SOLOPOS.COM - Pelatih Shin Tae-yong memberikan arahan kepada pemain Timnas Indonesia dalam sesi latihan resmi jelang pertandingan Grup A Piala AFF 2022 di Stadion Utama gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (22/12/2022). Indonesia akan menjamu Kamboja, Jumat (23/12/2022) sore WIB. (Antara/Aditya Pradana Putra)

Solopos.com, JAKARTA – Pelatih tim nasional (Timnas) Indonesia, Shin Tae-yong, berharap tidak ada pembatasan penonton di stadion ketika tim asuhannya berstatus sebagai tuan rumah selama Piala AFF 2022.

“Ke depan, saya ingin lebih banyak suporter agar bisa mendukung penuh Garuda (Timnas Indonesia),” ujar Shin di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (22/12/2022).

Promosi Iwan Fals, Cuaca Panas dan Konsistensi Menanam Sejuta Pohon

Menurut juru taktik asal Korea Selatan itu dukungan maksimal dari suporter diperlukan untuk menambah semangat bertanding timnas Indonesia. Namun, Shin menyadari bahwa untuk dua laga kandang Indonesia di Grup A Piala AFF 2022, yakni melawan Kamboja dan Thailand, SUGBK tidak dapat terisi penuh.

PSSI menetapkan bahwa pada pertandingan kontra Kamboja, Jumat (23/12/2022), SUGBK hanya boleh diisi kurang dari 25.000 penonton dan saat menghadapi Thailand, Kamis (29/12/2022), cuma sekitar 40.000 penonton yang dapat hadir di SUGBK. Adapun kapasitas maksimal SUGBK mencapai 77.000 penonton.

Pembatasan diberlakukan lantaran Polri mau menerapkan Peraturan Polri Nomor 10 tahun 2022 tentang Pengamanan Penyelenggaraan Kompetisi Olahraga.

“Saya berharap stadion penuh bukan beberapa persen saja. Namun, saya tetap bersyukur pertandingan bisa disaksikan penonton,” kata Shin.

Baca Juga: Prediksi Indonesia Vs Kamboja di Piala AFF 2022, Punya Rekor Mentereng!

Menanggapi Shin Tae-yong, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan menyebut bahwa apabila Indonesia dapat menembus semifinal Piala AFF 2022, bisa saja pihak Polri menarik aturan pembatasan kapasitas penonton di SUGBK.

Akan tetapi, itu bergantung pada hasil evaluasi keamanan pertandingan melawan Kamboja dan Thailand.

“Ini, kan, masih uji coba karena sejak kejadian di Stadion Kanjuruhan, baru kali ini suporter bisa kembali ke stadion. Jadi, kalau pertandingan aman, sukses, tertib, pasti pihak pemerintah akan mengevaluasi untuk menambah suporter di SUGBK,” kata Ketum PSSI.

Baca Juga: Piala AFF 2022: Shin Tae-yong Tegaskan Thailand Tetap Kuat Meski Tanpa 2 Pilar

Oleh sebab itu, pria yang akrab disapa Iwan Bule itu meminta suporter untuk menjaga ketertiban di stadion. Mereka tidak diperkenankan membawa barang-barang terlarang seperti suar (flare) penyala api dan botol minuman.

“Saya yakin suporter bisa melakukan yang terbaik,” tutur Ketum PSSI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya