SOLOPOS.COM - Justin Hubner saat membela Timnas Indonesia. (Twitter (X)/@PSSI)

Solopos.com, SOLO – Profil Justin Hubner pemain kelahiran Belanda dinaturalisasi untuk timnas Indonesia. Nama Justin Hubner menjadi perbincangan hangat pencinta sepak bola Tanah Air dalam beberapa waktu terakhir.

Hal itu tak lepas dari pernyataan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, tentang proses naturalisasi Justin Hubner saat ini.

Promosi Tragedi Kartini dan Perjuangan Emansipasi Perempuan di Indonesia

Dikutip dari akun resmi Twitter (X) PSSI, Erick Thohir mengungkapkan proses naturalisasi pemain kelahiran Belanda, Justin Hubner tinggal memasuki tahap akhir. Pemain klub asal Inggris, Wolverhampton Wanderes, itu tinggal menunggu keputusan dari Presiden Joko Widodo kemudian menjalani pengambilan sumpah menjadi WNI.

“Setelah pembicaraan lebih lanjut, proses naturalisasi, pemain kelahiran Belanda yang memiliki darah keturunan Indonesia, Justin Quincy Hubner, sudah masuk tahap akhir,” kata Erick Thohir pada Jumat (3/11/2023) malam WIB.

“Selanjutnya tinggal menunggu keputusan Presiden dan pengambilan sumpah kewarganegaraan Republik Indonesia,” tambah Erick.

Bagaimana sebenarnya profil Justin Hubner sejauh ini? Justin Hubner saat ini masih berusia 20 tahun dan memiliki darah Indonesia dari ayah, sedangkan ibunya merupakan warga negara Belanda.

Hubner awalnya diminati oleh pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, untuk menjadi bagian dari skuadnya yang dipersiapkan mengikuti Piala Dunia U-20. Meski Indonesia tidak jadi tampil di Piala Dunia U-20, Hubner disebut masih berkeinginan menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Erick pun berharap proses naturalisasi sang pemain dapat berjalan lancar. “Semoga semua tahapan akan berjalan dengan lancar demi memajukan sepak bola Tanah Air,” ujar Erick dikutip Antara.

Dikutip Antara pada Jumat (3/11/2023) malam WIB, Justin Hubner sebenarnya telah menjalani proses naturalisasi berbarengan dengan Ivar Jenner dan Rafael Struick. Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) sudah menyetujui proses naturalisasi ketiga pemain itu pada sidang paripurna ke-19 masa sidang IV tahun sidang 2022-2023.

Namun, saat itu Hubner terlihat plin-plan untuk meneruskan proses menjadi WNI, sebelum akhirnya ia kini menunjukkan komitmennya untuk dapat berseragam Merah-Putih.

Profil Justin Hubner

Nama lengkap: Justin Quincy Hubner

Tanggal lahir: 14 September 2003

Tempat lahir: Den Bosch, Belanda

Usia saat ini: 20 tahun

Tinggi badan: 187 cm

Posisi bermain: Bek tengah

Kaki dominan: Kiri

Agen pemain: Premium Stars Sportsmanagement

Klub saat ini: Wolverhampton Wonderes U-21

Bergabung klub: 1 Januari 2022

Akhir kontrak: 30 Juni 2025

Jejak transfer Hubner:

2017/2018: dari Brabant Youth ke Den Bosch Youth



2018/2019: dari Den Bosch Youth ke Den Bosch U-17

2019/2020: dari Den Bosch U-17 ke Wolves U-18

2021/2022: dari Wolves U-18 ke Wolves U-21

Karier di Timnas:

Pada 6 September 2021 menjalani debut bersama Timnas Belanda U-19, kemudian tanggal 17 November 2022 melakoni debutnya bersama Timnas Indonesia U-20, dan pada 25 Maret 2023 menjalani debut bersama Timnas Belanda U-20.

Berdasarkan profil Justin Hubner sejauh ini, timnas Indonesia kiranya bisa mendapat tambahan kekuatan cukup lumayan untuk sektor pertahanan. Saat ini Timnas Indonesia punya Elkan Baggott yang juga menempati posisi bek tengah. Kehadiran Justin Hubner tentu membuat sektor bek tengah timnas Indonesia akan kian solid.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya