SOLOPOS.COM - Stadion Jatidiri Semarang dipenuhi nyala flare dari suporter Arema FC saat laga uji coba, Sabtu (4/6/2022). (Antara/Aji Styawan)

Solopos.com, JAKARTA – Selama tiga pekan terakhir tim dari PT LIB telah menginspeksi beberapa stadion secara langsung di antaranya Stadion BJ Habibie (Pare-Pare), Stadion Demang Lehman (Martapura), Stadion Jatidiri (Semarang), Jakarta International Stadion (Jakarta), Stadion Indomilk Arena (Tangerang), dan Stadion Brawijaya (Kediri).

Sebelum bergulirnya kompetisi Liga 1 2022/2023, PT Liga Indonesia Baru (LIB) memang telah melakukan inspeksi stadion. Hal itu dilakukan untuk mengetahui kelayakan dan kondisi terakhir di stadion yang akan digunakan semua kontestan kompetisi kasta tertinggi tersebut.

Promosi 204,8 Juta Suara Diperebutkan, Jawa adalah Kunci

Inspeksi yang dilakukan meliputan fasilitas dan insfrastruktur stadion secara keseluruhan. Mulai dari lapangan, ruang ganti pemain, media center, ruang wasit, tribun penonton, tribun media, lampu stadion, akses penonton menuju dan keluar stadion, kapasitas stadion, sampai dengan lokasi parkir.

Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita menegaskan, status beberapa stadion yang diinspeksi tersebut bukan berarti langsung dinyatakan lolos verifikasi atau bisa digunakan untuk pertandingan Liga 1 2022/2023.

Baca Juga: Wow! Klub Liga 1 2022/2023 Dapat Rp550 Juta Setiap Bulan

“Stadion Jatidiri (markas PSIS Semarang) perlu pengaturan lahan parkir yang lebih luas dan tertata,” kata Akhmad Hadian Lukita dalam laman resmi Liga Indonesia Baru (LIB), Jumat (22/7/2022). Atas kondisi tersebut PT LIB berharap segera dilakukan penataan dan perbaikan.

“Sekali lagi, inspeksi bukan berarti stadion langsung bisa digunakan untuk pertandingan Liga 1 2022/2023 dalam waktu dekat ini. Semua akan diperiksa secara terperinci terlebih dulu. Jika ada yang kurang, akan selalu kami komunikasikan secara intensif dengan klub. Dalam hal ini, ada yang harus segera dibenahi. Dengan begitu, pada akhirnya semua stadion bisa pada standar yang sama,” jelas dia.

Baca Juga: Gibran Disebut Siap Beri Bonus untuk Atlet Solo Peraih Emas APG 2022

Lebih lanjut, Akhmad Hadian Lukita juga menginformasikan bahwa secara umum, kondisi lapangan di sebagian besar stadion yang didaftarkan untuk pertandingan Liga 1, sudah memenuhi persyaratan. Tapi ada hal-hal lain yang harus juga dijadikan pertimbangan untuk segera dilakukan perbaikan.

“Contohnya stadion BJ Habibie dan Stadion Brawijaya yang harus dibenahi kapasitas lampunya. Sedangkan di Jakarta International Stadium (JIS), akses dan kenyamanan pemain saat keluar masuk stadion juga harus dibenahi. Begitu juga aspek keamanan dan pengaturan manajemen flow fans saat masuk dan keluar stadion,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya