SOLOPOS.COM - TA Musafri (hitam) saat mengikuti seleksi bersama PSS di Stadion Maguwoharjo, Jumat (6/12/2013). (JIBI/Harian Jogja/Arief Junianto)

Harianjogja.com, SLEMAN-Pelatih PSS Sleman Sartono Anwar telah memperoleh 10 pemain baru hasil seleksi pemain tahap pertama dan seleksi pemain lokal.

10 pemain baru itu dia peroleh dari dua gelombang seleksi. Seleksi pertama yang diikuti oleh sembilan pemain pada Kamis (5/12/2013) mengerucut menjadi empat orang. Mereka merupakan pemain yang tiba di Maguwoharjo sejak manajemen menggelar seleksi pertengahan pekan kemarin.

Promosi Pemimpin Negarawan yang Bikin Rakyat Tertawan

Empat orang yang dipertahankan itu ialah, Rico Fernando pemain PON Jateng posisi stoper, Eli Nasuha, pemain gelandang, Hendriko Kiwak posisi gelandang dan striker Musafri. Selain empat pemain yang dinyatakan lolos pada seleksi tahap pertama ini, ada dua nama yang diakui Sartono masih membutuhkan pendalaman lagi untuk melihat kemampuannya.

Selain empat nama tersebut, Sartono juga menetapkan enam pemain tim lokal di wilayah  Sleman untuk mengikuti seleksi pada tahap berikutnya. Enam pemain itu ialah Edo Pratama, Hendra Gunawan dan Rachmad dari tim AMS. Damar Bayu Kencana, dari tim Telaga Utama. Aziz Zahaniyah dari tim Seyegan Putra dan Hendy Purnomo dari tim Merapi Putra.

Seleksi pemain dari tim lokal binaan Pengcab PSSI wilayah Sleman dilakukan pada Sabtu (7/12/2013). 24 tim di seluruh Sleman masing-masing diberi kesempatan mengirimkan tiga nama untuk mengikuti seleksi sebagai pemain PSS Sleman.

Sartono menjelaskan, dasar pengambilan 10 nama pemain tersebut ialah memiliki kualitas yang senada atau rata-rata dengan 12 pemain PSS yang ada saat ini. “Mereka harus memiliki kualitas individu tidak terlalu jauh dengan 12 pemain yang kami punya ini, jika dibawahnya ya tidak terlalu tertinggal begitu juga sebaliknya,” kata Sartono.

Setelah ditetapkan lolos seleksi, Sartono akan melihat para pemain seleksinya ini dengan materi seleksi yang berbeda. Direncanakan mulai pekan depan dirinya akan mendalami aspek fisik masing-masing pemain. Fisik merupakan modal penting tak dapat dipisahkan dari kualitas seorang pemain sepakbola.

Selain itu, Senin (9/12/2013) hari ini sejumlah pemain top seperti Aang Suparman, Saktiawan Sinaga dan Bayu Andra dijadwalkan akan merapat ke stadion Maguwoharjo untuk mengikuti seleksi. Dari hasil seleksi tahap pertama dan seleksi pemain lokal, kini PSS telah memiliki 22 pemain, meskipun baru 12 pemain lama yang telah disodori kontrak.

Keputusan penambahan pemain baru itu dipastikan akan kembali berubah menyusul hasil verifikasi PSSI nanti. Jika PSS masuk dalam kompetisi ISL, besar kemungkinan persaingan internal skuat PSS akan semakin ketat. Sejumlah nama yang telah dinyatakan lolos bisa jadi akan gugur dengan kedatangan pemain lain.

“Hasil seleksi ini masih mungkin berubah menanti hasil verifikasi PSSI. Selain itu ada beberapa tahap seleksi lagi, karena tidak mungkin saya melihat kemampuan pemain hanya dengan satu aspek. Satu hal yang pasti, pemilihan pemain ditentukan dari kebutuhan tim,” imbuh Sartono.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya