SOLOPOS.COM - Pemain PSS Sleman Ayoub melakukan selebrasi setelah mencetak gol saat melawan PS Barito Puera dalam laga pekan ke-20 Liga 1 2023/2024 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Minggu (26/11/2023) sore. PSS Sleman menang 2-1. (Instagram/pssleman).

Solopos.com, SLEMAN—Puasa kemenangan PSS Sleman berakhir setelah berhasil menang 2-1 atas PS Barito Putera dalam laga pekan ke-20 Liga 1 2023/2024, Minggu (27/11/2023) sore.

Kemenangan ini terjadi di debut Risto Vidakovic sebagai pelatih PSS Sleman. Hasil ini mengakhiri tren buruk Super Elang Jawa yang pada 10 laga sebelumnya tanpa kemenangan.

Promosi Mali, Sang Juara Tanpa Mahkota

Kemenangan ini sekaligus menjauhkan PSS Sleman dari zona degradasi.

Seusai laga, PSS berada di peringkat 13 dengan 23 poin. Dari 20 pertandingan yang dijalani, PSS memetik lima kali kemenangan, delapan kali seri, dan tujuh kali kalah.

Sementara sang tamu bertahan di posisi tujuh dengan lokasi 28 poin.

Di awal laga, Risto mengaplikasikan formasi 4-4-1-1 dengan Bustos yang berdiri di belakang Hokky dan manaruh Ayoub ke posisi gelandang.

Hasilnya tiga pemain ini akhirnya menjadi kunci kemenangan PSS dalam duel malam Barito.

Gol pertama PSS dicetak melalui skema set piece kerja sama Bustos dan Ayoub.

Bustos yang melepas umpan di sisi kiri pertahanan Barito disambut tandukan melintir Ayoub di tiang jauh. Bola tandukan Ayoub melesat ke jala gawang Barito. Skor 1-0 untuk keunggulan tim tuan rumah.

Pada babak kedua, Barito terus mencari gol penyama kedudukan. Namun, Laskar Antasari kesulitan menciptakan peluang di sepertiga akhir lapangan Sleman.

Rapatnya barisan pertahanan PSS yang dikawal oleh Thales, Bayu, Nurdiansyah dan Abduh kokoh mementalkan serangan-serangan Barito.

Situasi ini dimanfaatkan PSS dengan memasukan dua legiun asing anyarnya Elvis Kamsoba pada menit ke-63 dan Ajak Riak di menit ke-69.

Masuknya Riak membuat Hokky bermain lebih melebar ke sayap kanan.

Hasilnya pada menit ke-70 Hokky Caraka yang tidak terkawal berhasil melesatkan tendangan keras ke gawang Barito.

Kiper PS Barito Putera Ega Rizky tak mampu menepis bola tendangan Hokky yang akhirnya mengubah skor menjadi 2-0 untuk keunggulan Sleman.

Meski tak memiliki postur yang begitu tinggi yakni berkisar 164 senti, pergerakan Elvis begitu lincah di sisi kiri PSS.

Gol yang dicetak Hokky juga berawal dari pergerakan Elvis sebelum akhirnya Abduh melepaskan umpan ke arah Hokky yang diselesaikan dengan sebuah gol.

Debut dua pemain baru PSS, Elvis dan Riak nyaris sempurna. Keduanya berkali-kali membuat kelimpungan lini pertahanan Barito.

Seperti momen di menit ke-80 saat Elvis melepaskan umpan tusukan ke arah kotak penalti Barito.

Riak yang berdiri bebas melakukan tendangan ke gawang Ega. Sayangnya, bola masih membentur mistar gawang dan kembali keluar.

PSS yang unggul dua gol, justru kecolongan gol di menit ke-84. Pertahanan Sleman yang sedikit kendor dimanfaatkan pemain Barito untuk melepaskan sejumlah serangan.

Eksel Runtukahu yang memanfaatkan bola muntah tepisan Phintus berhasil menjebloskan gol ke gawang PSS. Skor 2-1 Barito memperkecil ketinggalan.

Namun hingga laga usai skor tidak berubah. PSS Sleman berhasil menorehkan kemenangan pertamanya setelah 10 laga tanpa kemenangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya