SOLOPOS.COM - Petinju binaan Pertina Jawa Barat berfoto bersama di sela pra-pemusatan latihan menuju PON Sumut-Aceh 2024. (Antara/Pradita Kurniawan Syah)

Solopos.com, BEKASI – Pengurus Persatuan Tinju Amatir Indonesia (Pertina) Provinsi Jawa Barat mulai mematangkan persiapan menuju Pekan Olahraga Nasional (PON) Sumatra Utara-Aceh 2024 guna meraih hasil optimal.

Ketua Komisi Teknik Pengurus Pertina Provinsi Jawa Barat, Marcus Gea di Bekasi, Selasa (7/3/2023), mengatakan saat ini pihaknya telah melakukan persiapan seleksi atlet guna menunjang prestasi di kancah nasional itu.

Promosi Sejarah KA: Dibangun Belanda, Dibongkar Jepang, Nyaman di Era Ignasius Jonan

“Pada tanggal 24 Februari sampai 1 Maret 2023 kemarin kita sudah melakukan pemanggilan atlet di Sekretariat Pertina Jawa Barat, Bandung untuk persiapan seleksi atlet,” katanya.

Pria yang juga mantan atlet tinju ini mengatakan ada 39 atlet yang dipanggil dengan rincian 23 petinju putra serta 16 petinju putri berasal dari sejumlah kabupaten dan kota di Jawa Barat.

Menurut dia pemanggilan para atlet tinju itu sebagai upaya membentuk seleksi bayangan. Dari total 39 petinju tersebut, dikerucutkan berdasarkan hasil seleksi.

“Hasilnya ada 33 atlet seleksi Pra-PON. Di antaranya 19 atlet putra dan 14 atlet putri yang berasal dari sembilan kabupaten dan kota,” ungkapnya.

Pihaknya kemudian akan membawa para atlet hasil seleksi ini untuk melakukan pemusatan latihan di Bandung, Jawa Barat menuju Babak Kualifikasi Pra-PON di Solo, Provinsi Jawa Tengah.

Puluhan atlet tinju itu dijadwalkan memulai pemusatan latihan pada pertengahan Bulan Maret 2023 hingga satu bulan menjelang pelaksanaan PON Sumut-Aceh pada Juni 2024 mendatang.

“Saat ini, hasil dari pembentukan tim tersebut benar-benar hasil yang berkualitas dan jauh dari kepentingan pribadi maupun golongan,” kata dia.

Dia mengaku optimistis para atlet binaannya itu mampu mengharumkan nama Pertina Jawa Barat hingga turut mensukseskan target hattrick Jawa Barat sebagai Juara Umum PON.

“Untuk sekarang, kami sedang fokus agar seluruh atlet kami dapat lolos di Babak Kualifikasi PON. Kami yakin bisa memboyong banyak emas sehingga target hattrick Jawa Barat sebagai juara umum bisa tercapai,” ujar Marcus Gea.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya