SOLOPOS.COM - Muhammad Nizar Nayaruddin (Istimewa)

Solopos.com, SOLO – Berikut ini profil Muhammad Nizar Nayaruddin kiper futsal asal Sidoarjo, Kabupaten Sragen, yang  sukses meraih medali perak bersama Timnas Indonesia pada SEA Games 2021 di Vietnam.

Muhammad Nizar kini menjadi inspirasi bagi atlet futsal di Sragen untuk bisa berprestasi setidaknya seperti dirinya.

Promosi Kanker Bukan (Selalu) Lonceng Kematian

Nizar yang berposisi sebagai penjaga gawang itu saat ini membela klub asal Pontianak, Kancil WHW Kalbar.

“Tahun ini saya fokus ke Liga dulu, pekan ini kompetisi sudah dimulai. Tim saya memasang target tinggi,” kata Nizar kepada Solopos.com, Sabtu (7/1/2023).

Selama 2022, Nizar sukses mencatatkan berbagai prestasi. Selain medali perak Sea Games, Nizar membawa Indonesia ke babak delapan besar AFC di Kuwait. Lalu, Nizar juga membawa Indonesia menjuarai MNC Futsal International akhir 2022 lalu.

“Kalau 2023 ada beberapa agenda Timnas, kualifikasi AFF untuk ke AFC. Ada AIMAG juga, target tahun ini bawa klub juara, kalau tahun lalu kan peringkat lima. Target bisa terjun ke Timnas lagi,” kata dia.

Dia mengatakan tahun ini dia harus menjaga performa secara ekstra. Apalagi di saat ini cuaca di Indonesia sedang tidak menentu. Dia mengaku juga menerapkan latihan tambahan sendiri termasuk dengan menambah ekstra nutrisi.

Muhammad Nizar adalah pemuda asal Dukuh Kleco Kulon, Desa/Kecamatan Sidoarjo, Sragen. Nizar justru mengawali karier di sepak bola. Sejak sekolah dasar (SD) dia bergabung ke SSB Indonesia Muda (IM) Sragen. Saat SMA, Nizar pernah bergabung dalam PSISra juniot dan ikut pekan olahraga provinsi (Porprov) dari cabang olahraga (cabor) sepak bola.

Selepas SMA, Nizar melanjutkan kuliah di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Pada 2013, Nizar tertarik dengan ekstrakurikuler futsal di UNY.

Karier di UNY membuatnya yakin dengan olahraga ini. Dia pun melanjutkan kariernya ke tingkat profesional. Dia lantas bergabung ke Vamos FC di Mataram, Nusa Tenggara Barat selama tiga tahun dan tiga kali keluar sebagai juara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya