude Bellingham menjadi perbincangan setelah klub raksasa Spanyol, Real Madrid mengincarnya untuk mengarungi berbagai kompetisi musim depan.

Promosi Vonis Bebas Haris-Fatia di Tengah Kebebasan Sipil dan Budaya Politik yang Buruk

Profil Jude Bellingham, dia juga kerap dikaitkan dengan sejumlah besar Inggris, seperti Liverpool, Manchester United, dan Manchester City.

Borussia Dortmund mematok harga Jude Bellingham angka 100 juta poundsterling atau setara Rp1,8 triliun. Nominal fantastis itu membuat klub Inggris yang mengincarnya memilih mundur.

Informasi yang berkembang, pemilik nama lengkap Jude Victor William Bellingham itu tinggal selangkah lagi berlabuh ke Real Madrid.

Dikutip dari transfermarkt.co.id, Jumat (5/5/2023), Jude Bellingham adalah gelandang berusia 19 tahun yang selain bermain untuk Dortmund juga membela timnas Inggris.

Profil Jude Bellingham, dia mengawali karier sepakbola juniornya di klub lokal tempat lahirnya di Inggris, Stourbridge Junior. Setelah itu, dia merapat ke klub Birmingham City pada 2010 silam.

Ia bermain di klub yang bermarkas di Stadion St. Andrew’s itu selama sembilan musim. Jude Bellingham mampu tampil di 44 laga dengan torehan empat gol dan 2 assist.

Pria bertinggi 1,86 m itu melakoni laga debut di tim senior Birmingham City saat masih berusia 16 tahun 38 hari pada laga putaran pertama Piala Liga Inggris 2019 kontra Portsmouth.

Penampilan apik di Birmingham City membuat Borussia Dortmund berani menebus pemain muda itu dengan mahar 25 juta euro atau setara Rp435 miliar pada awal musim 2020.

Bellingham langsung mendapatkan tempat utama di musim perdananya. Ia turut membantu Die Borussen meraih gelar DFB Pokal atau Piala Jerman 2020-2021. Hingga musim ini ia telah tampil di 130 laga, mencetak 21 gol, dan 25 assist.

Profil Jude Bellingham, sejumlah rekor dibuat pemain yang saat ini memiliki nilai pasar Rp2,085 triliun itu. Jude Bellingham memecahkan rekor sebagai pemain termuda yang mencetak gol dalam pertandingan Liga Champions yang sebelumnya ditorehkan Kylian Mbappe saat berjumpa Besiktas pada 2021 lalu.

Jude Bellingham juga menjadi pemain termuda asal Inggris yang cetak gol tandang di Liga Champions. Rekor sebelumnya dicetak oleh pemain Liverpool, Trent Alexander-Arnold pada laga kontra Maribor di usia 19 tahun 10 hari.

Di usianya yang masih muda Bellingham sudah ditunjuk untuk membela timnas Inggris. Profil Jude Bellingham, di skuad Tiga Singa dia telah menjalani 24 caps dan mencetak satu gol sejak debut pada November 2020.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya