SOLOPOS.COM - Reaksi Muhammad Taufany Muslihuddin sesaat setelah mencetak gol kemenangan Indonesia saat melawan Vietnam di semifinal SEA Games 2023 Kamboja, Sabtu (13/5/2023). (Twitter/@PSSI).

Solopos.com, SOLO–Profil Muhammad Taufany Muslihuddin, pemain timnas U-22 Indonesia yang menjadi pahlawan kemenangan saat melawan Vietnam di SEA Games 2023 Kamboja.

Muhammad Taufany Muslihuddin menjadi sorotan publik Tanah Air setelah aktor atas kemenangan Indonesia saat melawan Vietnam pada babak semifinal sepak bola SEA Games 2023 Kamboja, Sabtu (13/5/2023).

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Dia menciptakan gol ketiga yang membawa skuad Garuda Nusantara melaju ke final SEA Games 2023 pada menit 90+5 atau tiga menit sebelum babak kedua usai. Skor akhir 3-2.

Dua gol Indonesia sebelumnya dicetak Komang Teguh Trisnanda pada menit 9 dan Muhammad Ferrari menit 53.

Nama Taufany pun menjadi trending di Twitter. Belasan ribu kicauan menyebut namanya. Lalu siapa sebenarnya Taufany? Simak ulasan tentang profil Taufany di sini.

Dikutip dari transfermarkt.co.id, Minggu (14/5/2023), Taufany merupakan pesepakbola muda kelahiran Tenggarong, Kalimantan Timur, 24 Maret 2002. Saat ini berusia 21 tahun.

Taufany mengawali lika-liku sepakbolanya saat bergabung dengan tim junior Borneo FC. 2018, dia merupakan bagian dari tim yang berkompetisi di ajang Liga 1 U-16.

Saat ini dia membela Borneo FC Samarinda yang menempati posisi gelandang serang. Pesepak bola muda yang saat ini memiliki nilai pasar tertinggi senilai Rp1,4 miliar pada 30 Maret 2023 itu bergabung dengan Borneo FC pada 1 Mei 2022. Kontraknya akan habis pada 1 April 2025.

Sebelum mendapatkan tempat di tim utama, Taufany berada di tim junior Borneo FC. Saat itu bakatnya sudah terlihat sehingga dilirik Mitra Kukar pada 2021 lalu. Mitra Kukar merupakan klub yang bermain di kompetisi kasta kedua di Tanah Air. Ketika itu usianya menginjak 19 tahun dan mendapatkan kontrak satu tahun.

Selama membela Mitra Kukar, Taufany bermain sebanyak tujuh kali dan mengemas satu gol di Liga 2.

Setelah itu Borneo FC memulangkannya dan langsung menempatkan Taufany di tim utama. Dia mendapatkan debut Liga 1 pada 19 Desember 2022 dalam laga menghadapi RANS Nusantara.

Pada April 2023 lalu, Taufany mendapatkan panggilan dari timnas U-22 untuk mengikuti pemusatan latihan dalam rangka persiapan untuk SEA Games 2023.

Taufany menjalani debut untuk timnas U-22 dengan tampil menghadapi Lebanon U-22 dalam laga uji coba di Gelora Bung Karno.

Kemudian pelatih Indra Sjafri memasukkan namanya dalam 20 pemain yang dibawa ke Kamboja untuk berlaga di SEA Games 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya