SOLOPOS.COM - Striker PSG, Zlatan Ibrahimovic (kiri), saat menerima kartu murah pada laga leg pertama 16 besar kontra Valencia di Stadion Mestalla, 13 Februari lalu. Akibat kartu merah itu, Ibra absen kala melakoni leg kedua di Stadion Parc des Princes, Kamis (7/3/2013) dini hari WIB. dokJIBI/SOLOPOS/Reuters

Striker PSG, Zlatan Ibrahimovic (kiri), saat menerima kartu murah pada laga leg pertama 16 besar kontra Valencia di Stadion Mestalla, 13 Februari lalu. Akibat kartu merah itu, Ibra absen kala melakoni leg kedua di Stadion Parc des Princes, Kamis (7/3/2013) dini hari WIB. dokJIBI/SOLOPOS/Reuters

PARIS–Sesumbar Direktur Paris St Germain (PSG), Leonardo, beberapa waktu lalu bisa menjadi bumerang bagi klubnya ketika menjamu Valencia pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions di Stadion Parc des Princes, Kamis (7/3) dini hari WIB.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

PSG dikalahkan klub papan bawah, Reims, dengan skor 0-1 di Ligue 1 Prancis, pekan lalu. Namun kekalahan menohok itu justru direspons Leonardo dengan pernyataan angkuh. Ia mengatakan PSG diciptakan bukan untuk melawan tim lemah tapi hanya untuk bertarung di level tinggi.

“Mungkin kami sebuah tim yang tercipta untuk level Eropa, didasarkan dengan talenta dan kualitas umpan, bukan untuk pertandingan semacam itu,” urai Leonardo setelah kekalahan itu, dilansir Reuters, Selasa (5/3).

PSG memang mendapatkan sokongan dana besar dari Qatar sehingga mereka bisa membeli pemain-pemain kelas bintang. Akan tetapi PSG belum mendapat garansi lolos ke babak perempat final Liga Champions setelah pada leg pertama di Valencia mereka hanya unggul tipis 2-1.

Celakanya, kali ini mereka tidak akan diperkuat mega bintang, Zlatan Ibrahimovic, yang dikenai sanksi larangan bertandingan dua laga. Mantan bomber AC Milan tersebut terkena kartu merah ketika turun pada leg pertama.

Tak dimungkiri, ketergantungan PSG kepada sosok Ibra sangatlah tinggi. Penyerang berdarah Swedia tersebut menjadi top skor klub dengan donasi 26 gol di semua kompetisi musim ini. Tanpa Ibra, PSG cuma bisa bermain imbang dua kali dan sekali menderita kekalahan di Ligue 1. Selebihnya, klub asal Paris hanya sekali bermain mengesankan tanpa Ibra ketika menggebuk Toulouse 3-1 di Piala Prancis, Januari lalu.

Valencia cukup beruntung mendapati lawannya tidak diperkuat bomber mautnya, mengingat lini pertahanan Los Che dalam posisi mengakhawatirkan. Valencia tidak akan diperkuat dua bek tengah mereka, Adil Rami dan Ricardo Costa, yang masih cedera.

Kehadiran Rami sebenarnya sangat dibutuhkan mengingat pemain Timnas Prancis ini berpengalaman menghadapi klub Paris saat masih berseragam Lille. Tapi apa mau dikata, Rami yang mencetak gol di menit ke-90 pada leg pertama lalu, masih perlu waktu untuk memulihkan cedera paha kirinya.

“Kami tahu bagaimana permainan Paris. Saya menyaksikan dua laga terakhir mereka dan mereka sering melakukan serangan balik, mengikuti tim lain yang menguasai bola dan kemudian melakukan gebrakkan dengan sangat bagus,” jelas full back Valencia, Jeremy Mathieu.

“Taktik Valencia menekanan sebisa mungkin dan menghabiskan waktu milik lawan sebisa mungkin,” jelas pemain Timnas Prancis itu.

Di pertandingan terakhir, Valencia hanya bermain imbang 2-2 ketika melawan rival sekota, Levante, pada La Liga, pekan lalu. Hasil itu jelas memberi modal buruk bagi tim yang mulai terdampar keluar dari zona empat besar di liga domestik ini.

“Saya pikir pertandingan lawan PSG akan sangat krusial bagi kami untuk menemukan lagi di level mana kami pantas berdiri. Hanya tim kuat yang bertahan di Liga Champions sekarang ini, jadi kami harus bisa tunjukkan di sinilah keberadaan kita,” jelas penyerang Valencia, Nelson Valdes.

Perkiraan Susunan Pemain:
Paris St Germain: 30-Salvatore Sirigu (Gk); 26-Christophe Jallet, 2-Thiago Silva, 13-Alex, 17-Maxwell; 29-Lucas, 32-David Beckham, 14-Blaise Matuidi, 27-Javier Pastore; 7-Jeremy Menez, 11-Ezequiel Lavezzi

Valencia: 13-Vicente Guaita; 12-Joao Pereira, 22-Jeremy Mathieu, 18-Victor Ruiz, 17-Andres Guardado; 24-Tino Costa, 21-Daniel Parejo; 8-Sofiane Feghouli, 10-Ever Banega, 7-Jonas; 9-Roberto Soldado

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya